Ketahui Apa itu Payment Gateway dan Cara KerjanyaKetahui Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Seiring dengan berkembangnya zaman, bisnis online kian marak di internet karena menawarkan berbagai manfaat bagi kedua pihaknya baik penjual maupun pembeli. Dengan adanya toko online, tentu saja menimbulkan kebutuhan teknologi dalam kegiatan bertransaksi yaitu pembayaran online menggunakan sistem payment gateway. Simak penjelasannya lebih lengkap sebagai berikut.

Ketahui Pembayaran Online Gateway

Pembayaran gateway adalah sarana transaksi berupa sistem yang bertugas untuk mengotorisasi suatu proses transaksi toko online. Saat bertransaksi online kita tentu membutuhkan proses transaksi yang lebih aman dan mudah. Proses transaksinya juga ada berbagai media yang bisa digunakan seperti kredit, debit, transfer bank, atau sistem pembayaran langsung.

Dengan peran teknologi, pembayaran gateway bisa digunakan untuk kegiatan berbelanja secara online yang ada di dalam pasar global. Teknologi ini membuat para produsen lebih mudah dalam menerima pembayaran dari berbagai tempat hingga ke penjuru dunia. Tidak hanya satu bank saja, tetapi pihak non-bank juga menyediakan sistem ini,

Cara Kerja Sistem Pembayaran Online

  1. Pelanggan Telah Bertransaksi
    • Ketika proses check-out telah dilakukan, konsumen akan diarahkan oleh payment gateway ke laman yang menyediakan berbagai metode pembayaran. Ada berbagai metode yang bisa pembeli digunakan sesuai dengan keinginan. Contohnya, kartu kredit, debit, transfer bank, akun virtual, e-wallet dan lainnya.
  2. Informasi Transaksi ke Payment Processor
    • Begitu pembayaran selesai dan terkonfirmasi oleh sistem pembayaran, semua informasi mengenai transaksi yang telah dilakukan akan tercantum di sistem pembayaran gateway. Informasi inilah yang ada di dalam gateway akan dikirim ke payment processor milik bank yang dipilih oleh pembeli.
  3. Pihak Bank Merespon ke Payment Processor
    • Setelah bank memperoleh informasi mengenai transaksi dari pembayaran processor, pihak bank akan mengirim balasan ke pembayaran processor. Balasan yang diterima ini berupa kode khusus yang berisi tentang berhasil atau tidaknya sebuah transaksi. Ketika data yang pembeli masukkan salah dan tidak sesuai, maka sistem pembayaran akan menolak dan menggagalkannya.
  4. Sistem Gateway akan Menerima Pesan Transaksi dari Processor
    • Langkah terakhir dari cara kerja sistem gateway yaitu sistem gateway akan mendapatkan pesan mengenai status transaksi pembeli dari processor. Isi dari pesan ini yaitu status transaksi akan terkirim ke laman atau e-commerce dan transaksi berhasil. Bila anda berhasil melakukan transaksi pada tahap ini, maka kegiatan belanja online anda telah sukses.
BACA JUGA:   Cara Membuat Foto Profil Unik dengan Rupa.AI

Manfaat dari Penggunaan Pembayaran Gateway

Ada berbagai manfaat yang diperoleh dari penggunaan sistem pembayaran ini. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan keamanan yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Selain itu, transaksi dalam jumlah banyak atau massal bisa dilakukan dalam satu waktu sekaligus sehingga penjual tidak perlu melayani banyak pembeli dan pembeli tidak perlu mengantri.Nah, penjelasan mengenai payment gateway mulai dari pengertian, cara kerja, hingga manfaatnya telah anda ketahui dan siap untuk menggunakannya. Pelayanan Duitku bisa anda jadikan sebagai sarana transaksi gateway dengan berbagai manfaatnya. Duitku mampu membantu anda dalam bertransaksi dengan berbagai fiturnya.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *