Cara Ingat Terus Jadwal Imunisasi Anak bersama Susu SGMCara Ingat Terus Jadwal Imunisasi Anak bersama Susu SGM

Melindungi kesehatan anak adalah prioritas semua keluarga. Oleh karena itu, kita semua wajib memberikan imunisasi anak sesuai dengan usianya. Terlebih lagi, imunisasi adalah cara terbaik untuk memastikan kesehatan si buah hati. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan semua jadwal imunisasi dasar dan melindungi kesehatan anak! 

Latar Belakang Imunisasi

Menghargai keamanan dan kesehatan anak membuat kamu harus mengambil setiap tindakan pencegahan untuk memastikannya. Oleh karena itu, Susu SGM akan membantu kamu menghargai kesehatan keluarga, terutama anak-anak dengan menyediakan pengingat jadwal imunisasi. 

Imunisasi adalah metode pencegahan penyakit yang paling efektif untuk anak-anak. Kamu harus mulai merencanakan jadwal vaksinasi dasar anak sesegera mungkin setelah lahir, karena bayi dan balita lebih rentan terhadap penyakit. Dengan demikian, mengimunisasi anak-anak menjadi cara yang bagus untuk menjaga kesehatan orang yang kamu cintai dan masyarakat.

Oleh karena itu, program imunisasi bertujuan untuk membantu mengurangi prevalensi penyakit. Ada program vaksinasi nasional di setiap negara anggota WHO untuk memerangi penyebaran penyakit dan meningkatkan kesehatan warganya. Program imunisasi untuk anak di Indonesia diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.

Untuk membantu memberikan saran kepada institusi kesehatan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menerbitkan rekomendasi jadwal vaksinasi. IDAI mengumpulkan saran ini setelah meninjau pembaruan program vaksinasi di seluruh dunia dan temuan penelitian. Jadi, IDAI merevisi rekomendasinya, termasuk jadwal vaksinasi tahun 2020. Inilah yang nantinya  bisa kamu dapatkan dari pengingat jadwal imunisasi Susu SGM. 

Pengertian Imunisasi

Imunisasi anak adalah pemberian vaksin kepada anak untuk mencegah penularan penyakit tertentu. Vaksin adalah zat yang berfungsi membantu membentuk kekebalan tubuh atau imunitas terhadap infeksi sejumlah penyakit menular. Vaksin berasal dari kuman yang dilemahkan atau dimatikan.

BACA JUGA:   Review Sunscreen Emina untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Indonesia mengenal konsep imunisasi rutin lengkap yang terdiri atas dua jenis imunisasi, yaitu dasar dan imunisasi lanjutan. Pelaksanaan dua jenis imunisasi anaknya sendiri bergantung pada usia anak. Lebih daripada itu, Anak memerlukan imunisasi dasar sebagai langkah pencegahan utama. 

Manfaat Imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu cara melawan penyakit serius. Jika sudah mendapat imunisasi, tubuh akan lebih mampu menghadapi dan mengalahkan infeksi penyakit. Jadi, terdapat dua manfaat imunisasi yang utama, yakni bagi anak dan bagi masyarakat umum.

Ketika anak mendapat imunisasi, mereka telah membantu melindungi kesehatan masyarakat umum secara keseluruhan. Terlebih lagi, saat ada banyak orang dalam suatu komunitas yang kebal terhadap infeksi, maka penyakit itu akan sulit menyebar. Kondisi ini disebut sebagai herd immunity atau kekebalan komunitas. Jadi secara tidak langsung anak yang menerima imunisasi telah berkontribusi terhadap komunitasnya dalam hal kesehatan.

Pengingat Jadwal Imunisasi SGM 

Susu SGM punya cara sendiri untuk berkomitmen pada kesehatan anak Indonesia. Oleh karena itulah, Susu SGM menghadirkan aplikasi pengingat jadwal imunisasi yang bisa kamu akses dengan klik di sini

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengingat jadwal dan mencatat imunisasi secara interaktif. Jadi, kamu tidak akan lupa lagi dengan jadwal imunisasi yang harusnya sudah didapatkan si buah hati. 

Aplikasi menarik ini punya 3 keunggulan yang tentu saja tidak boleh kamu lewatkan! Apa saja itu? 

  1. Fitur Whatsapp Reminder – kamu akan mendapatkan pengingat jadwal imunisasi lewat whatsapp sehingga kamu tidak akan lagi terlewat. 
  2. Daftar imunisasi lengkap – ada daftar imunisasi lengkap untuk anak termasuk imunisasi dasar dan tambahan. 
  3. Catatan imunisasi – selain mengingatkan, Susu SGM juga akan menyimpan riwayat imunisasi anak sehingga kamu tidak akan kehilangan catatan lengkapnya 
BACA JUGA:   4 Bubur Ayam Terenak di Bali

Apa saja Jadwal Imunisasi yang Bisa Kamu dapatkan dari Susu SGM? 

Nah, berikut ini adalah imunisasi yang terdaftara dalam Pengingat Jadwal Imunisasi Susu SGM! 

Imunisasi Dasar

  • Hepatitis B 
  • Polio 
  • BCG 
  • DTP 
  • HiB 
  • MR/MMR

Imunisasi Tambahan 

  • Rotavirus 
  • PCV 
  • Influenza 
  • Tifoid 
  • Hepatitis A 
  • Varisela 
  • Japanese Encephalitis

Lengkap sekali kan, bunda? Jadi, jangan ragu lagi! Kamu bisa langsung mendaftarkan diri di Pengingat Jadwal Imunisasi SGM dengan klik di sini

Akhir Kata

Berbagai jenis masalah kesehatan dapat memengaruhi anak-anak seiring bertambahnya usia. Penyakit menular adalah salah satunya. 

Beberapa penyakit menular jauh lebih tidak berbahaya daripada yang lain. Sayangnya, meskipun ada kemajuan dalam bidang kedokteran, banyak masalah berbeda masih bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang serius bagi anak-anak. Jadi, jangan anggap remeh imunisasi! 

Kematian anak akibat penyakit menular seperti campak dan polio umum terjadi sebelum imunisasi tersedia secara luas. Program imunisasi telah terbukti efektif dalam menurunkan tingkat kematian terkait penyakit yang dapat dicegah, rawat inap, dan cacat permanen. Oleh karena itu, vaksinasi dapat membantu anak-anak dengan memberikan perlindungan terbesar terhadap penyakit berbahaya, memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan orang tua.

Pengingat Jadwal Imunisasi Susu SGM menjadi solusi untuk memberitahu kamu kapan saat yang tepat imunisasi anak. Jadi, kamu tidak akan lupa dan terus berkontibusi terhadap perlindungan kesehatan anak dan lingkungan sekitarmu! 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *