Apa Bahasa Inggrisnya Menulis dan Istilah-Istilah Lain?
Tips

Apa Bahasa Inggrisnya Menulis dan Istilah-Istilah Lain?

Bagi kamu yang sedang mempelajari bahasa Inggris dan terjun ke dunia kepenulisan, mungkin kamu pernah terpikirkan sebuah pertanyaan, “Apa bahasa inggrisnya menulis?”. Untuk menjawabnya, artikel berikut akan membahas tentang bahasa Inggris di bidang kepenulisan yang perlu kamu tahu. 

Bahasa inggris dari kata “menulis”

Dalam bahasa Indonesia, kata “menulis” berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti kegiatan membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya) atau cara melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. 

Terjemahan kata “menulis” dalam bahasa Inggris adalah “write”. Lalu, apa bahasa inggrisnya saya menulis? Terjemahan dari “saya menulis” adalah “I write”. Contoh lainnya, jika kamu bertanya apa bahasa inggrisnya saya menulis kemarin, maka terjemahannya akan menjadi “I wrote a letter yesterday”.

Istilah-istilah dalam menulis bahasa inggris dan artinya

Berikut adalah beberapa istilah di bidang menulis dalam bahasa Inggris beserta artinya yang perlu kamu ketahui:

  • “Punctuation” dalam bahasa Indonesia berarti “tanda baca”. Fungsi dari tanda baca adalah untuk membantu proses komunikasi, terutama melalui tulisan, tersampaikan secara efektif. Tanda baca yang sering ada dalam sebuah penulisan teks atau surat adalah period (titik), comma (koma), semi-colon (titik koma), colon (titik dua), round brackets (tanda kurung), hyphen (tanda hubung), dash (tanda pisah), question mark (tanda tanya), dan exclamation mark (tanda seru).
  • “Sentence” merupakan bagian yang pasti ada dalam sebuah tulisan, yang dalam bahasa Indonesia berarti “kalimat”. Bagian dari sentence adalah word (kata) dan gabungan dari sentence akan membentuk pharagraph (paragraf).
  • “Diction” atau dalam bahasa Indonesia adalah “diksi”. Berdasarkan KBBI, diksi merupakan pilihan kata yang tepat dan selaras dalam pengguaannya untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu seperti yang penulis harapkan. 
  • “Conjunction” dalam bahasa Indonesia berarti “konjungsi” atau tanda hubung. Contoh dari kata hubung meliputi kata “dan”, “atau”, “tapi, “karena”, dan sebagainya. 
BACA JUGA:   Etika Penulisan Nama Tamu Undangan Pernikahan

Itulah jawaban dari pertanyaan “apa bahasa inggrisnya menulis” serta beberapa istilah di bidang menulis lainnya dalam bahasa Inggris lengkap dengan terjemahannya yang mungkin bisa menambah wawasanmu.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *