Eyebost: Obat Mata Herbal Paling Ampuh Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Eyebost Obat Mata Herbal Paling Ampuh Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Ada banyak hal yang harusnya kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Dari mulai mengatur ulang cara kita menggunakan gadget, memperhatikan asupan nutrisi untuk mata, sampai mengonsumsi obat mata herbal paling ampuh untuk membantu menjaga dan merawat mata kita. Semua ini merupakan bagian dari strategi komprehensif untuk menjaga mata kita tetap sehat.

Lebih mudah mencegah daripada mengobati. Ini adalah sebuah prinsip kesehatan yang sangat relevan, terutama saat kita bicara soal kesehatan mata di era digital saat ini. Dengan semua waktu yang kita habiskan di depan layar, mata kita seakan terus-menerus diuji.

Debat Capres Kelima Pemilu 2024 menyoroti betapa pentingnya pendekatan preventif dan promotif dalam kesehatan. Dan, aku termasuk yang sangat setuju dengan ini. Semua calon presiden sepakat bahwa kita perlu lebih fokus pada pencegahan daripada hanya mengobati. Yap, ini juga berlaku banget buat kesehatan mata kita.

Jadi, yuk, kita deep dive ke dalam semua cara-cara tersebut! Aku bakal bahas satu per satu, mulai dari langkah-langkah pencegahan, tips perawatan harian, hingga rekomendasi obat mata herbal paling ampuh yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kita di era yang serba digital ini. 

Kesehatan Mata di Era Digital: Bahaya Digital Eye Strain

dampak digital eye strain untuk kesehatan mata

Image created by Tika Widya

Kamu pasti tahu rasanya, kan? Setelah melewati jam-jam panjang menatap layar, mata kita kadang mengalami rasa perih seperti ada pasir yang masuk.

Ternyata ini adalah tanda-tanda Digital Eye Strain (DES) atau yang sering disebut sindrom mata lelah digital. Jadi, apa pengertian DES?

“Digital Eye Strain (DES), atau sindrom mata lelah digital, mengacu pada rangkaian gejala yang timbul akibat penggunaan berlebihan dari perangkat digital.”

Nah, menurut sebuah penelitian dari BMJ Open Ophthalmology, kondisi ini terjadi pada hampir 50% pengguna komputer. Kayaknya hampir semua orang yang sering pakai gadget bisa relate karena pernah mengalami hal yang sama. Tentu saja, ini nggak terlalu mengherankan mengingat sekarang kita hidup di era digital.

Mari kita bahas dulu masalah mata yang sering terjadi karena kebanyakan mainan gadget atau nongkrong depan komputer.

1. Masalah dari Dalam

  • Mata Capek Karena Fokus Terus-terusan – Pernah nggak sih, kamu merasa susah banget fokus ke hal-hal yang deket? Itu karena mata kita kecapekan. Saat kita normal, mata bisa dengan gampang fokus ke benda dekat. Tetapi, kalau terlalu lama liat layar, mata kita jadi kerja keras terus menerus buat fokus, dan akhirnya lelah dan stres.
  • Mata Lelah dan Pusing Karena Nggak Sinkron – Kadang, mata kita kesulitan buat kerjasama dengan baik. Kita mungkin merasa dua mata kita kayak nggak mau akur. Ini bisa bikin mata kita lelah banget, bahkan sampai pusing. Biasanya, masalah ini muncul karena kita duduk dengan posisi yang salah atau terlalu dekat atau jauh dari layar.

2. Masalah dari Luar

  • Mata Kering – Tahu gak, kalau kita melihat layar terlalu lama, kita jadi jarang kedip. Ini bikin mata kita kering, merah, gatal, bahkan terasa kayak ada pasir di dalamnya. Nggak nyaman banget deh!
  • Mata Iritasi dan Capek – Ini nih yang sering kita rasain. Mata rasanya nggak nyaman, penglihatan jadi kabur, dan susah banget buat fokus. Lebih daripada itu, kondisi ini bisa juga bikin kepala, leher, dan bahu kita sakit karena kita cenderung menahan posisi yang sama terlalu lama saat main gadget atau komputer.

Nah, jadi buat kamu yang sering merasa kayak gini, ingat, itu tanda-tanda mata kita lagi teriak minta istirahat. 

Penyebab Gangguan Mata DES di Era Digital 

Nah, sekarang kita ngomongin kenapa sih mata kita bisa sampai mengalami DES gara-gara era digital yang kekinian ini. Jadi, gini lho ceritanya:

1. Kelebihan Main Gadget atau Komputer

Pertama-tama, kita semua tau kan, sekarang ini kita susah banget lepas dari layar komputer atau gadget. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti deh ada waktunya kita mengecek gadget. Nah, paparan berlebihan ke layar-layar ini lama-lama bisa bikin mata kita terganggu. Terlebih lagi, mata kita dipaksa kerja non-stop tanpa istirahat yang cukup. 

BACA JUGA:   Ketahui Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Salah satu bahaya terbesar dari gadget adalah cahaya biru yang mereka pancarkan. Cahaya biru ini bisa merusak sel-sel di retina mata, memicu kelelahan mata, bahkan mengganggu pola tidur kita. Menurut para ahli di UC Davis Health, paparan cahaya biru jangka panjang berpotensi meningkatkan risiko kerusakan mata, termasuk degenerasi makula yang terkait dengan usia.

2. Kita Jarang Kedip

Kedua, karena kita terlalu fokus (atau terhipnotis) sama layar, kita jadi jarang kedip. Menurut Ciputra SMG Eye Clinic, mata yang fokus pada layar cenderung berkedip ½ sampai ⅓ kali lebih lambat dari frekuensi kedip normal. Padahal, kedipan itu penting banget buat mata. 

Kedipan bisa bantu mata tetap lembab dan sehat. Kalau kita jarang kedip, mata jadi kering dan iritasi. Hasilnya, kita akan sering merasa mata perih dan nggak nyaman.

3. Duduk dan Pencahayaan yang Nggak Bener

Terakhir, masalah bisa juga datang dari cara kita duduk dan pencahayaan di ruangan. Kalau posisi duduk kita nggak bener, misalnya terlalu dekat atau jauh dari layar, atau pencahayaan yang terlalu terang atau gelap, ini bisa tambah bikin mata kita stres. 

Duduk yang salah bisa bikin leher dan bahu kita juga ikutan tegang. Sementara itu,  pencahayaan yang nggak pas bisa bikin mata kita kerja lebih keras dari yang seharusnya.

Jadi, intinya, kebiasaan-kebiasaan di era digital ini tanpa kita sadari bisa bikin mata kita terganggu. Tapi, nggak usah khawatir, banyak kok cara buat mengatasinya. Yang penting, kita harus lebih aware sama kesehatan mata kita dan coba kurangi kebiasaan-kebiasaan yang bikin mata kita lelah.

Cara Merawat Kesehatan Mata di Era Digital

cara merawat kesehatan mata

Infografis oleh Tika Widya

Yuk, kita ngobrolin gimana sih cara merawat mata kita yang sudah kelewat banyak waktu sama layar gadget atau komputer. Di zaman yang serba digital ini, mata kita kudu ekstra dirawat, biar tetap sehat, awet muda dan bebas dari Digital Eye Strain. Cek dulu tipsnya:

1. Pakai Rule 20-20-20

Dilansir dari Medical News Today, rule ini ternyata efektif dan gampang banget diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap 20 menit, kamu harus mengistirahatkan mata dengan melihat sesuatu yang jaraknya 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik. Ini buat reset mata kita biar nggak terlalu capek. Gampang kan?

2. Atur Pencahayaan Ruangan

Pastikan pencahayaan di ruangan kamu itu pas, nggak terlalu terang dan nggak terlalu gelap. Pencahayaan yang baik itu bisa bikin mata kita lebih rileks, nggak perlu kerja keras.

3. Sesuaikan Layar Gadget atau Komputer

Atur kecerahan dan kontras layar kamu biar nyaman di mata. Brightness komputer yang terbaik untuk mata kita itu berada di antara 40%-60%. Sedangkan, contrast-nya bisa diatur di 60%-70%. Nah, angka tepatnya sih terserah kita, karena kita yang paling tahu mana yang tepat untuk mata sendiri.  Intinya, layar harus enak dilihat, nggak bikin mata berkerut atau terasa terlalu tegang.

4. Pakai Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi itu kayak tameng buat mata kita. Bisa melindungi mata dari efek buruk cahaya biru yang dipancarkan gadget atau komputer. Plus, bikin gaya kamu tambah kece!

5. Posisikan Layar di Bawah Level Mata

Nah, ini penting nih. Pastikan layar itu posisinya sedikit di bawah mata, jadi kamu gak perlu mengangkat atau menunduk terlalu jauh. Ini bisa bantu mengurangi risiko leher dan bahu tegang juga lho. 

Selain itu, layar harus berada sekitar 25 inci (atau sepanjang lengan) dari mata kamu dan 15-20 derajat di bawah level mata. Dengan posisi layar yang tepat ini, kamu bisa lebih nyaman saat menggunakan komputer atau gadget, mengurangi risiko ketegangan pada mata, serta membantu menjaga postur tubuh yang baik.

6. Tambah Kelembaban Udara

Pake pelembab udara itu bisa bantu mencegah mata kering, apalagi kalau kamu di ruangan ber-AC terus. Udara yang lembab itu bisa bikin mata lebih nyaman.

7. Jangan Lupa Nutrisi

Makanan yang kaya vitamin A, C, dan E itu bagus banget buat mata. Bayam, wortel, dan buah-buahan itu contohnya. Atau, kalau mau yang praktis, bisa juga coba Eyebost, obat mata herbal yang paling ampuh itu.

Eyebost: Obat Mata Herbal Paling Ampuh

obat mata herbal paling ampuh

Sumber gambar: Eyebost

Nah, buat kalian yang kayaknya mata udah mulai protes karena kebanyakan mantengin layar HP atau laptop, aku punya cerita nih tentang sesuatu yang bisa jadi game changer buat kesehatan mata kita. Namanya Eyebost, obat mata herbal paling ampuh yang pernah aku coba!

Simpelnya, Eyebost itu vitamin mata terbaik. Tapi bukan vitamin mata biasa, loh. Ini madu mata yang diracik dari ekstrak herbal berkualitas. Semua bahan alaminya dikumpulin buat bantu kita menjaga kesehatan mata. 

Jadi, bukan cuma ngobatin ya, produk herbal yang didistribusikan oleh PT Erhanesia Digita Mukitama (ERDIGMA) ini  juga mencegah berbagai masalah mata yang bisa muncul karena kebiasaan kita sehari-hari.

Dari pengalaman pribadi, setelah aku coba Eyebost, ada perbedaan yang bener-bener terasa di mata. Mata yang biasanya cepat lelah karena nonton atau main game jadi lebih segar. Selanjutnya, aku juga merasa punya perisai yang melindungi mata dari efek buruk sinar UV atau blue light dari gadget.

Jadi, buat kalian yang masih ragu, Eyebost itu worth to buy banget. Selain kandungannya yang alami, efeknya itu lho yang bikin mata kita kayak di-refresh. Kalian gak bakal nyesel deh!

BACA JUGA:   10 Masakan Korea yang Harus Dicoba Pencinta Kuliner

Bahan Herbal dalam Eyebost 

Nah, di bagian ini kita akan bicara dikit tentang apa sih yang bikin Eyebost itu spesial. Nah, rahasianya ada di bahan-bahan herbal yang mereka pake. Kayak magic potion gitu deh, tapi buat mata. Yuk, kita selami lebih dalam!

bahan herbal dalam eyebost

Diagram oleh Tika Widya

1. Bunga Marigold

Pertama, ada ekstrak bunga Marigold. Tau nggak sih? Bunga ini kayak superhero buat mata kita. Marigold itu kaya akan lutein dan zeaxanthin yang bisa melindungi mata dari cahaya biru jahat. [1]  Cahaya biru ini bisa bikin mata kita lelah dan penglihatan jadi kabur. Nah, dengan bantuan Marigold, mata kita bisa lebih tajam, terutama saat kondisi cahaya rendah. Jadi, buat yang sering kelilipan pas malem, Marigold ini solusinya.

2. Wortel

Nah, kalau wortel sih udah pada tahu ya. “Makan wortel biar mata sehat,” kata orang tua kita. Dan itu bener banget, loh! Wortel itu sumber beta karoten yang akan kita olah jadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A ini penting banget buat kesehatan mata, terutama biar kita bisa melihat jelas di tempat yang kurang cahaya.

3. Buah Bilberry

Trus, ada juga buah Bilberry. Ini buah kecil tapi kekuatannya wah banget buat mata. Ada penelitian dari jurnal Nutrients yang bilang, konsumsi ekstrak Bilberry selama 12 minggu bisa memperbaiki kemampuan otot mata kita. Jadi, mata kita jadi lebih responsif dan sehat.

4. Madu

Madu juga jadi salah satu bintang di Eyebost. Selain enak, madu ini bermanfaat banget buat mata yang kering. Berkat madu, mata kita jadi lebih lembab, sehat, dan nyaman. Plus, madu juga bisa bantu kurangi iritasi mata. [2] Jadi, bukan cuma enak di mulut, tapi juga enak buat mata!

5. Buah Blueberry

Terakhir, ada buah Blueberry. Menurut Sight Research UK, buah ini kaya antioksidan yang bagus banget buat lambatkan proses degenerasi mata. Oleh karena itu, makan blueberry itu baik banget buat jaga kesehatan mata dan cegah mata cepat rusak atau tua.

Jadi, itu dia kombo bahan herbal di Eyebost yang bikin mata kita bisa lebih sehat dan jernih. Dengan semua bahan alami itu, Eyebost ini kayak pelindung mata kita dari serangan zaman modern. Keren, kan? Let’s keep our eyes happy and healthy with Eyebost!

Manfaat Eyebost Menurut Tika Widya, Si Penulis Lepas

obat mata herbal paling ampuh

Sumber gambar: Eyebost

Oke, di sini, aku mau cerita nih tentang pengalamanku pake Eyebost. Ini bukan sembarang obat mata, loh. Efeknya itu cukup bikin aku terkagum-kagum apalagi buat aku yang harus berhadapan dengan komputer lebih dari 12 jam sehari karena bekerja sebagai penulis lepas. 

Jadi, gini manfaat Eyebost dari pengalamanku sendiri:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Pertama dan yang paling penting, Eyebost ini berlaku seperti tameng buat mata. Dengan rutin pakai, aku merasa mataku jadi lebih sehat. Nggak gampang lelah meski harus berjam-jam depan layar komputer karena kerjaan aku sebagai seorang penulis lepas.

2. Mengatasi Iritasi Mata

Dulu, mataku gampang banget merah dan iritasi, meskipun aku sebenarnya sudah pakai kacamata anti radiasi selama menulis. Tetapi, setelah pakai Eyebost, wah, beda banget! Iritasinya berkurang, dan mataku jadi lebih nyaman. Aku jadi jarang banget merasa perih seperti kelilipan di malam hari. 

3. Mencegah Radikal Bebas

Tahu kan, radikal bebas itu musuh besar buat semua bagian tubuh, termasuk mata. Obat mata herbal paling ampuh ini bantu banget buat melawan efek buruk dari lingkungan, seperti polusi atau paparan sinar matahari yang berlebihan. 

4. Menyegarkan Mata

Ini nih yang aku suka. Setiap kali pakai Eyebost, mataku langsung terasa lebih segar. Rasanya kayak habis cuci muka pake air dingin di pagi hari. Mata langsung “melek” dan siap menghadapi tugas-tugas harian seorang penulis lepas.

5. Mengatasi Masalah Mata

Dari yang ringan seperti mata kering dan lelah, sampai yang lebih serius seperti gejala mata minus, Eyebost ngebantu banget buat mengurangi masalah-masalah itu. Aku sendiri merasa penglihatanku jadi lebih tajam.

6. Mencegah Mata Minus

Ini sih bonus. Buat yang belum mengalami mata minus, Eyebost ini bisa kamu konsumsi harian untuk mencegah mata minus. Namun, yang lebih penting lagi, buat yang matanya sudah terlanjur minus seperti aku, Eyebost ini memberi perlindungan biar minusnya nggak nambah lagi. Dan ternyata, beneran efektif! Penglihatanku stabil, dan mataku sudah nggak tambah buram.

Jadi, buat kalian yang masih ragu, Eyebost itu worth it banget. Selain bahan-bahannya alami, manfaatnya itu luar biasa. Mataku jadi lebih sehat, segar, dan jernih. Seriously, give it a try and feel the difference!

Cara Penggunaan Obat Mata Herbal Paling Ampuh, Eyebost 

Nah, buat kalian yang penasaran gimana sih cara pakai Eyebost yang bener, tenang aja, aku akan kasih tau cara pakainya yang super gampang dan praktis. Eyebost ini bisa dipakai buat semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Yuk, simak baik-baik!

Buat Anak-Anak (2 sampai 11 tahun)

Cukup 1 sendok teh aja, sekali sehari. Gampang kan? Pastiin diminum tiap hari biar mata si kecil sehat terus. Ini juga bagus banget buat si kecil yang sudah setiap hari terekspos gadget

BACA JUGA:   Review Arvahub: Virtual Office Jakarta Jadi Rahasia Sukses Freelancer

Buat Remaja sampai Orang Dewasa (12 tahun ke atas)

Nah, buat kita yang lebih tua, takarannya naik dikit, jadi 2 sendok teh, juga sekali sehari. Ini buat memastikan mata kita dapat nutrisi yang cukup.

Catatan Penting Nih!

  • Waktu Minum: Kamu sebaiknya minum Eyebost di malam hari, sekitar 1 jam sebelum tidur. Jadi, sambil relaksasi, mata kalian juga ikutan dibikin rileks sama Eyebost.
  • Penyimpanan: Jangan simpan Eyebost di kulkas, ya! Biarin aja di tempat yang sejuk dan kering.
  • Pake Sendok yang Bener: Ini penting, loh! Saat minum Eyebost, kamu harusnya pakai sendok yang bukan dari besi. Bisa pakai yang plastik, keramik, atau kayu. Kenapa? Biar kualitasnya tetep terjaga dan nggak bereaksi dengan besi.

Nah, cara pakainya simple banget kan? Nggak ribet, dan yang penting, mata kalian bisa terjaga kesehatannya. Jadi, buat kalian yang lagi nyari solusi buat mata yang sehat, obat mata herbal paling ampuh ini bisa jadi jawabannya.

Tips Tambahan untuk Menjaga Kesehatan Mata 

Tips tambahan untuk menjaga kesehatan mata

Infografis oleh Tika Widya

Oke, jadi udah tau kan cara pake Eyebost yang bener? Tapi, biar mata kalian makin top dan sehat, ada beberapa tips tambahan nih yang harus kalian cobain. Nggak susah kok, dan pastinya bakal bantu banget buat kesehatan mata kalian. Check this out:

1. Latihan Mata

  • Fokus dan Relaksasi: Coba fokuskan pandangan ke satu titik, terus perlahan-lahan relaksasi mata. Ini bisa bantu kurangi tekanan di mata kalian.
  • Latihan Penglihatan Perifer: Usahakan untuk berlatih melihat hal-hal yang ada di sisi pandangan kalian tanpa harus memalingkan kepala. Ini akan membantu penglihatan samping mata kalian.
  • Latihan Berkedip Berkala: Kedipin mata secara teratur buat jaga mata tetap lembab. Ini penting banget, terutama buat kalian yang suka lupa berkedip pas lagi liat layar.

2. Konsultasi Dokter

Buat pastiin mata kalian selalu dalam kondisi terbaik, jangan lupa konsultasi ke dokter mata secara reguler ya, paling nggak 6 bulan sekali. Ini bisa bantu deteksi dini masalah mata dan dapetin solusi yang tepat.

3. Penggunaan Gadget

  • Batasin Waktu Penggunaan: Coba deh, batasi penggunaan gadget kalian. Misalnya, 3 x 1 jam sehari. Ini buat kasih waktu istirahat buat mata kalian.
  • Pakai Fitur Dark Mode: Kalo bisa, gunakan fitur dark mode di gadget kalian. Ini bisa kurangi paparan cahaya biru yang bikin mata cepat lelah.

4. Edukasi Diri

Luangkan waktu untuk membaca informasi seputar kesehatan mata di situs artikel Eyebost. Dengan memperkaya pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan mata, kamu bisa lebih proaktif dalam melindungi mata dari berbagai risiko yang mungkin timbul akibat penggunaan gadget berlebihan.

Nah, dengan kombinasi rutin minum Eyebost dan ngikutin tips-tips di atas, mata kalian bisa lebih sehat dan kuat. Ingat ya, kesehatan mata itu penting banget, jadi jangan sampai terabaikan.

Mata adalah Jendela Dunia

Mulai dari menikmati pemandangan indah, membaca buku favorit, sampai menulis—semuanya butuh mata. Mata jadi alat utama kita untuk menyerap segala informasi dan keindahan yang ada di dunia ini. Buat penulis seperti aku, mata malah jadi modal kerja yang utama. 

Makanya, menjaga kesehatan mata itu penting banget. Jangan sampai kita abai dan akhirnya merasakan penyesalan karena nggak merawatnya dengan baik. Dengan rutin minum Eyebost dan menerapkan tips-tips kesehatan mata, kita bisa jaga ‘jendela dunia’ kita ini tetap jernih dan sehat.

obat mata herbal paling ampuh

Sumber gambar: Eyebost

Jadi, yuk, mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan mata di era digital. Tujuannya tentu saja agar kita bisa terus menikmati semua keajaiban dunia ini tanpa halangan. Ingat, mata kita itu berharga! Jadi, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena nggak merawatnya dengan baik sejak dini. 

Rutinlah minum obat mata herbal paling ampuh, Eyebost. Let’s keep our eyes healthy and enjoy the beauty of the world through our clear and healthy windows!

Referensi:

  1. (n.d.). Madu Eyebost | Vitamin Mata Alami Terbaik Untuk Mata. Retrieved February 12, 2024, from https://eyebost.id/ 
  2. (2023, March 2). Marigold Extract for Eyes: A Natural Remedy for Vision Health – Blog. Retrieved February 12, 2024, from https://si.qyherb.com/info/marigold-extract-for-eyes-a-natural-remedy-fo-80505336.html 
  3. Blueberries for eye health. (n.d.). Sight Research UK. Retrieved February 12, 2024, from https://www.sightresearchuk.org/nutrition/blueberries-good-for-your-eyes/ 
  4. Frye, S. N. (n.d.). 20-20-20 rule: How to prevent eye strain. Medical News Today. Retrieved February 12, 2024, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/321536#how-to-use-it 
  5. How blue light affects your eyes, sleep, and health. (2022, August 3). UC Davis Health. Retrieved February 12, 2024, from https://health.ucdavis.edu/blog/cultivating-health/blue-light-effects-on-your-eyes-sleep-and-health/2022/08 
  6. Hu, J. (2023). Efficacy and safety of manuka honey for dry eye. 10.1080/08164622.2022.2106779 
  7. Ikram, A. (2020, October 19). Eyes Tired due to gadgets- Here Are 5 Ways for You to Prevent. Ciputra SMG Eye Clinic. Retrieved February 12, 2024, from https://ciputrasmgeyeclinic.com/en/tired-eyes-due-to-gadgets/ 
  8. Kosehira, M., Machida, N., & Kitaichi, N. (2020). A 12-Week-Long Intake of Bilberry Extract (Vaccinium myrtillus L.) Improved Objective Findings of Ciliary Muscle Contraction of the Eye: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled, Parallel-Group Comparison Trial. Nutrients MDPI. 10.3390/nu12030600 
  9. Sheppard, A. L., & Wolffsohn, J. S. (2018). Digital eye strain: prevalence, measurement and amelioration. BMJ Open Ophthalmology. 10.1136/bmjophth-2018-000146 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *