Bikin laporan arus kas dengan software akuntansi kledoBikin laporan arus kas dengan software akuntansi kledo

Katanya: kamu butuh cuan untuk bisa mendapatkan cuan. Mungkin ini ada benarnya. Tapi, yang pasti, kamu butuh tahu dulu caranya mengelola cuan sebelum benar-benar bisa menghasilkannya. 

Manajemen keuangan sering diabaikan oleh pejuang cuan yang baru saja membangun bisnisnya. Apalagi, kita sudah terlalu sibuk mengatur pola dan ritme bisnis sehingga tidak ada waktu yang tersisa untuk mengelola keuangan. 

Jangankan buku besar! Pejuang cuan mungkin sering melupakan arus kas. Padahal, arus kas bisa jadi indikasi penting apakah sebuah bisnis bisa benar-benar menjadi sumber penghasilan. 

Nah, dalam artikel ini, saya akan membahas soal arus kas dan bagaimana kalian bisa mendapatkan laporan arus kas yang esensial bagi bisnis dengan software akuntansi online

Yuk, Jadi #pejuangcuan Bersama Software Akuntansi Kledo!

Apa itu Arus Kas?

Arus kas adalah masuk keluarnya uang dalam sebuah bisnis. Kalian bisa melihatnya dalam laporan arus kas yang memuat data menyeluruh soal keluar masuknya uang dalam bisnis. 

Ada 3 jenis aktivitas yang bisa kamu lihat dalam laporan arus kas, yaitu:

  1. Pertama, Aktivitas operasi – arus kas dari operasional bisnis
  2. Kedua, Aktivitas investasi – arus kas dari perolehan/pembelian aset
  3. Terakhir, Aktivitas pendanaan – arus kas dari modal pemilik

Jangan salah! Semua bisnis dari yang sudah unicorn sampai yang baru mulai harus melihat laporan arus kas secara berkala. Apalagi, laporan arus kas dipercaya sebagai laporan keuangan yang paling intuitif karena membuat pemilik bisnis bisa melihat dengan jelas bagaimana kondisi sekaligus potensi usahanya. 

Arus Kas Positif vs Arus Kas Negatif

Arus Kas Positif dan Negatif
Arus Kas Positif dan Negatif

Cuan selalu datang dan pergi dalam sebuah bisnis. Makanya, para pejuang cuan harus waspada dengan kondisi arus kas terkini. 

Dalam laporan arus kas, kalian bisa mengenali datangnya cuan lewat penerimaan dari pelanggan yang membeli produk atau layanan. Sedangkan, pengeluaran bisa kamu deteksi dari pembayaran ke pemasok, biaya operasional, sewa tempat dan lain sebagainya. 

Lalu, apa itu arus kas positif dan arus kas negatif? Simple-nya begini:

  • Arus Kas Positif – terjadi saat pendapatan lebih besar dari pengeluaran
  • Arus Kas Negatif – terjadi saat pengeluaran lebih besar dari pendapatan

Tentu saja, kalau kalian ingin bisnis terus berjalan maka kalian harus mempertahankan arus kas positif. Dengan demikian, kalian bisa membayar segala biaya operasional tanpa ada masalah. 

Pada kenyataannya, bisnis tidak selamanya punya arus kas positif. Ada banyak hal yang mungkin bikin arus kas usaha jadi negatif, antara lain: 

  • Bisnis baru saja membeli alat baru untuk keperluan produksi seperti mesin atau software pendukung.
  • Ada keterlambatan pembayaran dari pelanggan. 
BACA JUGA:   Cara Ingat Terus Jadwal Imunisasi Anak bersama Susu SGM

Saat hal ini terjadi, kamu mungkin harus mempertahankan bisnis dengan cara mengucurkan lebih banyak cuan. Namun, ini tidak akan jadi masalah besar selama kamu punya rencana jelas untuk membuat arus kas jadi positif lagi. 

Nah, untuk bisnis dengan skala kecil, melihat arus kas itu harus dilakukan setiap bulan. Pasalnya, modal kita mungkin sangat terbatas. Jadi, jangan sampai keterusan beli ini itu sebelum arus kas menunjukkan tanda-tanda positif. 

Pro tip: Khusus untuk kalian yang buka bisnis restoran, warung makan, atau toko kelontong, arus kas malah harus dicek secara mingguan atau harian. Tujuannya supaya kalian dapat melihat keseimbangan uang masuk dan keluarnya dan segera mengatasi masalah (jika ada).   

Kenapa Arus Kas itu Penting untuk Pejuang Cuan?

Pentingnya arus kas
Pentingnya arus kas

Manajemen arus kas itu bukan hanya kebutuhan untuk para pejuang cuan. Kalian wajib melakukannya setiap bulan terutama buat yang baru saja mulai menjalankan bisnis. 

Jadi, kenapa arus kas itu penting? Pada dasarnya, sebuah bisnis hanya bisa beroperasi dengan uang. Oleh karena itu, kekurangan kas bisa jadi alasan utama mengapa sebuah bisnis gagal. 

Analoginya begini, bisnis kita adalah sebuah kendaraan sedangkan cuan itu bensinnya. Tentu saja, sebuah kendaraan tak akan bisa berjalan tanpa bensin. 

Nah, melihat laporan arus kas merupakan sebuah cara mengetahui berapa jumlah uang yang harus kalian siapkan agar bisnis bisa terus beroperasi. Selain itu, laporan arus kas juga bisa jadi panduan supaya kalian bisa me-manage bisnis dengan bijaksana. 

Makanya, sebuah bisnis, terutama yang masih baru, wajib melihat arus kas secara menyeluruh. Tujuannya supaya kalian dapat menyiapkan cukup cuan untuk menjalankan bisnis sebelum ada pendapatan yang masuk. 

Sayangnya, saat kamu baru saja memulai bisnis, menilik arus kas biasanya terlewatkan. Apalagi, kamu sedang sibuk-sibuknya membangun pondasi untuk bisnis. Jadi, kamu pasti akan punya banyak pengeluaran dengan sedikit sekali pemasukan.

Time vs Money

Saat saya baru saja memulai bisnis penulisan, saya sempat merasa bahwa cuan adalah segalanya. Apalagi, semua upgrade pasti butuh cuan. Tetapi, setelah beberapa saat, saya jadi tahu bahwa time is the real currency

Bagaimana tidak? Membangun pondasi untuk bisnis itu sebenarnya tidak hanya butuh uang tetapi juga ketersediaan waktu. 

Mungkin di awal kita masih bisa jumawa. “Oh, saya bisa kok ngurus ini itu dan ini dan itu dan semua-muanya.” Tetapi, selang beberapa hari, kamu pasti akan kehabisan tenaga dan malah nggak ada yang kepegang. 

Jadi, waktu itu esensial. Efektivitas waktu itu kunci!

Saat kamu baru memulai membangun bisnis, kamu pasti sibuk mengatur produksi, marketing, dan alur kerja. Ini biasanya bikin pengaturan keuangan jadi terabaikan. Apalagi, menyusun laporan keuangan itu memang ribet dan butuh waktu serta kesabaran. 

Pejuang cuan sebaiknya tidak menyerah berbisnis hanya karena hal ini, ya. Meskipun ribet, kamu tidak akan bisa mengevaluasi kelancaran bisnis tanpa laporan arus kas yang baik. Jadi minimal kamu harus mengusahakannya.

BACA JUGA:   Beasiswa Invest Your Talent in Italy: Cara Belajar Sambil Cari Pengalaman!

Nah, masalah pelik ini tampaknya butuh solusi rumit. Kenyataannya tidak demikian. Yang pejuang cuan butuhkan hanyalah software akuntansi online yang bisa bikin laporan arus kas secara otomatis dan kalau bisa GRATIS!

Kenalan dengan Software Akuntansi Kledo GRATIS Selamanya

software akuntansi Kledo GRATIS selamanya!
Kledo GRATIS selamanya!

Kalau kamu sudah lama mencari software akuntansi, kamu pasti sudah tahu bahwa tidak ada yang gratis di dunia ini. Tetapi, jangan takut duluan! Saya bakal kasih bocoran soal Kledo, software akuntansi yang beneran handal tapi masih berani ngasih gratisan selamanya. 

Kledo adalah software akuntansi online yang menawarkan layanan pembuatan laporan keuangan bagi para pejuang cuan. Uniknya, kalian bisa mengakses aplikasi ini secara gratis meskipun ada paket berbayar yang menawarkan laporan keuangan lengkap standar bisnis.

Pejuang cuan memang sebaiknya ambil salah satu dari 2 pilihan paket berbayar karena versi gratisnya tidak menyediakan fitur advance. Nah, jangan khawatir! kedua paket ini bisa kamu coba dulu selama 14 hari secara gratis. 

Hmm, emang 14 hari aja bisa apa? Bisa banyak, hei! Dalam 14 hari kamu bisa:

  • Memasukkan data stok dan pemasok ke dalam aplikasi Kledo – 2 hari
  • Mengelola pendanaan – 3 hari
  • Membuat alur operasional – 3 hari
  • Memasukkan data pelanggan – 2 hari
  • Merekrut pegawai dan belanja awal – 2 hari

Dan masih ada 2 hari lagi yang bisa kamu gunakan untuk menyusun rencana marketing dan alur penjualan. 

Jadi, dalam 14 hari kamu sudah bisa mendapatkan banyak banget terutama kalau kamu tidak perlu ribet mengeset laporan keuangan karena sudah pakai software akuntansi Kledo. Lebih daripada itu, dalam 14 hari kamu sudah bisa melihat laporan arus kas perdana plus mendapat akses untuk 35 jenis laporan keuangan lainnya.

Cara Melihat Laporan Arus Kas di Kledo

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, pejuang cuan butuh mengevaluasi arus kas secara berkala untuk menilik efektivitas bisnisnya. Di zaman sekarang kamu tidak perlu melakukannya secara manual apalagi sejak ada Kledo. 

Sebelum menunjukkan caranya, kamu bisa daftar Kledo dulu di sini atau mengunduh aplikasinya di sini

Untuk mendapatkan laporan arus kas, kamu cukup memasukkan semua data operasional ke dalam aplikasi. Kamu bahkan tidak perlu membuka laptop karena Kledo bisa diakses langsung lewat hape yang selalu ada di genggaman tanganmu. 

Saya akan menunjukkan contohnya di video ini:

Aplikasi Kledo

Dari contoh, kamu bisa lihat kalau arus kas usaha saya dalam keadaan yang positif. Dalam artian, bisnis masih aman karena ada surplus pendapatan setelah dikurangi pengeluaran. 

Buat mengetahui hal ini, saya sudah nggak perlu ribet lagi bergulat dengan rumus manual laporan keuangan. Tinggal buka Kledo aja dan yaaaa… langsung ketahuan bahwa bisnis dalam kondisi aman. Itu yang namanya efektif! 

FYI, kalian bisa buka Kledo di desktop juga. Dengan begini, kalian bisa melihat tampilan arus kas dengan lebih leluasa.

BACA JUGA:   Review Cat Rambut Garnier Coklat Karamel
laporan arus kas kledo
Laporan Arus Kas Kledo

Sama seperti di hape, kalian juga bisa mengunduh laporan arus kas di desktop ke dalam bentuk dokumen XLS, CSV, atau PDF. Jadi, pejuang cuan selalu bisa menyimpan record arus kas per tanggal pengecekan. 

download dokumen di Kledo
Download Dokumen

Di bagian bawah laporan arus kas Kledo, kalian bisa melihat “kas dan setara kas”. Dari sini, kita bisa langsung mengambil kesimpulan apakah bisnis sedang positif atau negatif. 

kas dan setara kas
Kas dan Setara Kas

Simple, kalau angkanya positif seperti di atas maka arus kas positif. Sebaliknya, kalau ada minus (-) di depan angkanya maka arus kas negatif.

Bukan cuma arus kas saja, ya. Kledo juga bisa bikin berbagai laporan keuangan penting untuk bisnis kamu. 

Laporan Finansial dan Akuntansi Kledo
Laporan Finansial dan Akuntansi Kledo

Lengkap? Bahkan pajak pun bakal dikalkulasi secara otomatis, loh! 

Pajak di Kledo
Pajak di Kledo

Jadi dengan satu aplikasi saja, kamu sudah bisa dapatkan segala fitur manajemen keuangan.

Biaya Langganan Kledo

Aplikasi Kledo bisa kamu pakai dengan gratis. Namun, yang gratisan hanya memungkinkanmu mengakses 10 jenis laporan saja. Sedangkan, kamu bisa dapat 35 laporan keuangan lengkap kalau kamu menggunakan paket berbayar. 

Ada 2 jenis paket berbayar di Kledo yaitu paket Pro dan Elite. Ada sedikit perbedaan di antara keduanya seperti jumlah user dan gudang. Kamu bisa lihat perbedaan fitur kedua paketnya secara lebih detail di sini

Anyway, kamu bisa coba dulu 2 jenis paket berbayar dengan fitur-fitur lengkap selama 14 hari secara GRATIS. Seperti yang sudah saya katakan tadi, 14 hari memang waktu yang cukup banyak untuk set up manajemen keuangan bisnis kamu. Tetapi, sebaiknya kamu terus menggunakan paket berlangganan pasca masa uji coba agar pengelolaan keuangan yang baik tidak hanya berhenti dengan yang gratisan. 

Ingat, ini buat bisnis, loh! Gimana mau menghasilkan cuan kalau kamu sendiri tidak mau berkorban demi meningkatkan efektivitas kerja?

Biaya berlangganan paket Pro dan Elite terhitung sangat terjangkau bagi berbagai skala bisnis. Apalagi, kamu bisa menjajal keduanya selama 14 hari. Jadi, kamu bisa tes ombak dulu sebelum menentukan paket mana yang sesuai kebutuhan. 

Harga Paket Berlangganan Kledo

Paket Pro Rp 139,900/bulan
Paket EliteRp 219,900/bulan

Sekadar informasi, kamu bisa berlangganan per 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun. Namun, kalau langsung berlangganan dalam tempo 1 tahun, pejuang cuan bisa berhemat lagi karena Kledo menyediakan diskon sebesar 10%.

Sedikit Lagi soal Kledo

Tidak semua orang lahir langsung melek akuntansi, termasuk saya dan kalian semua. Faktanya, pejuang cuan seperti kita harus belajar dulu baru bisa membuat laporan finansial yang mumpuni. 

Mau yang mini maupun yang raksasa, sebuah bisnis butuh pengelolaan keuangan yang baik. Lebih daripada itu, kita sebagai pemiliknya harus selalu pegang data arus kas. Jangan kendor atau bahkan sampai tidak menyadari kalau arus kas lagi minus

Arus kas adalah jantung sebuah bisnis. Usaha kamu tidak akan kemana-mana tanpa terus menerus mengevaluasi diri lewat laporan arus kas. 

Software akuntansi Kledo menawarkan cara praktis, mudah, dan cepat untuk mendapatkan laporan arus kas secara real time. Dalam artian, kamu juga bisa mengawasi arus kas setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit (kalau mau). Ini sangat menguntungkan buat yang punya bisnis dengan fast moving product

Software akuntansi online Kledo memang yang terbaik untuk segala jenis bisnis. Oleh karena itu, be a smart business owner! Berlanggananlah sekarang juga dan Jadi #pejuangcuan Bersama Software Akuntansi Kledo!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *