Apa Kegunaan Penulisan Riwayat Pekerjaan dalam Daftar Riwayat Hidup?

Apa Kegunaan Penulisan Riwayat Pekerjaan dalam Daftar Riwayat Hidup?

Daftar riwayat hidup merupakan dokumen berisi informasi mengenai seseorang atau resume pribadi. Selain itu, daftar riwayat hidup biasanya berisi data pribadi, daftar pengalaman pendidikan, keterampilan, hingga pengalaman pekerjaan. Akan tetapi, apa kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup?

Bagian-bagian dalam daftar riwayat hidup

Terdapat beberapa bagian penting di dalam daftar riwayat hidup yang perlu kamu cantumkan, yakni sebagai berikut:

  1. Informasi pribadi. Pertama-tama, sertakan informasi pribadi berupa kontak  pada daftar riwayat hidup yang bisa kamu buat dalam bentuk poster. Tujuan adanya kontak yang dapat dihubungi di dalam poster adalah agar perekrut bisa dengan mudah menjalin komunikasi denganmu jika perlu. 

Selain itu, berikut yang bukan merupakan informasi penting dalam riwayat hidup adalah hal-hal yang tidak berkaitan dengan dunia professional, seperti agama, suku atau ras, dan lain sebagainya. 

  1. Deskripsi diri. Tulislah deskripsi yang persuasif dalam 3-4 kalimat yang mampu menggambarkan sifat serta kemampuan dirimu.
  2. Pendidikan dan pelatihan yang pernah kamu ikuti. Tulislah daftar yang relevan dan sesuai dengan kebutuhanmu dalam membuat daftar riwayat hidup.
  3. Pengalaman organisasi atau pengalaman kerja profesional yang dapat menjelaskan tentang peranmu dalam suatu kelompok. Pada bagian ini, kamu dapat menulis daftar tanggung jawab yang kamu kerjakan secara rutin.
  4. Keterampilan tambahan. Misalnya, menguasai bahasa asing atau keterampilan dalam bidang teknologi.
  5. Pencapaian atau prestasi. Kamu bisa menuliskan kontribusi signifikan yang telah kamu berikan kepada tim, seperti karyawan dengan penjualan tertinggi selama 4 bulan berturut-turut. 

Kegunaan daftar riwayat hidup

Jadi, apa kegunaan penulisan riwayat hidup? Berikut adalah daftarnya:

  • Untuk menjelaskan identitas diri secara singkat, terutama tentang sikap, keahlian, serta pendidikan seseorang.
  • Mendeskripsikan kemampuan profesional seseorang dalam melakukan rutinitas terkait dengan pekerjaan.
  • Kegunaan penulisan riwayat pekerjaan adalah sebagai catatan kerja serta memaparkan pengalaman kerja secara singkat hingga pengalaman berorganisasi.
  • Melalui penulisan riwayat pekerjaan, hal itu bisa membantu perekrut mengetahui apa yang telah dan sedang kamu lakukan. Selain itu juga menjadi bahan pertimbangan perekrut tentangmu ke depannya.
BACA JUGA:   7 Tips Bikin Workshop yang Sukses dan Memorable

Berdasarkan penjelasan di atas, kesimpulan dari pertanyaan: Apa kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup? – adalah sebagai catatan kerja yang kemudian dapat membantu perekrut dalam mempertimbangkanmu untuk mengisi posisi yang kamu lamar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *