penulisan harga yang benar
Tips

4 Tips Penulisan Harga Yang Benar

Menulis harga pada sebuah label barang memang tampak mudah, bukan? Namun, ternyata ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui terkait penulisan harga agar pembeli tertarik. Berikut pedoman penulisan harga yang benar. 

Menggunakan Angka Ganjil

Menuliskan sebuah harga harus menggunakan strategi agar dapat memainkan psikologi pelanggan. Cara pertama yang dapat Kamu lakukan adalah menggunakan angka ganjil yang lebih rendah dari harga aslinya. 

Penulisan nominal uang yang benar pada harga sepatu yang Kamu targetkan adalah Rp. 350.000,00. Namun, Kamu bisa menuliskan menjadi Rp. 349.999,00.  

Besaran nominal tersebut pada dasarnya sama saja, namun dapat memberikan efek psikologis yang berbeda bagi konsumen. Karena konsumen akan beranggap bahwa harga Rp. 349.999,00 lebih murah daripada Rp. 350.000,00. 

Mengganti Nominal Ribuan Dengan huruf “K”

Pada dasarnya, penulisan mata uang rupiah yang benar adalah menuliskan bilangan menggunakan titik, serta tanda koma sebagai penanda desimal.  Najh, untuk membuat ilusi visual pelanggan maka Kamu bisa menggantinya dengan huruf “K” merupakan pengganti dari ribuan. 

Misalnya, Rp. 20.000,00 maka Kamu dapat mengubahnya menjadi 20K. Gaya penulisan harga seperti cukup populer belakangan ini. Bahkan dapat menyebabkan pembeli merasa harga tersebut lebih murah. 

Menetapkan Harga Dengan Lebih Tinggi

Harga yang tinggi pada suatu produk terkadang dapat menggambarkan kualitasnya. Beberapa orang lebih memilih barang dengan harga yang tinggi, karena berpikir mendapatkan barang yang lebih berkualitas. 

Menggunakan Ukuran Font yang Lebih Kecil

Penulisan terbilang yang benar adalah Rp.2000,00. Jika ingin memberikan ilusi visual, maka Kamu bisa menuliskannya dengan ukuran yang kecil. 

BACA JUGA:   Cara Menulis Aksara Jawa Yang Benar dan Mudah

Tahukah kamu? Ternyata beberapa pembeli akan menganggap sebuah produk berharga mahal jika menggunakan ukuran font besar. Begitu juga sebaliknya. 

Lantas bagaimana cara penulisan harga berskala internasional? Kamu bisa menambahkan satuan mata uang IDR. Cara penulisan rupiah berskala internasional yang benar adalah 50.000 IDR. 

Akhir Kata

Jadi, untuk memainkan psikologis calon pembeli, Kamu bisa menggunakan tips penulisan harga yang benar menurut tikawidya.com agar mendapatkan lebih banyak keuntungan. Selamat mencoba, ya.


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *