Cara Memulai Bisnis Kambing dalam 5 Langkah MudahCara Memulai Bisnis Kambing dalam 5 Langkah Mudah

Bisnis ternak dan jual kambing memberikan peluang kepada para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan yang mumpuni. Demand yang berlimpah memang jadi salah satu alasan mengapa bisnis kambing menjadi bisnis yang “nggak ada matinya”

Di Indonesia sendiri, masyarakat selalu berlomba-lomba membeli kambing pada saat Idul Adha. Namun, bukan hanya di momen itu saja pebisnis kambing dapat meraup keuntungan. Permintaan daging kambing tersedia secara reguler karena adanya kebutuhan dari bisnis kuliner yang marak menjual olahan daging kambing. Jadi, kamu tidak perlu lagi meragukan pasarnya. Ternak kambing sudah punya pasar yang luas dan peluang yang menarik.

Kendati demikian, tidak semua orang lalu sukses ternak kambing. Masalahnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan juga. Terlebih lagi, usaha ini berkaitan dengan makhluk hidup, yang tentu saja membutuhkan perawatan dan perlakuan khusus untuk dapat menghasilkan. 

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Mulai Ternak Kambing!

Nah, kamu bisa menyimak beberapa langkah ternak kambing dalam artikel ini untuk mengurangi risiko gagal beternak kambing. Jadi, apa saja yang perlu kamu perhatikan? 

5 langkah bisnis kambing

Baca Juga: Cara Perawatan dan Harga Domba Dorper 2022

1. Lokasi untuk Ternak Kambing

Semua orang pasti tahu bahwa lokasi menentukan prestasi. Oleh karena itu, kamu juga harus pkamui menemukan lokasi yang tepat untuk ternak kambing. Terlebih lagi, kandang kambing mungkin berbau dan dapat mengganggu sekitaran. 

Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat ingin ternak kambing:

  • Cari lokasi yang jauh dari area pemukiman warga.
  • Hindari lokasi yang dekat dengan fasilitas publik seperti sumber air, sekolah, pabrik dan lain-lain.
  • Pilih lahan kosong dengan lokasi jauh dari area-area warga.
  • Selanjutnya, siapkan orang untuk menjaga lokasi ternak agar aman dan proses penggembalaan mudah. 
BACA JUGA:   Pengalaman Pribadi dengan Glucoflime: Bagaimana Saya Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Hidup Saya

Lahan kosong bisa jadi tempat terbaik karena kamu bisa menghindari protes dari masyarakat yang terganggu dengan polusi bau. Namun, kamu tetap harus menyiapkan orang yang akan menjaga peternakan agar aman dari pencuri maupun pemangsa kambing. 

2. Memilih Jenis Kambing 

pilih jenis kambing

Ada banyak jenis kambing yang bisa kamu beli di Indonesia. Kamu bisa memilih antara kambing lokal atau beternak kambing import sekalian. Perlu kamu ingat bahwa setiap kambing punya spesifikasi masing-masing. Jadi, perhatikan dulu karakteristiknya sebelum menentukan pilihan!

Jenis- Jenis Kambing Lokal Indonesia

  • Gibas – kuat dan tahan cuaca ekstrem
  • Etawa – penghasil susu kambing yang kaya manfaat
  • Kambing kacang – jenis kambing yang paling umum di Indonesia
  • Kambing jawa – penghasil susu sekaligus daging untuk qurban dan aqiqah. 

Jenis-jenis Kambing Import

  • Boer – penghasil daging yang tumbuh besar dalam waktu singkat.
  • Saanen – kambing penghasil susu yang ramah dengan manusia.
  • Anglo Nubian – penghasil susu terbaik asal Afrika.
  • Alpine – kambing lincah yang juga menghasilkan susu berkualitas.
  • Nigerian Dwarf – produksi susu sekaligus bisa dijadikan hewan piaraan.

Kambing lokal mungkin lebih kuat dan tahan cuaca Indonesia. Namun, kambing import biasanya punya kelebihan dalam hal produksi yang berlimpah. Kendati demikian, pastikan bahwa kamu hanya membeli kambing import yang asli dan bersertifikasi sehingga aman dari wabah penyakit. 

3. Membangun Kandang Kambing

bangun kandang

Setelah kamu menemukan lahan tepat untuk peternakan serta memilih jenis kambingnya, kini kamu harus membangun kandang untuk para kambing. Tentu saja, ukuran kandang harus sesuai dengan jenis kambing yang kamu pilih, ya! Jadi lakukan ini setelah kamu benar-benar sudah menentukan jenis kambingnya. 

BACA JUGA:   10 Manfaat Latihan Menembak dan Rekomendasi Klub Terbaik

Selanjutnya, ada sedikit tips yang bisa kamu terapkan saat membangun kandang kambing. Apa saja itu?

  • Pertama-tama, pilihlah tempat yang kering dan tinggi untuk membangun kandang kambing. 
  • Selanjutnya, usahakan lantai kandang selalu kering.
  • Pastikan kambing mendapatkan sirkulasi cahaya dan udara yang baik.
  • Sebisa mungkin bersihkan dan keringkan kandang secara berkala agar bebas dari lembab. 
  • Lindungi kandang dari air hujan.
  • Kemudian hindari memilih bahan atap yang akan menimbulkan panas. 
  • Kandang harus kuat dan nyaman, cek dulu kekuatannya sebelum mulai beternak kambing.
  • Yang terakhir, sesuaikan besar kandang dengan jenis kambing.

4. Membeli Kambing 

Proses pembelian kambing akan terasa lebih nyaman jika kamu memilih tempat jual kambing yang berpengalaman. Jangan asal beli! Pastikan kambing yang kamu beli bebas dari penyakit dan punya mutu terbaik. 

Sebagai referensi, kamu dapat melakukan pembelian kambing import dari Gibas Barokah (GB Farm). Situs ini menyediakan kambing import asli yang sudah punya sertifikat purebred asosiasi. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi dengan genetik kambing impor yang akan dibeli. Semuanya asli dari Australia dan sampai ke Indonesia dalam kondisi terbaik. 

Lebih daripada itu, GB Farm juga menjamin pengiriman kambing ke lokasi peternakan. Jadi, kamu tidak perlu repot mengambil sendiri. Cukup pesan kambing via website dan kamu akan segera mendapatkannya dalam waktu singkat.

Baca Juga: Ternak Domba Dorper Fullblood Bersertifikat Bersama GB Farm

5. Merawat Kambing 

perawatan yang baik

Merawat kambing akan jadi lebih mudah jika kamu memiliki bibit kambing yang berkualitas. Terlebih lagi, kambing dengan indukan yang jelas memang rata-rata lebih aman dari penyakit. Kendati demikian, induk bukan satu-satunya faktor penentu kesehatan kambing. Perhatikan beberapa hal ini saat merawat kambing:

  • Gembalakan kambing di siang hari agar mereka dapat merasakan udara bebas dan mencari makan sendiri. 
  • Pastikan stok makanan tersedia untuk kebutuhan pakan malam hari.
  • Berikan vitamin secara berkala.
  • Pastikan kandang dibersihkan secara teratur dan bebas dari lembab. 
BACA JUGA:   Ruang Penyimpanan Kulkas Penuh? Miliki Polytron Kulkas 2 Pintu Belleza Varia Jumbo Ini

Akhir Kata 

Bisnis kambing bisa jadi salah satu usaha yang menghasilkan pendapatan tinggi. Namun, kamu juga harus memberi perhatian pada pemilihan dan perawatan kambing. Untuk mendapatkan hasil terbaik, usahakan selalu membeli bibit kambing kualitas tinggi dari GB Farm. GB Farm hanya jual kambing dan domba import yang asli dan tersertifikasi. Beli sekarang! 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *