7 cara networking dan cari kerja buat apoteker di bangka

Setelah lulus jadi apoteker, kamu tentu harus masuk bursa kerja. Nah, agar lancar cari kerja untuk apoteker, ilmu farmasi saja tidak cukup, loh. Kamu juga harus paham tentang bagaimana membangun networking profesional yang kuat. 

Artikel ini bakal membahas tujuh cara efektif untuk memperluas jaringan dan cari kerja untuk apoteker di Bangka.

1. Daftar PAFI Bangka

Untuk memulai langkahmu dalam membangun jaringan profesional sebagai apoteker di Bangka, kamu harus mendaftar jadi anggota Persatuan Apoteker Indonesia (PAFI) cabang Bangka. 

Ini adalah beberapa langkah praktis untuk ikut pafibangka:

  • Kunjungi Situs Resmi – Buka situs resmi PAFI Bangka, di mana kamu bisa menemukan formulir pendaftaran dan informasi lebih lanjut.
  • Isi Formulir Pendaftaran – Lengkapi semua informasi yang diminta di formulir pendaftaran, termasuk data pribadi dan kualifikasi profesionalmu.
  • Lakukan Pembayaran Biaya Keanggotaan – Biaya keanggotaan biasanya terjangkau dan detail pembayarannya akan tercantum di situs atau formulir pendaftaran.
  • Tunggu Konfirmasi Keanggotaan – Setelah mengirimkan formulir dan melakukan pembayaran, kamu akan menerima email konfirmasi keanggotaan. Jangan lupa untuk mengecek inbox dan spam folder.

Sebagai anggota PAFI Bangka, kamu akan mendapatkan:

  • Networking – bisa terhubung dengan apoteker lain di seluruh Bangka melalui acara, pertemuan, dan forum diskusi.
  • Informasi Eksklusif – Dapatkan informasi terbaru tentang kebijakan farmasi, peluang kerja, dan perkembangan industri yang relevan.
  • Pelatihan dan Sertifikasi – Ikuti pelatihan dan dapatkan sertifikasi yang dapat memperkuat CV dan kompetensimu.
BACA JUGA:   Ulasan ROG Strix Scar 16, Laptop Gaming Performa Kencang

Dengan langkah-langkah ini, kamu akan menjadi bagian dari komunitas profesional dan memperluas peluangmu bekerja di dunia farmasi.

2. Hadiri Event Networking

Menghadiri event networking adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas jaringan profesionalmu. Di Bangka, banyak event yang bisa membantu kamu bertemu dan berinteraksi dengan para profesional farmasi lainnya. 

Ini beberapa tips untuk memanfaatkan event networking secara maksimal:

  • Pertama, cari tahu tentang event yang relevan dengan industri farmasi. Event ini bisa berupa konferensi, seminar, workshop, atau bahkan acara amal yang dihadiri oleh banyak profesional kesehatan.
  • Selanjutnya, perhatikan bahwa banyak event yang membutuhkan pendaftaran terlebih dahulu. Pastikan kamu mendaftar dan, jika perlu, membayar biaya partisipasi sebelum acara.
  • Sebelum acara, siapkan diri dengan mempelajari lebih lanjut tentang peserta dan perusahaan yang akan hadir. Buat daftar pertanyaan atau topik yang ingin kamu diskusikan dengan mereka.
  • Bawa kartu nama. Kartu nama adalah cara yang efektif untuk memudahkan orang lain menghubungimu setelah acara.
  • Jangan hanya menjadi pendengar. Aktiflah dalam diskusi, tanyakan pertanyaan, dan tunjukkan keahlianmu. Ini akan membantu kamu membangun kesan positif di mata kolega dan potensial atasan.
  • Setelah event, jangan lupa untuk mengirimkan email atau pesan sebagai tindak lanjut kepada orang-orang yang kamu temui. Sebutkan tentang perbincangan yang kamu lakukan dengan mereka di event tersebut dan ungkapkan minatmu untuk menjaga komunikasi.

3. Siapkan Rencana

Memiliki rencana yang matang sebelum menghadiri sebuah event networking dapat membuat kegiatan tersebut lebih efektif. Ini contoh langkah-langkah yang bisa kamu lakukan!

  • Cari informasi tentang event tersebut, termasuk topik yang akan dibahas dan siapa saja yang akan menjadi pembicara atau peserta. Misalnya, jika kamu akan menghadiri konferensi farmasi tahunan di Bangka, kunjungi website acara untuk melihat agenda dan profil pembicara.
  • Dari daftar pembicara dan peserta, identifikasikan beberapa orang yang memiliki posisi penting atau relevan dengan tujuan kariermu. Misalnya, jika kamu tertarik dalam bidang farmasi komunitas, cari apoteker yang bekerja di apotek besar atau pemilik apotek independen.
  • Berdasarkan risetmu, siapkan beberapa pertanyaan yang ingin kamu ajukan kepada orang-orang kunci tersebut. Misalnya, kamu bisa bertanya kepada seorang apoteker komunitas tentang tantangan dalam mengelola apotek di daerah pedesaan atau bagaimana teknologi baru mempengaruhi praktik farmasi mereka.
  • Pikirkan cara terbaik untuk mendekati orang-orang ini selama event. Kamu mungkin bisa mengikuti sesi dimana mereka berbicara dan mendekati mereka saat sesi tanya jawab, atau mencari kesempatan untuk berbicara secara pribadi selama sesi istirahat.
BACA JUGA:   6 Alasan Menggunakan Cat Tembok Sunguard All-In-One

4. Ingat Tujuanmu

Saat menghadiri event, selalu ingat tujuan utamamu: membuat koneksi yang berharga. Nah, ini tips untuk memaksimalkan kehadiranmu!

  • Pilih pakaian yang mencerminkan profesionalisme. Pakaian formal atau business casual seringkali menjadi pilihan yang tepat.
  • Tunjukkan ketertarikanmu dengan cara mendengarkan secara aktif. Ini menunjukkan rasa hormat dan keinginan untuk belajar dari orang lain.
  • Jangan ragu untuk bertanya tentang perkembangan terbaru di industri farmasi atau apa yang dicari oleh perekrut dari calon apoteker.

5. Eksplorasi Lingkungan Kerja Baru

Industri farmasi sangat luas dan penuh dengan peluang. Makanya, kamu harus pandai-pandai mencari, caranya: 

  • Cari tahu tentang berbagai jenis lingkungan kerja seperti pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, laboratorium riset, atau perusahaan farmasi.
  • Gunakan koneksi yang sudah ada atau yang baru kamu buat untuk mendapatkan wawasan tentang peluang di tempat-tempat baru ini.

6. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah alat yang kuat untuk networking. Kamu juga harus memanfaatkannya dengan cara: 

  • Pastikan profil LinkedInmu mencerminkan pengalaman dan keterampilan terkini. Gunakan juga untuk terhubung dengan rekan sekelas dan profesional lain di industri.
  • Bergabung dengan grup LinkedIn atau Facebook yang berfokus pada farmasi untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi tentang peluang kerja.

7. Hadiri Event Langsung

Menghadiri event langsung memberikan peluang untuk bertemu langsung dengan pelaku industri. Berikut beberapa tips:

  • Carilah job fair di Bangka. Event-event ini sering menawarkan peluang untuk bertemu langsung dengan perekrut. 
  • Selama event, jangan takut untuk bertanya dan menunjukkan keingintahuanmu tentang peluang yang tersedia.

Dengan mengikuti tujuh langkah ini, kamu akan memperluas networking profesionalmu dan meningkatkan peluang untuk menemukan karir impian sebagai apoteker di Bangka. Itulah cara-cara praktis cari kerja untuk apoteker. Selamat berjejaring dan semoga sukses dalam karir farmasimu!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *