Membuat undangan saat akan menggelar pernikahan adalah salah satu hal terpenting yang tidak bisa kamu lewatkan. Selain untuk menjangkau semua saudara hingga rekan kerjamu, undangan pernikahan juga merupakan ciri khas dari pernikahanmu.

Namun, sudah ada banyak perubahan yang terjadi di dunia undangan pernikahan. Salah satu contohnya adalah sekarang, sudah banyak orang beralih dari undangan bentuk fisik (seperti amplop, kartu, dan semua bentuk yang dapat kamu sentuh) ke bentuk undangan digital.

Apa itu Undangan Pernikahan Digital?

undangan pernikahan digital

Undangan pernikahan digital atau online wedding invitation adalah undangan elektronik yang dapat kamu kirimkan via daring (online) untuk semua orang yang hendak kamu undang.

Dengan kata lain, kamu dapat mengirim undangan tersebut melalui berbagai media sosial yang kamu miliki. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp. Selain itu, kamu juga dapat mengirimkannya melalui media-media mengirim pesan seperti Email, SMS, dan lain-lain. Sehingga, sejauh apapun temanmu, kamu dapat menjangkaunya dengan mudah dan cepat.

Karena cara pengiriman serta bentuknya yang praktis, oleh karena itulah banyak orang yang beralih dari undangan konvensional yang masih menggunakan kartu ke bentuk digital.

Selain itu, ada beberapa benefit dari penggunaan undangan pernikahan digital. Tidak hanya untuk keluarga mempelai dan tim Wedding Organizer, tapi juga untuk lingkungan sekitar. Berikut ulasannya!

Benefit Undangan Pernikahan Digital

Adapun keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan undangan pernikahan model digital adalah sebagai berikut.

Mudah Untuk Kamu Sebarluaskan

Salah satu proses yang paling sulit dan memakan waktu banyak saat persiapan pernikahan adalah proses penyebaran undangan. Selain membutuhkan banyak tenaga yang harus membantu untuk menyebarkan undangan, kamu juga memerlukan alamat setiap rumah atau tempat bekerja rekan-rekanmu. Sehingga, kamu dapat mengirimkan undangan ke alamat yang tepat.

BACA JUGA:   5 Places You Haven’t Visited in Ubud and The Best Place to Stay!

Selain itu, kamu juga memerlukan banyak waktu untuk melakukan hal ini. Karena, tidak mungkin kamu dapat mengundang seluruh teman dalam jumlah banyak dan menyebarkan undangannya dalam satu hari saja. Maka, akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia di jalan dan tenaga yang harusnya kamu gunakan untuk mempersiapkan hal lain di rumah (seperti mengatur dekorasi) harus banyak tersita saat menyebarkan undangan.

Nah, jika kamu menggunakan undangan digital, kamu dapat menyebarkan undangan hanya dari rumah. Yakni, memanfaatkan media sosial dan aplikasi mengirim pesan yang kamu miliki. Yang kamu perlukan hanya akun media sosial teman-teman yang ingin kamu undang atau nomor ponselnya. Cukup mudah, bukan?

Aman di Kantong

Selanjutnya, jika kamu menggunakan undangan digital, pastinya kamu dapat meminimalisir pengeluaran yang seharusnya banyak membengkak untuk kartu undangan.

Hal ini karena mencetak kartu undangan biasanya dihitung perbiji, ada juga yang menggunakan paket. Tetapi, semakin rumit undangan yang kamu desain, maka semakin mahal pula biaya cetak yang harus kamu bayarkan. Selain itu, kamu juga harus memilih bahan sesuai dengan keinginanmu tetapi yang pas di kantong. Inilah salah satu kesulitan yang akan kamu hadapi jika kamu menggunakan undangan konvensional.

Terlebih lagi jika nanti undanganmu sudah tidak digunakan lagi, maka para undangan akan membuangnya begitu saja. Hal ini juga akan mencemari lingkungan karena menambah sampah kertas atau karton.

Maka, akan lebih praktis dan hemat jika kamu menggunakan undangan dalam bentuk digital. Kamu juga dapat mendesain undangan sesuai dengan keinginanmu, tetapi kamu tidak akan mengeluarkan biaya cetak. Kamu hanya memerlukan biaya untuk membayar jasa desain saja.

Dapat Mengetahui Jumlah Undangan Yang Akan Datang

Yang terakhir, benefit yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih untuk menggunakan undangan pernikahan digital adalah kamu dapat mengetahui jumlah undangan yang akan datang.

Kamu dapat menambahkan kolom RSVP beserta batas pengisiannya pada undangan digital, yang nantinya akan mengarah langsung ke media pengumpulan data peserta undangan. Sehingga, kamu akan dengan mudah mengetahui siapa saja temanmu dan berapa orang yang akan hadir. Selain itu, ini juga akan mempermudah untuk menyiapkan cadangan makanan, minuman, atau souvenir di hari acara berlangsung.

BACA JUGA:   KRAFT Crolette: Cara Bunda Berterima Kasih Kepada Diri Sendiri dan Keluarga

Selanjutnya, kamu telah mengetahui benefit dari undangan pernikahan digital. Maka berikut adalah cara yang dapat kamu terapkan jika hendak menggunakan undangan pernikahan digital.

Jika kamu sudah mengetahui tips dalam mengisi undangan pernikahan digital, maka sekarang kamu dapat menentukan website pernikahan online yang akan kamu gunakan untuk buat undangan digital gratis maupun berbayar.

Salah satu website dan aplikasi terbaik yang dapat kamu pilih sebagai media untuk membuat undangan pernikahan digital adalah Wedew!

Wedew, Aplikasi Untuk Membuat Undangan Pernikahan Digital

undangan pernikahan digital

Wedew merupakan penyedia website nikah sekaligus aplikasi yang dapat membantumu untuk merancang berbagai kartu undangan digital, termasuk undangan pernikahan digital.

Di Wedew, kamu dapat memilih berbagai macam template yang tersedia di portofolionya. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan isi dari undanganmu, sesuai dengan tema pernikahan. Pokoknya, sesuka hati dan selera pengantin!

Masalah harga, kamu tidak perlu khawatir. Karena, Wedew memberikan berbagai paket undangan yang menarik dan harganya terjangkau! 

Kamu akan mendapatkan paket dengan rincian berupa jumlah undangan, via pengiriman yang akan digunakan, hingga website khusus untuk pernikahanmu saja! Tak hanya itu, Wedew juga menyediakan fitur angpao cashless yang memungkinkanmu menerima angpao tanpa ribet-ribet lagi! 

Salah satu paket yang ditawarkan adalah Paket Kasih, yakni menyediakan 50 tamu undangan, 10 email, dan 1 aplikasi untuk menerima tamu. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan satu website untuk pernikahanmu, background music, maps atau lokasi, countdown, dan galeri untuk mencantumkan foto venue atau photoshoot prewedding-mu. 

Untuk harganya, tenang saja, yang satu ini GRATIS! Alias, kamu tidak perlu membayar jika kamu ingin menggunakan paket ini!

Nah, jika kamu tertarik dengan Wedew, kamu dapat mencari informasi lebih banyak dengan mengunjungi wedew.id atau wedew.my dan melakukan pendaftaran. Kemudian, kamu dapat mengunduh aplikasinya dengan klik di sini

Cara Mengunduh dan Menggunakan Aplikasi Wedew di Ponselmu

  1. Buka App Store atau Play Store yang ada di ponselmu. Selanjutnya, ketik nama “Wedew” di kolom pencarian.
  2. Setelah itu, kamu dapat langsung mengunduh aplikasi Wedew. Pastikan ruang penyimpanan cukup untuk mengunduh aplikasinya.
  3. Jika sudah selesai terunduh, kamu dapat langsung membuka aplikasi Wedew. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan diri dengan memasukan identitas dirimu. Kamu juga dapat langsung mendaftar dengan akun Facebook, Google, dan Apple ID yang kamu miliki. Lalu, kamu akan diarahkan untuk mengisi nomor telepon dan melakukan konfirmasi kode yang akan kamu dapatkan via Whatsapp.
  4. Setelah itu, kamu dapat memulai untuk membentuk desain undangan yang kamu inginkan dengan memilih template-template yang tersedia. Kamu harus mengisikan judul, nama mempelai, dan data-data lain yang dibutuhkan.
  5. Selanjutnya, kamu dapat memilih paket yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu.
BACA JUGA:   4 Kursus Menulis Online Yang Wajib Kamu Ambil!

Cara Membuat Undangan Pernikahan Digital di Wedew

Begini cara membuat undangan di Wedew: 

  1. Pertama-tama, pastikan kamu telah mendaftar di aplikasi Wedew dengan akun Google, Apple ID, atau nomor telepon.
  2. Selanjutnya, kamu dapat mengisi kolom judul atau nama pernikahan dan tanggal pernikahan. Pastikan kamu mengisinya dengan benar.
  3. Langkah berikutnya adalah mengisi data calon mempelai pria dan wanita. Kamu dapat mengisi data ini nanti saja.
  4. Lalu, silakan mengisi detail acaramu. Mulai dari akad hingga resepsi.
  5. Nah, langkah terakhir adalah mengisi website. Kamu juga dapat memilih, apakah kamu akan membuka website-mu sekarang atau nanti.

Sangat gampang, bukan? 

Dapatkan Kode Diskon Khusus di Sini!

Wedew memberi banyak keuntungan untuk para calon pengantin. Terlebih lagi, wedew memang memungkinkanmu untuk membuat website nikah, menyebar undangan digital, secara otomatis, menerima angpao cashless, sampai menyambut tamu di lokasi acara juga

Oleh karena itu, yuk beralih dari undangan pernikahan konvensional yang masih menggunakan cetak, ke cara yang lebih praktis dan modern. 

Bareng tikawidya.com kamu bisa dapet promo undangan pernikahan digital dari Wedew, loh! Caranya gampang, cukup masukkan kode berikut pada transaksi yang kamu lakukan di Wedew: 

diskon undangan pernikahan digital

Murah meriah dan banyak promonya! Wedew satu-satunya layanan undangan pernikahan digital yang terpercaya! 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *