tips wawancara narasumber
Tips

5 Tips Wawancara Narasumber, Dijamin Lancar dan Sukses!

Wawancara dengan narasumber adalah salah satu cara populer yang sering dilakukan untuk mendapatkan suatu informasi. Agar proses ini berjalan dengan lancar, ada beberapa tips wawancara narasumber yang perlu kamu terapkan.

Penasaran apa saja tipsnya? Simak penjelasan berikut ini dengan baik, ya!

Menyiapkan Pertanyaan dengan Matang

Untuk kamu yang masih sering bingung mengenai apa yang harus kita lakukan sebelum wawancara dengan narasumber, inilah jawabannya.

Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menyiapkan daftar pertanyaan wawancara narasumber. Kesiapan daftar pertanyaan akan membuat proses wawancara menjadi lebih terstruktur.

Daftar pertanyaan ini harus kamu sesuaikan dengan profil narasumber itu sendiri. Contohnya, cara wawancara pedagang pastinya berbeda dengan cara wawancara guru besar, jika kita lihat dari daftar pertanyaannya. 

Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui hal-hal seputar narasumber yang akan kamu wawancarai.

Melakukan Briefing dengan Narasumber

Selanjutnya, briefing dengan narasumber juga menjadi hal penting yang akan memperlancar proses wawancara. Kamu bisa memberitahu seputar topik yang akan kamu bahas dalam wawancara beberapa hari sebelumnya. 

Dengan begitu, narasumber dapat mempersiapkan diri dan proses wawancara dapat berjalan lancar.

Membangun Suasana Wawancara yang Nyaman

Suasana juga merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi kelancaran dalam proses wawancara. Bangun suasana yang nyaman agar narasumber dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik.

Kamu bisa membuat suasana yang nyaman melalui melakukan interaksi secara ramah dan sopan. Contohnya dengan bertanya kabar dan ngobrol-ngobrol sebelum wawancara mulai.

BACA JUGA:   Lomba Menulis, berikut Tips yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak Memotong atau Menyela Jawaban Narasumber

Pastikan untuk tidak pernah memotong atau menyela jawaban narasumber. Hal ini menunjukkan sikap yang tidak sopan dan dapat membuat suasana menjadi canggung.

Jika kamu ingin bertanya atau memiliki pendapat terkait jawabannya, kamu bisa menyampaikannya setelah narasumber selesai berbicara.

Mendengarkan Jawaban Narasumber dengan Seksama

Dan yang terakhir, gunakanlah teknik mendengar aktif selama proses wawancara berlangsung. Teknik ini merupakan teknik wawancara yang baik untuk membuat narasumber merasa didengar.

Dengan teknik ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu paham mengenai jawaban narasumber melalui mengangguk paham dan menanyakan pertanyaan tambahan.Nah, itu dia 5 tips wawancara narasumber yang dapat membuat proses wawancara semakin lancar. Jangan lupa untuk diterapkan, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *