apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya
Tips

Apa Kata atau Frasa yang Digunakan Penulis untuk Mengatakan Pandangannya?

Berikut ini akan membahas mengenai apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya terutama pada teks eksposisi. Mengapa teks eksposisi? Oleh karena pada tulisan tersebut juga mengandung pandangan penulis terhadap suatu hal.

Teks eksposisi 

Hal yang utama, teks atau paragraf eksposisi memiliki unsur gagasan dan alasan. Keduanya merupakan hal penting yang membantu penulis mengembangkan sebuah topik menjadi tulisan utuh. Lalu, bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya? 

Singkatnya, setelah penulis menemukan ide dan menggali informasi, ia akan menyusun dan mengembangkan gagasan tersebut. Tentu saja, gagasan satu dengan lainnya tetap runtut dan berkesinambungan.

Pada umumnya, paragraf eksposisi ini bersifat netral, tidak memaksakan kemauan penulis dalam kalimat serta obyektif. Tulisan ini juga berisi data faktual yang mendukung pandangan penulis akan suatu topik.

Kata atau Frasa yang Digunakan Penulis

Berikut ini adalah kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya:

  1. Kita 

Pada bagian pendahuluan penulis menggunakan kata kita. Kata ini merupakan awalan yang penulis gunakan untuk menekankan kedekatan emosional dengan pembaca. Fungsi lain dari kata “kita” yaitu menerangkan kepada audiens bahwa si penulis memahami masalah mereka dan solusi yang mereka perlukan.

  1. Berdasarkan data

Oleh karena paragraf eksposisi berisikan kalimat argumentasi yang berisi fakta, maka kata yang sering penulis gunakan yaitu “berdasarkan data”. Data dalam hal ini dapat berupa analisis statistik, hasil survey atau kesimpulan suatu penelitian. 

Frasa ini juga penulis gunakan untuk menyakinkan pembaca jika pernyataan yang ia tulis adalah benar adanya. Sebab sudah terkonfirmasi melalui penelitian atau pernyataan ahli. 

  1. Jadi
BACA JUGA:   Tes Minus Mata: Pengertian, Jenis dan Tindak Lanjutnya

Kata ini penulis gunakan untuk menyimpulkan suatu gagasan sekaligus memberikan opini. Hal yang terpenting, kalimat dengan kata “jadi” juga bisa kita sebut sebagai penegasan ulang. Kata ini akan banyak kamu temukan pada bagian akhir sebuah tulisan eksposisi.

  1. Sebaiknya

Kata “sebaiknya” menggambarkan rekomendasi penulis mengenai suatu permasalahan. Kata ini juga merupakan pandangan pribadi penulis terhadap topik yang telah ia bahas. Ia mengajak pembaca untuk sepemikiran dengannya.

Kesimpulan

Akhirnya, demikian ulasan mengenai apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya. Jika kamu ingin menuliskan pandanganmu pada tulisan eksposisi, gunakan kata-kata di atas. Tentu saja, tetap gunakan data faktual yang bisa mendukung teksmu dan jangan lupa subscribe tikawidya.com untuk update ilmu penulisan.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *