Bagaimana Cara Melakukan Penulisan Algoritma dengan Pseudocode?
Tips

Bagaimana Cara Melakukan Penulisan Algoritma dengan Pseudocode?

Sebelum proses coding, ada sebuah tahap yang harus kamu lakukan yaitu menulis algoritma pseudocode. Jadi, bagaimana cara melakukan penulisan algoritma dengan pseudocode ini?

Bagi para pemula, istilah pseudocode ini mungkin terdengar asing dan sulit untuk kamu pahami. Namun, ternyata pseudocode ini tidak sesulit yang kamu bayangkan, lho.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pseudocode ini, langsung simak penjelasan berikut ini, yuk!

Apa itu Pseudocode?

Sebelum membahas bagaimana cara melakukan penulisan algoritma dengan pseudocode, kamu harus memahami pengertian pseudocode itu sendiri.

Pseudocode adalah sistem penulisan algoritma dengan bahasa yang mudah dipahami manusia. 

Pada umumnya, penulisan algoritma dengan pseudocode ini dilakukan sebelum melakukan proses coding. Hal ini nantinya akan memudahkan kamu dalam memahami suatu permasalahan dari algoritma.

Terdapat struktur penulisan algoritma pseudocode. Di antaranya yaitu:

  • Judul Program
  • Deskripsi Program
  • Implementasi Program

Cara Menulis Algoritma dengan Pseudocode

Setelah memahami apa itu pseudocode serta bagaimana strukturnya, kamu bisa langsung mulai melakukan penulisan algoritma. Penulisan algoritma ini harus kamu sesuaikan dengan struktur yang ada ya, teman-teman.

Menentukan Judul Program

Langkah pertama dalam penulisan algoritma dengan pseudocode adalah menentukan judul program. Penulisan judul program yang benar yaitu harus selalu kamu awali dengan kata “Program” dan menggunakan tanda underscore ( _ ).

Contohnya yaitu seperti berikut.

Judul
Program menghitung_luas_persegi_panjang

Menentukan Deskripsi Program

Selanjutnya, langkah kedua adalah menentukan deskripsi program. Bagian deskripsi ini berisi keterangan dari algoritma. 

Contohnya, pada program menghitung luas persegi panjang, keterangan yang harus kamu tulis adalah variabel yang kamu butuhkan, yaitu panjang dan luas.

BACA JUGA:   Cara Menulis Alamat di Amplop Surat Pribadi yang Tepat

Penulisan deskripsi program yang benar yaitu sebagai berikut:

Deskripsivar panjang, lebar, luas : integer ;

Menulis Implementasi Program

Dan langkah terakhir, yaitu menulis implementasi dari program yang kamu buat. Implementasi merupakan bagian inti dari algoritma yang berisi besaran variabel yang sebelumnya telah ada di deskripsi.

Contohnya yaitu, pada program menghitung luas persegi panjang, kamu dapat menulis implementasinya seperti berikut ini.

Implementasi
read(panjang);
read(lebar);
luas ← panjang*lebar;
write(luas);

Itulah beberapa hal dasar mengenai pseudocode yang perlu kamu ketahui. Sekarang, pastinya kamu sudah tidak bingung lagi mengenai bagaimana cara melakukan penulisan algoritma dengan pseudocode, bukan?

Referensi Pseudocode

Nishimura, Naomi. “Pseudocode.” Cornell Computer Science, http://www.cs.cornell.edu/Courses/cs482/2003su/handouts/pseudocode.pdf.  Accessed 6 August 2022.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *