5 Manfaat Menulis Metode Singkat dan Cepat TTS
Tips

5 Manfaat Menulis Metode Singkat dan Cepat TTS

Kamu mungkin sudah sering mendengar atau melihat permainan teka-teki silang (TTS). Tetapi, pernahkah kamu memainkannya? TTS adalah permainan mengasah otak yang menggunakan metode menulis singkat dan cepat. Metode menulis singkat dan cepat TTS ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi otak kita.

Penasaran apa saja manfaat permainan kata mengasah otak yang satu ini? Simak penjelasan berikut dengan baik!

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat yang pertama yaitu TTS dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini karena ketika mengisi TTS, kamu akan mengingat-ingat kembali jawaban kata dari clue yang ada. Contohnya seperti mengingat suatu istilah, nama tokoh, nama kota, dan sebagainya. Ini merangsang kemampuan ingatan kita terhadap sesuatu.

Melatih Kemampuan Problem Solving

Yang kedua adalah melatih kemampuan problem solving atau pemecahan masalah. Cara bermain TTS yaitu dengan menebak kata dari clue unik yang diberikan. Contohnya seperti “pupuk dari kotoran burung” TTS, “ruang pengawasan kegiatan kantor” TTS, hingga clue seperti “tidak harus” TTS.

Selanjutnya kata-kata jawaban akan memberikan huruf baru untuk jawaban clue selanjutnya. Cara ini melatih kemampuan kamu untuk menyelesaikan masalah.

Memperkaya Kosakata

Selanjutnya, permainan TTS juga dapat memperkaya perbendaharaan kosakata yang kamu punya. Dengan bermain TTS, kamu bisa menemukan dan mengetahui kata baru beserta sinonimnya.

Contohnya ketika kamu mendapatkan clue tempat beristirahat, kamu bisa menjawab dengan berbagai pilihan. Mulai dari rumah, apartemen, kos, dan sebagainya.

Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Memainkan TTS secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan fokus. Saat menyelesaikan TTS, orang akan mengisinya sampai ketemu jawaban dari sebuah clue.

BACA JUGA:   Bagaimana Cara Menulis Nada yang Baik dan Benar?

Hal itu membutuhkan tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi. Sehingga, jika kamu bermain TTS secara rutin, kemampuan otakmu untuk berkonsentrasi dan fokus akan semakin meningkat.

Mengurangi Tingkat Stres

Dan yang terakhir adalah mengurangi rasa stres. TTS memberikan pengalaman yangs seru dalam menemukan jawaban dari sebuah clue. Permainan ini memerlukan kemampuan kognitif dari diri seseorang.

Aktivitas mengasah otak ini telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres serta kecemasan. Selain itu, ketika berhasil menemukan jawaban dari sebuah clue, kamu akan merasa senang karena otak mengeluarkan hormon dopamin.

Ternyata, metode menulis singkat dan cepat TTS memiliki manfaat yang sangat beragam bagi otak. Dengan mengisi TTS selama waktu yang singkat saja, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat-manfaat di atas. Apakah kamu tertarik untuk rutin bermain TTS?

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *