Siap Menghadapi Masa Pensiun Bersama Pelatihan Pensiunan GoUKM
Review

Siap Menghadapi Masa Pensiun Bersama Pelatihan Pensiunan GoUKM

Banyak dari kita yang menghabiskan bertahun-tahun untuk membayangkan masa pensiun ideal kita. Namun, meski sudah memikirkan rencana pensiun, kita sering mengabaikan dampak psikologis dari berhenti bekerja. Itulah mengapa masa-masa ini perlu diisi dengan pelatihan pensiunan yang baik.

Pada awalnya, melepaskan rutinitas harian terasa seperti sesuatu yang ringan untuk dilakukan. Namun, banyak pensiunan baru yang merasa bahwa setelah beberapa bulan, liburan permanen ini membosankan. Pensiunan mungkin merasakan hal ini karena merindukan identitas, arti, dan makna hidup yang datang dari pekerjaan sebelumnya.

Siap Menghadapi Masa Pensiun Bersama Pelatihan Pensiunan GoUKM
Siap Menghadapi Masa Pensiun Bersama Pelatihan Pensiunan GoUKM

Alih-alih merasa bebas, rileks, dan puas, mereka pun merasa bosan, tanpa tujuan, dan terisolasi. Selain itu, mereka juga mungkin merasa sedih karena kehilangan kehidupan lama dan merasa stres tentang bagaimana mereka akan mengisi hari-hari berikutnya. Faktanya, beberapa pensiunan baru bahkan mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Pasalnya, berhenti bekerja adalah perubahan besar dalam hidup yang dapat membawa stres bagi siapa saja. Bahkan, beberapa penelitian telah menghubungkan pensiun dengan penurunan kesehatan. Sebuah studi yang sedang berlangsung menemukan bahwa orang yang pensiun, terutama mereka yang baru dalam setahun pertama pensiun, ternyata lebih rentan terhadap stroke dan serangan jantung. 

Untuk menghindari hal ini dan menjaga para pensiunan tetap sehat dan produktif, GoUKM punya cara tersendiri! 

Apa itu GoUKM?

GoUKM adalah penyedia layanan pelatihan untuk pensiunan yang melayani korporat (BUMN & Swasta) dan instansi pemerintah, mulai dari Kementerian hingga Dinas. Mereka mengerti betapa pentingnya persiapan masa pensiun bagi karyawan dan pegawai pemerintah, dan itulah mengapa mereka menawarkan program pelatihan yang komprehensif dan beragam.

Kegiatan pelatihan persiapan pensiun yang disediakan mencakup pengembangan soft skill dan hard skill. GoUKM memahami bahwa pensiunan perlu mengasah keterampilan interpersonal, komunikasi, kepemimpinan, dan berbagai keterampilan lainnya yang akan membantu mereka sukses dalam kehidupan pascapensiun. Selain itu, mereka juga menyediakan kunjungan ke UMKM untuk memberikan wawasan tentang dunia usaha kecil dan menengah yang dapat menjadi peluang bisnis bagi pensiunan.

BACA JUGA:   Cara Membuat Foto Profil Unik dengan Rupa.AI

GoUKM menghadirkan kegiatan wisata berbasis alam dan outbound yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan bagi pensiunan. Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya membantu mengisi waktu luang, tetapi juga merangsang rasa kebersamaan, semangat petualangan, dan kesehatan fisik pensiunan.

GoUKM selalu berusaha memenuhi permintaan klien dengan menyediakan kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Mereka percaya bahwa setiap pensiunan memiliki preferensi dan tujuan yang unik. Oleh karena itu, mereka dapat menyesuaikan program pelatihannya untuk memenuhi kebutuhan individu.

Dengan layanan pelatihan yang komprehensif dan beragam, GoUKM berkomitmen untuk membantu pensiunan agar siap menghadapi masa pensiun dan memulai bisnis mereka sendiri. 

Persiapan yang matang dan berkelanjutan adalah kunci keberhasilan dalam menjalani fase pensiun. Dalam hal ini, GoUKM berupaya menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi korporat dan instansi pemerintah dalam mempersiapkan karyawan mereka memasuki masa pensiun yang sukses dan memuaskan.

Program Pelatihan Pensiunan GoUKM

Program Persiapan Masa Pensiun dari GoUKM Group melalui anak usaha Potensi Learning & Development merupakan program pelatihan yang mengambil posisi sebagai penyedia pelatihan. Pelatihan ini berfungsi untuk mempersiapkan pensiunan agar tidak hanya siap memasuki masa pensiun, tetapi juga siap memulai berwirausaha.

GoUKM menyadari bahwa pensiun bukan akhir masa-masa produktif manusia.  Sebaliknya, kaum pensiunan memiliki potensi besar untuk menciptakan peluang bisnis baru. Oleh karena itulah, GoUKM ingin membantu mereka mengoptimalkan potensi tersebut. 

Program pelatihan GoUKM didesain khusus untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam memulai dan menjalankan usaha. Pelatihan pensiunan ini berfokus pada kategori usaha yang beragam, termasuk makanan, peternakan, perikanan, perkebunan, laundry, dan kerajinan.

Dalam program pelatihan berwirausaha GoUKM, pensiunan akan mendapat pemahaman yang komprehensif tentang industri dan peluang bisnis yang relevan. Mereka akan mempelajari strategi pemasaran, manajemen keuangan, manajemen operasional, serta keahlian teknis dalam kategori usaha pilihannya. Melalui pelatihan ini, GoUKM berharap dapat memberikan landasan yang kuat bagi pensiunan untuk memulai dan mengelola usaha mereka sendiri.

BACA JUGA:   Tampil Gemilang, Beckley Widian Menyabet Emas Di Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres 2023

Tidak hanya itu saja, GoUKM juga menyediakan pelatihan dalam aspek penting lainnya seperti pengembangan soft skill dan hard skill. Pensiunan akan terlatih untuk mengasah keterampilan komunikasi, kepemimpinan, negosiasi, serta manajemen waktu dan stres. Pelatihan ini membantu pensiunan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis mereka sendiri.

Selama pelatihan, kami juga memberikan kesempatan bagi pensiunan untuk mengunjungi UMKM terkait dan mendapatkan wawasan praktis tentang operasional dan strategi bisnis yang sukses. Kunjungan ini memberikan inspirasi dan pengetahuan langsung tentang apa yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan usaha kecil.

GoUKM selalu berusaha memenuhi kebutuhan dan preferensi individu. Oleh karena itu, program pelatihannya dapat disesuaikan dengan permintaan klien. Karena setiap pensiunan memiliki minat dan tujuan yang berbeda-beda, GoUKM dapat memberikan pelatihan yang relevan dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta.

Mengapa Harus Ikut Program Pelatihan Pensiunan GoUKM?

Ada beberapa alasan mengapa sangat penting untuk ikut program pelatihan pensiunan. 

  1. Persiapan yang Komprehensif: Program pelatihan pensiunan memberikan persiapan yang komprehensif untuk memasuki masa pensiun. Selama bertahun-tahun bekerja, mungkin fokus utama kita terletak pada pekerjaan dan tugas sehari-hari. Namun, dengan pensiun, kita akan memasuki fase hidup yang berbeda dengan tantangan dan peluang baru. Program pelatihan pensiunan membantu siapa saja mempersiapkan diri secara mental, emosional, dan praktis untuk menjalani masa pensiun dengan sukses.
  2. Pengembangan Keterampilan: Pada saat pensiun, kita mungkin ingin mencoba hal-hal baru atau bahkan memulai bisnis sendiri. Program pelatihan pensiunan GoUKM memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru dalam berbagai bidang. Dari keterampilan teknis hingga keterampilan interpersonal, program pelatihan ini membuat pensiunan menjadi lebih kompeten dan percaya diri.
  3. Jaringan dan Dukungan: Program pelatihan pensiunan juga memberikan kesempatan untuk membangun jaringan dengan pensiunan lainnya. Para pensiunan dapat bertukar pengalaman, ide, dan saran dengan sesama peserta program pelatihan. Selain itu, program ini juga dapat menyediakan dukungan dan bimbingan dari para ahli dan fasilitator yang akan membantu mereka mengatasi tantangan dan menavigasi perubahan yang terjadi dalam hidup.
  4. Mengisi Waktu Luang: Pensiun seringkali membawa perubahan dalam rutinitas harian. Ada kemungkinan kita akan memiliki lebih banyak waktu luang sehingga bisa mengikuti banyak kegiatan yang bermanfaat. Program pelatihan pensiunan menawarkan berbagai kegiatan dan pelajaran yang dapat memenuhi waktu luang dengan cara yang produktif dan bermanfaat.
  5. Menghindari Kesulitan Penyesuaian: Banyak pensiunan menghadapi kesulitan dalam penyesuaian awal setelah berhenti bekerja. Rasa kehilangan, kebosanan, dan kurangnya struktur dapat menjadi faktor yang memengaruhi kesejahteraan mental dan emosional. Melalui program pelatihan pensiunan, pensiunan akan mendapatkan strategi untuk mengatasi tantangan ini.
BACA JUGA:   Cara Ingat Terus Jadwal Imunisasi Anak bersama Susu SGM

Penutup

Program pelatihan pensiunan adalah investasi yang berharga untuk masa depan para pegawai. Dengan mengikuti program pelatihan pensiunan GoUKM, pensiunan dapat mempersiapkan diri dengan baik, mengembangkan keterampilan baru, dan memperluas jaringan sosial. Dengan demikian, mereka akan siap untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam fase pensiun dengan lebih baik dan meraih pengalaman yang memuaskan serta produktif.


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *