5 Kursus Menulis Online Terbaik untuk Penulis Novel

Aku pernah dengar selentingan di grup yang bilang bahwa semua event dan kelas penulisan terbaik itu adanya hanya di Jakarta. Orang-orang yang tinggal di daerah non ibukota tentu saja sulit mengaksesnya. Yang tidak mereka tahu, aku ini juga tidak tinggal di Jakarta. Tapi, aku masih bisa belajar menulis novel lewat lima kursus menulis online di bawah ini!

Penasaran kelasnya seperti apa? Yuk, baca terus sampai habis!

1. Udemy – Write a Bestselling Novel in 15 Steps (Writing Mastery)

Salah satu kursus menulis yang pernah aku ikuti adalah “Write a Bestselling Novel in 15 Steps” di Udemy. Kursus ini dipandu oleh Jessica Brody yang menulis buku “Save the Cat! Writes a Novel.” Jadi, di sini, dia juga menggunakan metode yang sama untuk mengajar cara menulis novel.

Screeshot Kelas di Udemy

Kursus ini punya format belajar mandiri. Dengan kata lain, kamu bisa belajar melalui video-video pelajaran sesuai dengan kecepatan sendiri.

Jessica memberikan panduan yang sistematis dan mudah diikuti. Dia membahas segala sesuatu mulai dari pengembangan karakter hingga struktur plot yang kuat. Metode yang digunakan sangat membantu, terutama dalam menyusun ide-ide cerita menjadi sebuah novel yang koheren dan menarik.

Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin serius mengembangkan kemampuan menulis novel, apalagi dengan impian menciptakan sebuah bestseller. Harganya cukup terjangkau mengingat platform Udemy selalu menawarkan diskon bulanan yang cukup menggiurkan, ya. Kalau beli di masa diskon, kamu bisa dapatkan kelas ini seharga Rp159.000 saja.

BACA JUGA:   Webinar Menulis Gratis Tika Widya yang Keempat Dihadiri 174 Penulis Indonesia

Pengen beli sekarang? Klik di Sini!

2. Creative Writing Specialization dari Wesleyan University di Coursera

Kursus menulis online selanjutnya adalah Creative Writing Specialization yang ditawarkan oleh Wesleyan University di Coursera. Kursus spesialisasi ini terdiri dari empat rangkaian kursus yang sangat lengkap karena mencakup semua aspek penting dalam menulis kreatif termasuk pembuatan plot, penokohan, setting dan lain sebagainya.

Screeshot Kelas di Coursera

Yang membuat kursus ini berbeda adalah adanya proyek capstone di akhir rangkaian. Proyek ini bikin kamu bisa langsung praktik menulis novel atau karya kreatif lain secara nyata. Jadi, kamu bisa dapat pengalaman menulis bersama dengan lecturer dari Weslyean University.

Sayangnya, kursus ini memiliki harga yang cukup tinggi, yaitu Rp782,747 per bulan. Namun, sebenarnya harganya cukup seimbang dengan materi dan pengalaman praktik yang ditawarkan. Soalnya, kursus ini membuatmu merasa sudah mengambil shortcourse creative writing di luar negeri. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat dari Wesleyan University yang diakui secara internasional.

Ingin tahu lebih banyak dan mulai belajar? Kunjungi Creative Writing Specialization di Coursera.

3. Creative Writing by Margaret Atwood di Masterclass

Jika kamu penggemar sastra dan ingin belajar dari salah satu penulis terkemuka, kursus “Creative Writing by Margaret Atwood” di MasterClass adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Margaret Atwood, adalah penulis novel terkenal “The Handmaid’s Tale,” yang kini juga sudah jadi serial TV dengan segudang Emmy Award. Nah, di kelas ini, Margaret Atwood, membagikan ilmu dan pengalamannya melalui 23 video pelajaran yang bisa kamu tonton kapan saja, mirip dengan sistem yang ditawarkan oleh Udemy.

Screenshot Kelas di Masterclass

Kursus ini memberikan kesempatan langka untuk belajar langsung dari seorang maestro. Margaret Atwood membahas berbagai topik, mulai dari pengembangan plot dan karakter hingga tips spesifik tentang bagaimana menulis fiksi yang menarik dan bermakna. Semua materi disajikan dengan cara yang mudah dipahami dan sangat inspiratif.

BACA JUGA:   Keliling Pulau Belitung – Pergi dengan Sewa Mobil Belitung!

Untuk mengakses kursus ini, kamu perlu berlangganan MasterClass yang harganya cukup terjangkau, yaitu hanya $10 per bulan. Aku rasa ini harga yang cukup murah soalnya kamu bisa mengakses banyak kelas dari para maestro lain, bukan hanya kelasnya Margaret Atwood saja.

Nah, mau belajar sekarang? Coba lihat trailer kelasnya di sini!

4. Udemy – Fiction Writing: A Complete Novel Outline Chapter by Chapter

Bagi kamu yang tertarik menulis novel genre misteri atau whodunnit, kursus “Fiction Writing: A Complete Novel Outline Chapter by Chapter” di Udemy bisa jadi pilihan yang tepat. Kursus ini dimentori oleh Mike Dickson yang siap membagikan semua rahasianya kepada kamu.

Screenshot kelas di Udemy

Keunggulan dari kursus ini adalah materi outline yang disediakan secara lengkap. Mike Dickson sudah menyiapkan kerangka cerita untuk setiap bab, yang membuat proses menulis novel menjadi jauh lebih mudah. Kamu tidak perlu pusing memikirkan struktur cerita; cukup ikuti panduan yang diberikan, dan fokus pada pengembangan karakter dan plot yang menarik.

Harganya? Sangat terjangkau. Seperti kursus lain di Udemy, “Fiction Writing: A Complete Novel Outline Chapter by Chapter” ini ditawarkan seharga Rp159.000 saat ada diskon. Jadi, jangan lewatkan kelas ini, ya!

Pengen beli sekarang? Klik di Sini!

5. Kelas Menulis Privat – Developing Your Story by Tika Widya

Ingin belajar menulis secara privat? Kelas Menulis Privat – Developing Your Story by Tika Widya bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Di kelas ini, aku akan secara langsung membimbingmu dalam mengembangkan cerita. Kelas ini terdiri dari lima kali pertemuan privat, di mana kita akan mengeksplorasi berbagai aspek penting dari penulisan cerita, mulai dari konsepsi awal hingga pembuatan alur cerita dari awal sampai akhir dengan metode STC.

BACA JUGA:   3 Rekomendasi Buku Panduan Penulisan Skripsi

Harga untuk mengikuti kelas privat ini adalah Rp479.000. Namun, jika kamu ingin belajar bersama teman-temanmu, aku juga menawarkan opsi untuk membentuk kelas kecil. Dengan maksimal tiga orang dalam satu kelas, setiap peserta hanya perlu membayar Rp350.000. Ini adalah kesempatan bagus buat belajar bersama teman-temanmu sambil mendapatkan bimbingan yang sama intensifnya.

Kelas ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan menulismu dan juga untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih intensif dan fokus. Jadi, jika kamu serius ingin mengasah keterampilan menulismu, langsung saja hubungi aku untuk menjadwalkan kelas.

Cek info dan testimoni kelas aku di sini!

Pesan untuk Penulis

Sebelum beli, kamu bisa cek perbandingan kursus menulis online di atas lewat tabel yang sudah aku sediakan ini. Pilih saja kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu!

Nama KelasKeunggulanKekuranganHargaBeli di
Udemy – Write a Bestselling Novel in 15 Steps (Writing Mastery)Dipandu oleh penulis terkenal, metode sistematis, belajar mandiri.Tidak ada interaksi langsung dengan pengajar.Rp159.000 (diskon)Udemy
Creative Writing Specialization – Wesleyan University (Coursera)Rangkaian lengkap 4 kursus, termasuk proyek capstone, sertifikat dari universitas terakreditasi.Biaya bulanan relatif tinggi.Rp782,747/bulanCoursera
Creative Writing by Margaret Atwood (MasterClass)Pelajaran dari penulis terkenal, akses ke banyak kelas lain, harga berlangganan bulanan terjangkau.Kurang fokus pada interaksi dan feedback personal.$10/bulanMasterClass
Udemy – Fiction Writing: A Complete Novel Outline Chapter by ChapterOutline lengkap disediakan, fokus pada penulisan novel misteri.Tidak ada interaksi langsung dengan pengajar.Rp159.000 (diskon)Udemy
Kelas Menulis Privat – Developing Your Story by Tika WidyaSesi privat langsung dengan Tika Widya, jadwal bisa disesuaikan, interaksi dan feedback dari mentor, opsi kelas kecil dengan diskon.Membutuhkan komitmen waktu untuk pertemuan langsung.Rp479.000Hubungi Tika Widya

Itulah lima kelas menulis online terbaik yang aku rekomendasikan buat kamu. Masing-masing ada ciri khasnya sendiri, ya! Jadi, pastikan kamu pilih yang sistem belajarnya beneran cocok buatmu. Semangat belajar, writers!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *