Arkademi

Mengejar ambisi seringkali membuat kamu harus mampu untuk terus belajar seumur hidup. Terlebih lagi, zaman yang makin melek informasi ini bikin kamu wajib update soal perkembangan teknologi serta keilmuan di bidang kerjamu. Ternyata, #KursusOnline di Arkademi bisa jadi solusi untuk kegelisahan kamu, loh! 

Mengusung pelatihan berbasis online, Arkademi memungkinkan siapa saja mengambil program kursus dan sertifikasi resmi mereka. Dalam artian, kamu bisa mengakses ratusan pelatihan tanpa ada batasan usia! 

Bagi saya sih ini serasa mimpi, ya! Pasalnya, setelah join Arkademi, saya akhirnya berhasil menemukan lembaga pelatihan online yang beneran cocok di hati. Apalagi, pas pertama kali install aplikasi belajar online ini, saya jadi punya akses ke ratusan pelatihan berbahasa Indonesia yang punya segudang manfaat. 

Itulah yang akhirnya bikin saya pengen nulis review Arkademi buat memenuhi kebutuhan teman-teman akan lifelong learning. Gimana? Penasaran kan gimana cara pakai #Arkademi dan bagaimana pelatihan sertifikasi online ini bisa bikin impian, ambisi, dan passion kamu terwujud? 

Tenang! Kali ini, tikawidya.com punya jawaban lengkapnya dalam artikel #KursusOnline Arkademi! Simak terus ya, teman-teman! 

Kenapa sih Kamu Butuh Lifelong Learning? 

lifelong learning arkademi

Sebelum menelaah aplikasi Arkademi lebih lanjut, kamu perlu terlebih dahulu memahami kenapa kita semua membutuhkan yang namanya lifelong learning

Singkatnya, lifelong learning adalah pendidikan atau pelatihan yang bisa kamu laksanakan sendiri dengan tujuan mengembangkan skill pribadi. Meskipun nggak ada definisi yang baku soal belajar seumur hidup ini, orang sering menganggap bahwa lifelong learning bisa kamu lakukan di luar pendidikan formal. 

Sejak pandemi yang berlangsung dari tahun 2020, kamu pasti sudah melihat sendiri bahwa sekarang dunia telah memahami bahwa ada cara baru untuk belajar secara efektif. Pendidikan pun mulai berubah dari yang tadinya berbasis tatap muka menjadi distance/hybrid learning

Inilah yang membuat lifelong learning semakin berjaya. Pasalnya, kamu dapat melakukannya dari mana saja, kapan saja, dan tanpa batasan usia. Terlebih lagi, dengan bantuan teknologi, kamu bisa melakukannya bersama #Arkademi secara praktis dan mudah. 

Kenalan Dulu Sama Arkademi, Aplikasi Pelatihan Sertifikasi Online

kursus online arkademi

Arkademi adalah aplikasi pelatihan bersertifikasi yang punya visi membantu para pekerja Indonesia meningkatkan kompetensi dan penghasilan mereka. 

Sejak tahun 2017, Arkademi sudah memulai kiprahnya di dunia pelatihan tenaga kerja hingga akhirnya berhasil mengantongi posisi #2 Top Adult Learning App in Indonesia versi DailySocial pada tahun 2020. Nggak cuma itu saja, di tahun yang sama, aplikasi Arkademi juga berhasil masuk ke daftar 50 SEA Next Big Thing Ed-Tech startup dari TECHINASIA. 

Arkademi menyediakan total 215 #KursusOnline di berbagai bidang. Mereka juga sudah berpartner dengan lebih dari 100 lembaga pendidikan, loh! Nggak heran, kursus sertifikasi dari Arkademi itu jadi sangat bernilai di mata perusahaan pencari tenaga kerja. 

BACA JUGA:   Tempat Menyelam Terbaik di Bali: Tempat yang Tak Terlupakan untuk Menjelajah Bawah Air

Bukan hanya untuk melamar pekerjaan, ya! Lebih daripada itu, kursus online bersertifikat dari #Arkademi bisa kamu gunakan untuk menambah pengetahuan, mengembangkan skill, meningkatkan kepercayaan diri dan tentu saja mendapatkan career advancement

Dari sini, kamu pasti sudah dapat menyimpulkan bahwa kursus di Arkademi itu patut kamu coba demi mengejar lifelong learning sekaligus pengembangan diri. 

4 Benefit yang Kamu Dapat dari Lifelong Learning Bersama Arkademi

kursus online arkademi

Baik itu sekadar demi menekuni passion ataupun mencapai ambisi profesional, lifelong learning bisa memberikan rasa puas dengan pencapaianmu. Terlebih lagi, lifelong learning sendiri berasal dari sifat alamiah manusia yang senantiasa mencari sesuatu yang baru. 

Bagi saya sendiri, lifelong learning membuat saya merasa mengalami peningkatan kualitas hidup serta menjadi lebih percaya diri. Namun, kamu bisa mendapatkan lebih dari itu semua dengan melakukannya bersama Arkademi. 

Lalu, apa saja benefit lifelong learning bareng Arkademi? Mari bahas satu per satu! 

1. Bikin Kamu Unggul di Job Market 

Kamu pasti sudah tahu kan bahwa job market sekarang itu sudah nggak sama lagi dengan zaman baby boomer? Nah, sertifikat dari Arkademi bisa menjadi bekal khusus buat kamu yang ingin tampil lebih unggul. 

Buktinya, sebuah survey dari International Journal of Human Resource Studies mengungkapkan bahwa 44% manager HR kini menganggap bahwa pelamar yang memiliki sertifikasi online adalah calon pekerja unggulan. Terlebih lagi, banyak manager HR yang menilai bahwa pelamar bersertifikat online pasti melek teknologi dan punya work ethic yang baik.

2. Bikin Skill Kamu Selalu Relevan 

Lifelong learning adalah kunci untuk tetap relevan dalam karir kamu. Apalagi, dunia kerja sekarang cepat sekali berubah. Oleh karena itu, kamu butuh lebih dari sekadar pengetahuan out-of-date yang kamu dapatkan di bangku kuliah. 

Pew Research Center menyatakan bahwa 87% pegawai kini percaya bahwa online training tidak hanya meningkatkan kemampuan mereka tetapi juga membuat mereka selalu up-to-date dalam bidang pekerjaannya. 

Bersama Arkademi, kamu bisa mendapatkan pelatihan sesuai bidang kerja dan minat bakatmu. Ini tentu saja dapat membantu kamu untuk terus mengembangkan diri atau bahkan memperluas jangkauan usaha jika kamu seorang entrepreneur

3. Bikin Kamu Mudah Mengatur Jadwal 

Di Arkademi, kamu nggak perlu khawatir ketinggalan kelas atau nggak punya waktu buat menyelesaikannya. Pasalnya, kamu bakal bebas mengakses materi semua #KursusOnline Arkademi dalam 30-750 hari. 

Dari pengalaman menggunakan Arkademi Mobile Apps, saya hanya membutuhkan waktu antara 3-15 jam saja untuk menyelesaikan dan mendapat sertifikatnya. Tentu saja, saya tidak perlu nonton full 15 jam. Saya bisa mencicil saja setiap senggang. Hasilnya, saya berhasil menggondol setidaknya 1 sertifikat dari Arkademi setiap satu minggu. 

Fleksibilitas memang penting banget ya buat saya yang memang selalu dikejar deadline dan editor galak #eh. Oleh karena itu, menurut saya, kesempatan unlimited access dalam 30-750 hari ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menambah skill tanpa perlu cemas membagi waktu dengan pekerjaan yang sudah ada. 

4. Bikin Kualitas Hidup Kamu Meningkat 

Manfaat dari belajar bareng Arkademi itu tentu lebih banyak dari sekadar menembus batasan-batasan karir. Dari kursus-kursus di Arkademi, saya sendiri jadi bisa berpikir lebih terbuka dan memahami cara kerja dunia dengan lebih baik. 

Selain itu, banyak teman-teman saya yang akhirnya berhasil mengejar passion dan terbebas dari rutinitas kerja yang ternyata tidak betul-betul mereka sukai. Kesimpulannya, Arkademi beneran berhasil membantu banyak orang untuk menemukan diri sendiri serta mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

Tutorial Instalasi Aplikasi Kursus Online Arkademi di HP Kamu

tutorial

Tertarik buat menengok kelas-kelas yang ada sekaligus menjajal #KursusOnline di Arkademi? Yuk, baca panduan mudah install Arkademi di bawah ini! 

  1. Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu meng-install Arkademi dari Google Playstore dengan klik di sini
  2. Selanjutnya, buka aplikasinya dan lakukan proses pendaftaran. 
  3. Masukkan nama lengkap, email, dan password yang akan kamu gunakan di form pendaftaran. Khusus untuk kamu yang akan menggunakan Kartu Prakerja pastikan nama lengkap kamu sama dengan KTP dan Kartu Prakerja, ya! 
  4. Selain mengetik manual, kamu juga bisa mendaftar langsung dengan menggunakan akun google atau Facebook. 
  5. Tunggu sebentar dan dalam sekejap kamu sudah masuk ke dalam aplikasi kursus online Arkademi. 
BACA JUGA:   4 Kursus Menulis Online Yang Wajib Kamu Ambil!

Cara Membeli Kursus Online di Aplikasi Arkademi 

beli kursus online

Sudah nemuin kursus yang mau kamu ikutin? Begini nih cara melakukan pembayaran untuk mengikuti kelasnya! 

  1. Pilih kelas yang kamu mau dan tekan menu “Gabung Kelas” 
  2. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke lembaran checkout. 
  3. Isi data kamu sesuai dengan KTP, kemudian pilih metode pembayaran yang tersedia. Kamu bisa membayar dengan cara transfer ke Bank Mandiri atau memakai Gopay, BCA, dan bank lain. Sudah selesai memilih? Klik opsi “Bayar” 
  4. Arkademi akan memberikan total pembayaran yang perlu kamu transfer. Pilih lagi metode pembayaran kamu dan mereka akan mengirim instruksi pembayaran lewat email. 

Praktis banget, kan? 

Fitur-fitur Unggulan Aplikasi Pelatihan Sertifikasi Online Arkademi 

Ada banyak banget fitur unggulan yang bisa kamu dapatkan di kursus online #Arkademi. Apa saja itu? 

1. Arkademi + Prakerja 

Arkademi sudah membangun kerjasama tersendiri dengan Pelatihan Prakerja. Jadi, kalau kamu sudah punya kartu prakerja, kamu bisa langsung masukin aja kupon pelatihan dari Kartu Prakerja kamu lewat website resmi Arkademi maupun aplikasinya. 

Pro Tip: Jangan lupa untuk menyamakan nama lengkap yang kamu cantumkan di akun kamu dengan nama lengkap di KTP dan Kartu Prakerja. Ini berfungsi untuk mempermudah proses verifikasi dan tracking sertifikat kamu. 

2. GRATIS Mini Course dan Mini Game 

Arkademi menyediakan mini course gratisan dengan sistem card based learning. Kalau kamu suka yang gratisan (seperti saya), kamu pasti suka banget dengan fitur yang satu ini. 

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan card based learning? Sistem yang satu ini bertujuan untuk membuat proses belajar kamu jadi lebih menyenangkan. Pasalnya, kamu sebagai pengguna akan berinteraksi dengan materi course dengan cara yang mirip seperti game. 

Ada 3 mini course yang tersedia di Arkademi yaitu: 

  • Mengelola Utang untuk Mengendalikan Bisnis 
  • Memahami Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perkantoran
  • Mengenal AutoCAD untuk pemula

Selain itu, kamu juga bisa mengakses 1 mini games tentang ilmu pengetahuan seputar K3. Yang lebih penting lagi semua mini course dan mini game ini sepenuhnya GRATIS dan bisa kamu akses lewat aplikasi kursus online Arkademi. 

3. GRATIS Simulasi Tes CPNS 

Nah, spesial buat kamu yang punya passion untuk menjadi abdi negara, Arkademi menyediakan paket simulasi tes CPNS gratis! 

Gratisan bukan berarti nggak lengkap, loh! Sebaliknya, kamu bisa mengakses simulasi tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) yang super lengkap karena mencakup Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakter Pribadi. 

Nggak hanya itu, kamu juga bisa mencoba simulasi Psikotes TNI/POLRI dan Tes Kemampuan Akademik TNI/POLRI. Sekali lagi, semuanya ini beneran GRATIS! Jadi, buruan install Arkademi sekarang juga! 

4. Sertifikat Spesialisasi 

Selain sertifikat kursus program reguler, kamu juga bisa ngedapetin sertifikat spesialisasi seperti kursus Menjadi Ahli Perpajakan atau kursus Menjadi Ahli K3. 

Karena keduanya merupakan kursus spesialisasi, kamu pun harus meluangkan waktu sedikit lebih banyak karena untuk mendapatkan sertifikatnya. Apalagi, kamu harus terlebih dahulu melewati 3 kursus reguler dalam batas waktu yang ditentukan.

Namun, jangan khawatir! Kamu tentu saja mendapatkan lebih banyak benefit karena sertifikat spesialisasi ini ditandatangani langsung oleh pengajar-pengajar yang punya kredibilitas tinggi di bidang masing-masing. 

BACA JUGA:   Aplikasi goKampus Hadirkan 5 Langkah Mudah Daftar Kuliah

Rekomendasi Kelas Kursus Online Arkademi 

Jadi, ada beberapa kelas yang menarik dan perlu kamu jajal nih di #Arkademi. Berikut ini rekomendasi versi tikawidya.com 

  • Kelas Menjadi Jurnalis Profesional by Pepih Nugraha 

Cocok banget buat kamu yang tertarik dengan dunia tulis menulis dan pengen tahu lebih banyak lagi soal bekerja di dunia jurnalistik. Kamu bakal dapat teknik-teknik peliputan, wawancara, penulisan feature, opini dan masih banyak lagi. 

  • Kelas Spesialisasi Menjadi Ahli Digital Marketing 

Kelas yang satu ini lengkap banget, ya! Kamu diajarin mulai dari dasar digital marketing sampai seni copywriting untuk marketing yang efektif. Sertifikat spesialisasi ini akan kamu dapatkan setelah lulus dari 3 macam pelatihan. Yang lebih penting lagi, sertifikat ini bakal bikin kamu relevan dan mampu berkompetisi di dunia yang semakin digital ini. 

  • Kelas Menguasai Bahasa Inggris Semudah Bahasa Indonesia by Anang Sam

Hari gini tuh kemampuan berbahasa Inggris menjadi sangat esensial terutama di dunia kerja. Jadi, jangan sampai gelagapan lagi kalau diajakin ngomong sama klien internasional. Yuk, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bareng Arkademi. 

Masih ada ratusan kelas yang tersedia di Arkademi. Install aja untuk cari tahu lebih banyak lagi!

Pengalaman Menggunakan Arkademi Mobile Apps 

Arkademi memang bisa kamu akses melalui desktop maupun smartphone. Namun, saya sendiri paling demen pakai lewat smartphone karena bisa saya akses di mana saja dan kapan saja. 

Cocok buat yang harus bekerja full time maupun sibuk di rumah karena buka usaha sambil momong anak, mobile apps Arkademi itu cukup user-friendly. Dengan tap-tap aja, kamu sudah bisa mengakses semua kelas dan video nggak pakai ribet. 

Saya yang sehari-hari sibuk nulis depan komputer pun sering mengakses kelas sambil bekerja sekaligus. Caranya mudah, kamu hanya perlu headset dan smartphone. Dengerin aja kelasmu lewat headset sambil multitasking

Tentu saja, kamu harus beneran memperhatikan materi yang belum kamu kuasai. Pasalnya, semua kelas #Arkademi punya kuis yang harus kamu selesaikan dengan standar passing grade tertentu. Jadi, jangan lengah! Multitasking boleh tapi pastikan semua pelajarannya masuk ke otak. 

FAQ #KursusOnline Arkademi 

Q: Setelah beli, berapa lama sih bisa akses kelas-kelas di Arkademi? 

A: Rata-rata semua kelas bisa kamu akses dalam 30-750 hari. Ini lama banget, loh!  Jadi, jangan khawatir kamu pasti bisa menyelesaikan semua materinya! 

Q: Bisa nggak bayar pakai dompet elektronik? 

A: Bisa kok, kemarin saya bayarnya pakai GoPay. Kamu juga bisa bayar pakai ShopeePay. 

Q: Ada kursus bahasa asing nggak di Arkademi? 

A: Ada, donk! Kamu bisa belajar bahasa Arab, Inggris, Jepang, Korea, dan Turki lewat kursus online Arkademi. 

Q: Apakah ada kursus untuk persiapan Tes CPNS? 

A: Arkademi punya 3 kursus yang berkaitan dengan persiapan tes CPNS. Harganya pun sangat terjangkau. Belum lagi kamu bisa mengakses simulasi Tes CPNS secara gratis! Jadi, tenang! Kamu pasti bisa mewujudkan impian jadi CPNS bareng Arkademi. 

Q: Adakah batasan usia buat mendaftar di Arkademi? Apakah umur 50 tahun masih bisa belajar?

A: Nggak ada. Setua apapun boleh daftar, kok. Oleh karena itulah, Arkademi memang cocok buat semua orang yang pengen menerapkan lifelong learning

Akhir Kata

Belajar itu memang sudah seharusnya menjadi sebuah proses tanpa akhir. Dengan dunia yang terus menerus berubah, mau tidak mau kita harus bisa progresif melalui lifelong learning

#KursusOnline Arkademi bisa jadi partner terbaik buat lifelong learning kamu. Yuk, gabung Arkademi sekarang juga dan temukan cara-cara baru untuk mengembangkan diri, memperluas jaringan usaha serta meningkatkan kualitas hidup. Dukung #Arkademi, Indonesia #1 Certified Online Course App! 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *