Mau Daftar Beasiswa? Yuk, Simak Tips Lolos Djarum Beasiswa Plus!Mau Daftar Beasiswa? Yuk, Simak Tips Lolos Djarum Beasiswa Plus!

Dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan suatu hal yang banyak siswa Indonesia impikan. Apalagi, bisa melanjutkan pendidikan dengan beasiswa berprestasi seperti KIP-K, Tanoto Foundation, Djarum Beasiswa Plus, dan lain-lain. Tentunya menjadi impian besar pelajar di Indonesia.

Namun, tahukah kamu, beasiswa tidak hanya memberikan benefit bantuan biaya pendidikan. Nyatanya, ada banyak manfaat yang pihak penyelenggara tawarkan. Hal ini akan membuat siswa penerima beasiswa tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tapi juga non-akademik.

Nah, jika kamu penasaran dan ingin mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa pendidikan, maka simak terus artikel ini. Di sini, kami akan memberikan informasi seputar benefit beasiswa, tips mendapatkan beasiswa, hingga rekomendasi beasiswa terbaik.

Mengapa Harus Beasiswa?

Djarum Beasiswa Plus

Saat ini, beasiswa menjadi salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Tidak hanya menawarkan bantuan biaya pendidikan, beasiswa kini sudah memberikan banyak benefit lain yang menguntungkan. Mulai dari pelatihan soft skills, aktivitas bersama, hingga kesempatan magang atau bekerja di perusahaan pemberi beasiswa.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini kami berikan 4 keuntungan menjadi awardee beasiswa.

Meringankan Biaya Kuliah

Pertama, beasiswa akan memberi keringanan untuk biaya kuliahmu. Bahkan, biaya hidup selama berkuliah.

Saat ini, masih ada banyak pelajar Indonesia yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena kendala biaya. Oleh karena itu, beasiswa pendidikan dapat menjadi jawabannya.

Pada umumnya, beasiswa pendidikan akan memberikan 4 skema pembiayaan.

  1. Bantuan biaya pendidikan parsial atau tidak keseluruhan dengan durasi penuh (hingga semester 8)
  2. Bantuan penuh untuk biaya pendidikan dengan durasi penuh
  3. Bantuan biaya pendidikan penuh, durasi tertentu (contoh: dari semester 5 hingga 8)
  4. Bantuan penuh untuk biaya pendidikan dengan durasi yang ditentukan (contoh: dari semester 1 hingga 5)
BACA JUGA:   11 Komponen pada Motherboard Komputer dan Fungsinya

Oleh karena itu, saat mendaftar beasiswa, sebaiknya kamu membaca persyaratan dan jenis beasiswa yang ditawarkan dengan baik. Sekaligus, dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Meningkatkan Motivasi Belajar

Penerima beasiswa memiliki standar tertentu, utamanya untuk nilai yang mereka peroleh di kelas.Hal inilah yang menjadi salah satu alasan awardee beasiswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dengan kata lain, jika kamu berhasil menjadi penerima beasiswa, maka kamu dapat menjadikannya sebagai motivasi untuk terus belajar.

Memperluas Jaringan Pertemanan

Berikutnya, menjadi awardee beasiswa juga akan memberikanmu kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan. Apalagi, beasiswa yang kamu peroleh merupakan beasiswa kesempatan belajar ke luar negeri seperti IISMA atau YSEALI. Tentunya, kesempatan emas ini dapat kamu gunakan untuk menjalin networking.

Membangun Karir

Terakhir, beasiswa juga dapat mendorongmu untuk membangun karir.

Saat ini, ada banyak motivator pendidikan dan karir yang merupakan penerima beasiswa. Bahkan, banyak dari mereka yang berhasil melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang magister sebagai penerima beasiswa.

Dengan kata lain, beasiswa dapat membantumu dalam membangun karir. Apalagi, saat ini sudah banyak beasiswa yang menawarkan program pelatihan soft skills dan internships.

Tips Mendapatkan Beasiswa

Selanjutnya, mari kita membahas tentang tips mendapatkan beasiswa. Pada dasarnya, tidak ada cara mendapatkan beasiswa yang mutlak. Namun, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat kamu coba saat mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa.

Komitmen yang Kuat

Kamu harus bersedia dan mampu berkomitmen sebagai penerima beasiswa. Terutama, saat proses mencari informasi dan mempersiapkan dokumen. Selanjutnya, saat kamu berhasil menjadi awardee beasiswa, maka kamu harus berkomitmen untuk menjaga integritas dan mempertahankan prestasi.

Terakhir, saat kamu telah menjadi alumni, pastikan kamu juga berkomitmen untuk menjalani syarat kelulusan. Contohnya adalah berkontribusi terhadap komunitasmu, menjadi motivator, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA:   Tempat Menyelam Terbaik di Bali: Tempat yang Tak Terlupakan untuk Menjelajah Bawah Air

Lakukan Riset dan Siapkan Berkas

Selanjutnya, pastikan kamu melakukan riset yang cukup. Mulai dari informasi tentang beasiswa, jenis, syarat, dan lain-lain. Kamu juga dapat menghubungi atau mengikuti akun penerima beasiswa yang ingin kamu dapatkan.

Jika kamu telah melakukan riset, pastikan kamu memahami visi, misi, hingga latar belakang beasiswa. Hal ini akan penting saat kamu menjalani proses seleksi beasiswa.

Lalu, kamu juga harus mempersiapkan dokumen dengan baik dan benar. JANGAN menyiapkan dokumen mendekati deadline pengumpulan berkas. Kamu harus menyiapkan segala syarat pendaftaran dari jauh-jauh hari. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat timeline persiapan.

Tingkatkan Kualitas CV, Essay, dan Motivation Letter

Selain nilai, salah satu syarat yang sering muncul dalam dokumen beasiswa adalah CV, essay, dan motivation letter. Oleh karena itu, kamu harus mulai melatih diri dalam menyusun ketiga dokumen tersebut.

Untuk CV, sebaiknya kamu mulai mencari susunan CV beasiswa yang ATS friendly.

Lalu, untuk essay beasiswa, kamu dapat berlatih menulis dengan susunan essay yang teratur. Seperti STAR (Situation, Tasks, Actions, Results), AREL (Assertion, Reasons, Evidences/Examples, Linkback), dan lain-lain.

Terakhir, untuk motivation letter beasiswa, kamu dapat menyusunnya dengan format yang efektif. Salah satunya adalah SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely).

Ikut Kegiatan yang Bermanfaat

Terakhir, kamu dapat mengikuti kegiatan yang bermanfaat dan sesuai dengan passion-mu. Mulai dari ekstrakurikuler, kepanitiaan, volunteer, pelatihan, dan lain-lain. Dengan demikian, kamu akan memiliki portofolio sekaligus soft skills yang tidak kamu dapatkan di kelas.

Djarum Beasiswa Plus

Terakhir, berikut kami berikan informasi tentang rekomendasi beasiswa yang dapat kamu ikuti. Yakni, Djarum Beasiswa Plus!

Latar Belakang

Djarum Beasiswa Plus

Sejak tahun 1984, Djarum Foundation telah memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus. Lebih dari 12.880 mahasiswa telah menjadi penerima program ini dari berbagai latar belakang pendidikan di 123 perguruan tinggi.

BACA JUGA:   Affiliate Marketing untuk Blogger: Rekomendasi Afiliasi Terbaik 2023

Selain dana beasiswa, program ini juga memberikan pelatihan soft skills seperti Nation Building, Character Building, dan Leadership Development. Dengan demikian, beasiswa ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapat bantuan biaya pendidikan sekaligus pelatihan yang bermanfaat.

Salah satu program unggulannya adalah Community Empowerment. Dalam program ini, para penerima program menerapkan keterampilan yang telah diperoleh dalam menyelesaikan masalah sosial. Sehingga, Beswan Djarum dapat menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cerdas secara akademik dan emosional.

Persyaratan Djarum Beasiswa Plus

Di bawah ini adalah daftar persyaratan untuk kamu yang tertarik mengikuti Djarum Beasiswa Plus.

  1. Tengah menempuh pendidikan semester 4 dan seterusnya di jenjang Strata 1 atau Diploma 1 (jurusan apapun)
  2. IPK minimum 3.00 dan berkomitmen untuk mempertahankan nilai hingga akhir semester VII
  3. Aktif berorganisasi di dalam maupun luar kampus
  4. Tidak sedang menerima bantuan pendidikan dari program lain
  5. Berkuliah di kampus mitra Djarum Beasiswa Plus

Adapun berkas yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut.

  1. Salinan cetak dan PDF dari formulir pendaftaran yang telah kamu isi
  2. Pas foto berwarna ukuran 4×6 dan mengenakan almamater
  3. Salinan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  4. Transkrip nilai sementara yang telah dilegalisir
  5. Surat keterangan aktif (baik sebagai mahasiswa maupun berorganisasi)
  6. Surat keterangan dari rektorat yang menyatakan tidak tengah menerima bantuan pendidikan dari pihak manapun

Setelah memenuhi seluruh syarat di atas, maka kamu dapat menyiapkan diri untuk pendaftaran Djarum Beasiswa Plus. Untuk ikut seleksi, kamu bisa langsung daftar di sini. Semoga beruntung!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *