komunitas bisa menuliskomunitas bisa menulis

Tahukah kamu, apa itu Komunitas Bisa Menulis? Dan apa tujuan dari terbentuknya komunitas ini?

Nah, untuk mengetahui apa itu Komunitas Bisa Menulis, langsung simak penjelasan berikut, ya!

Apa itu Komunitas Bisa Menulis?

Komunitas Bisa Menulis (KBM) merupakan sebuah platform menulis dan membaca online. Pada awalnya, KBM ini merupakan sebuah grup menulis di Facebook, di mana para anggotanya mengunggah tulisan setiap harinya. 

Grup Facebook itu semakin lama menjadi semakin tidak efektif, karena banyaknya anggota baru yang bergabung. Hal itu membuat tulisan-tulisan mereka sudah tidak dapat terwadahi dengan baik.

Isa Alamsyah, pendiri KBM, pun memutuskan untuk membuat inovasi dengan membuat KBM App untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Dengan adanya KBM App ini, orang-orang dapat membaca dan menulis novel online dengan lebih mudah dan teratur. 

Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan Wattpad. Jadi, sebagian besar orang sudah familiar dalam menggunakannya.

Cara Membaca di Komunitas Bisa Menulis

Untuk membaca novel-novel yang ada di KBM, kamu bisa mengunjungi KBM web di kbm.id atau mendownload aplikasi KBM App di Google Play Store dan App Store.

Setelah itu, kamu bisa langsung membaca novel yang ada pada KBM App. Namun, untuk pengalaman yang lebih baik, kamu bisa membuat akun KBM App terlebih dahulu.

Dengan membuat akun, kamu bisa mem-subscribe novel. Hal ini akan memudahkanmu dalam mengetahui update terbaru tentang novel tersebut.

Selain itu, ada banyak feature yang hanya bisa kamu dapatkan ketika mendaftar akun KBM App. Salah satunya adalah mengakses banyak chapter yang terkunci. 

BACA JUGA:   Review Scarlett Body Lotion: Tone-up Kulitmu!

Jadi, untuk membaca di web dan aplikasi novel online ini, saya sarankan untuk membuat akun KBM App terlebih dahulu.

Cara membuat akun KBM App ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengisi email, username, dan password akun.

Cara Menulis di Komunitas Bisa Menulis

Selanjutnya, cara menulis di KBM App pun juga sangat mudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mulai menulis di KBM App. Hal yang kamu butuhkan yaitu cukup memastikan kamu telah memiliki akun KBM App.

Pertama-tama, pilihlah menu “menulis” yang ada pada beranda web atau aplikasi. Setelah itu, kamu diarahkan menuju web menulis KBM, yaitu write.kbm.id/login. Kamu dapat langsung login akun dan mulai menulis novel digital.

Baca Juga : Tips Menulis By Tika Widya

Jika novel digital-mu telah memiliki banyak pembaca, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan sistem bagi hasil yang ada pada KBM App.Itu dia beberapa hal seputar Komunitas Bisa Menulis yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk memulai menulis di KBM App?

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *