9 Cara Bikin Event yang Sukses

Menyelenggarakan event itu bisa jadi pengalaman yang penuh tantangan. Namun, proses belajarnya kadang terasa menakutkan, apalagi ada banyak komponen event yang perlu dikelola dengan sempurna. Jangan takut mencoba, ya! Kalau kamu menerapkan 9 cara bikin event yang sukses ini, kamu bisa menciptakan pengalaman yang memuaskan sekaligus meningkatkan reputasi dan nilai brand atau organisasimu.

Penasaran? Yuk, baca tips aku sampai habis! 

1. Tentukan Tujuan dan Sasaran yang Spesifik

Ketika kamu akan menyelenggarakan sebuah event, kamu harus punya tujuan yang jelas. Misalnya, kamu akan meluncurkan produk kecantikan. Tanyakan pada dirimu sendiri: apa sih tujuannya? Apa goal yang ingin kamu capai? 

Tujuannya bisa jadi buat naikin brand awareness dan bahkan meningkatkan penjualan. Selain itu, kalau perusahaan kamu baru aja rebranding, kamu juga bisa menggunakan event untuk ngenalin brand identity baru ke masyarakat. 

Tuh, tahu kan bedanya? Dengan tujuan yang spesifik, kamu jadi lebih gampang menyusun agenda, milih tema, dan sasar audiens yang pas.

2. Kenali Audiens Targetmu

Selanjutnya, kamu harus tahu siapa yang akan datang ke event-mu. Misalnya, buat Peluncuran Produk Kecantikan, target audiensnya mungkin anak muda yang suka trend terbaru di dunia kecantikan. Nah, buat mereka, event yang interaktif dan Instagramable pasti lebih menarik.

Ini akan beda lagi dengan audiens sebuah pameran mobil yang pastinya akan dihadiri banyak petrol head. Tapi kalo brand kamu fokus ke keluarga, pastikan eventnya ramah anak dan menyenangkan buat semua umur, ya!

BACA JUGA:   8 Strategi Mencegah Mata Minus, Efektif Menjaga Kesehatan Penglihatan

Nah, ketiga contoh ini membuktikan bahwa setiap event punya sasaran targetnya sendiri. Jadi, kenalilah mereka dengan baik, biar kamu bisa menyelenggarakan acara yang pas dan tepat sasaran! 

3. Tetapkan Anggaran yang Realistis

Berikutnya, bikin anggaran yang realistis itu kunci kesuksesan sebuah acara. Jadi, jangan sampai ada yang ketinggalan, ya! Kamu harus masukin semua biaya seperti sewa tempat, katering, hiburan, sampai bahan promosi. 

Tips biar menyusun anggaran itu jadi gampang adalah atur prioritasmu. Dengan kata lain, fokuskan anggaran ke hal yang paling darurat dan harus ada dulu, baru kamu menggunakannya untuk tambahan lain. 

Jangan lupa, kamu juga bisa mempertimbangkan mencari sponsor buat meringankan biaya. Selain itu, sisihkan juga sekitar 10-15% dari anggaran buat dana darurat, siapa tahu ada pengeluaran tak terduga.

4. Pilih Perangkat Lunak Manajemen Event yang Tepat

Pakai software manajemen event yang oke bisa banget membantu memperlancar persiapanmu dan memastikan nggak ada detail penting yang kelewat. Pilih yang bisa handle segala macam kebutuhan, dari registrasi peserta, pengaturan jadwal, sampai feedback setelah event.

Apa nih software yang bagus buat bantu kamu mengelola event? Tenang, aku punya beberapa pilihan terbaik! 

  • Eventbrite – Cocok untuk mengelola pendaftaran dan tiket. Platform ini juga menyediakan tools untuk promosi event dan pengumpulan data kehadiran.
  • Asana atau Trello – Pas banget untuk menjaga seluruh timmu tetap terorganisir. Kamu bisa membuat task, mengatur deadline, dan memonitor kemajuan pekerjaan tim.
  • SurveyMonkey – Berguna untuk membuat survey cepat paska-event untuk mengumpulkan feedback dari peserta.

5. Perhatikan Detail Perencanaan Event

Di setiap detail perencanaan, kamu harus hadir untuk memastikan bahwa nggak ada yang terlewat. Misalnya, luangkan waktu untuk memilih panggung yang beneran sesuai dengan konsep event. 

BACA JUGA:   Pencahayaan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Sebuah Kebutuhan Esensial

Dalam artian, kamu harus perhatikan sampai detail apa saja yang bakalan ada di panggungmu. Kamu bisa menambahkan detail dekorasi yang sesuai dengan tema. 

Atau, kamu juga bisa sewa LED screen buat memberikan sentuhan visual yang menakjubkan, sehingga eventmu makin berkesan. LED screen bisa dipakai untuk tampilan visual yang lebih dinamis, loh!

6. Pastikan Kolaborasi Tim

Event yang sukses itu butuh kerjasama tim yang solid. Jadi, semua tim harus tahu apa yang perlu mereka lakukan. Gimana cara memastikan kolaborasi antar anggota tim sudah berjalan lancar? 

Pertama, kamu harus menyelenggarakan rapat untuk membahas event progress secara berkala. Selanjutnya, kamu juga bisa  menggunakan platform manajemen proyek yang sudah aku sebutkan tadi buat mempermudah komunikasi. 

Dengan kolaborasi yang baik, kesalahpahaman bisa diminimalisir dan semua bisa berjalan lancar.

7. Bermitra dengan Influencer Industri

Menggandeng influencer yang cocok dengan brand kamu bisa meningkatkan visibilitas event. Kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk event campaign atau bahkan mengundang mereka untuk meramaikan acara, ya. 

Yang terpenting, jangan cuma lihat mereka sebagai alat promosi. Sebaliknya, kamu harus membangun hubungan yang berkelanjutan dengan mereka. Manfaatkan juga media sosial buat menjangkau lebih banyak audiens, ya!

8. Pantau Data Event

Kamu wajib melacak data seperti kehadiran dan keterlibatan peserta. Data-data ini bisa jadi tolok ukur untuk menentukan kesuksesan event kamu. 

Ada banyak kok tools digital yang bisa membantumu mengumpulkan dan menganalisis data ini. Contohnya: Google Form, Survey Monkey dan lain sebagainya. Namun, yang terpenting adalah memastikan bahwa kamu sudah tahu apa yang harus diukur untuk menilai kesuksesan event. Apa saja itu?

  • Pertama, catat jumlah peserta yang datang dan bandingin dengan yang mendaftar. Ini bisa memberikan insight tentang daya tarik dan efektivitas promosi event.
  • Selanjutnya, ukur seberapa aktif peserta selama event. Kamu bisa mengamati interaksi dalam sesi tanya jawab, partisipasi dalam aktivitas, atau penggunaan media sosial terkait event.
  • Terakhir, kumpulin feedback baik melalui survei langsung di tempat atau melalui survei online pasca-event. Tanyakan tentang pengalaman audiens, apa yang mereka suka, dan saran untuk perbaikan.
BACA JUGA:   Cara Membuat Nomor Surat bagi Pemula

9. Manfaatkan Sewa LED untuk Berbagai Jenis Event

Sewa LED display bisa bener-bener bisa meningkatkan tampilan visual event-mu, loh. Makanya, banyak banget event organizer profesional yang menggunakan LED screen di panggung mereka. 

Ini beberapa event yang biasanya membutuhkan LED screen!

  • Event Pemerintahan – LED Videotron bisa menampilkan informasi penting atau siaran langsung pidato. Ini akan membantu memastikan bahwa pesan beneran sampai secara efektif kepada semua audiens.
  • Event Pernikahan – LED screen bisa menampilkan slideshow foto atau video pasangan untuk menambahkan sentuhan romantis pada acara.  
  • Event Pameran – LED Videotron berguna menampilkan detail produk atau informasi penting tentang pameran. Ini bisa meningkatkan interaksi dan keterlibatan pengunjung.
  • Acara Kantor – Baik untuk pelatihan, seminar, atau pesta tahunan, LED screen dapat digunakan untuk presentasi visual yang memukau atau bahkan untuk karaoke bersama rekan kerja.
  • Konser – LED bisa bikin penonton yang duduk di jarak jauh dari panggung tetap bisa menikmati performance dengan baik. 

Tuh, banyak banget kan gunanya? Nah, jangan lupa pilih ukuran dan resolusi LED yang tepat serta pastikan lokasinya strategis buat dapetin efek visual maksimal.

Gimana? Cara bikin event yang sukses ini ternyata mudah banget untuk diterapkan, loh! Dengan perencanaan yang matang dan perhatian terhadap detail, kamu bisa bikin event yang meninggalkan kesan mendalam di hati peserta. Yuk, coba sekarang! 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *