Latihan Menulis Jurnal
Tips

6 Manfaat Latihan Menulis Jurnal untuk Self-healing

Menulis jurnal adalah suatu kegiatan yang melibatkan perasaan kamu. Terlebih lagi, kamu bebas berekspresi sebagai bentuk luapan emosimu, kekecewaaanmu atau kebahagiaanmu. Berikut ini manfaat dari latihan menulis jurnal harian yang bisa kamu dapatkan:

1. Membuatmu mengenali diri sendiri

Saat mengalami sebuah masalah, mungkin kamu akan merasa kehilangan jati diri. Menjadi mudah marah, tidak terarah dan melakukan hal-hal di luar kebiasaan kamu. Dengan menulis jurnal, kamu akan merasakan sebuah ketenangan. 

2. Membantumu menemukan solusi

Kamu akan menemukan solusi diantara ketenangan saat menulis jurnal. Dalam keadaan marah, kamu tidak akan pernah bisa menemukan solusi permasalahan. Oleh karena waktu itu kamu diliputi amarah. 

3. Meredakan stress karena pekerjaan

Menulis jurnal harian bisa kamu buat sebagai bentuk luapan kekecewaan di tempat kerjamu. Setelah bekerja seharian penuh, mungkin kamu pernah merasa stress karena pekerjaanmu tidak dihargai atasan atau memiliki masalah dengan partner kerja. Sedangkan kamu tidak bisa menceritakan hal itu kepada siapapun.

latihan menulis meredakan stress

Melalui jurnal ini, kamu bisa mengungkapkannya dan membuat pikiranmu lebih tenang setelahnya. Oleh karena kamu telah melepaskan bebanmu melalui menulis.

4. Menyembuhkan luka

Manfaat journaling selanjutnya adalah sebagai alat terapi. Sebab pada saat menulis jurnal, kamu akan menggunakan otak kanan untuk berpikir kreatif dan otak kiri untuk melakukan analisa. Dengan adanya dua kerja sama ini membuat hambatan mental yang ada pada otak menghilang. Beginilah kamu bisa menyembuhkan luka batinmu.

5. Membuatmu menjadi lebih berkembang

Tentu saja, jurnal tidak hanya berisi tentang luapan emosi saja. Kamu bisa menuliskan mengenai pendapatmu setelah mengalami hal-hal baru. Demikian pula, kamu bisa bercerita bagaimana seharusnya bersikap dan pada akhirnya akan membuatmu menjadi pribadi baru yang lebih baik. 

BACA JUGA:   5 Manfaat Menulis Metode Singkat dan Cepat TTS

6. Meningkatkan imunitas tubuh

latihan menulis jurnal untuk self heal

Melalui journaling kamu akan bisa mendapatkan manfaat self-healing. Dengan begitu perasaanmu akan merasa tenang dan lebih percaya diri. Dengan pikiran yang positif, maka kekebalan tubuh akan meningkat dan kamu menjadi sehat.

Kesimpulan

Guna mendapatkan manfaat journaling secara maksimal, lakukan latihan menulis setiap hari secara konsisten. Bulatkan niatmu dan ciptakan kebiasaan. Kamu bisa memulai menulis dengan bercerita tentang hal yang kamu syukuri atau kebiasaan lainnya. 

Sehingga saat kamu merasa kecewa atau marah, kamu bisa membacanya kembali. Barangkali kamu akan mendapat ketenangan kembali dari tulisan itu. 

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *