Tampil Gemilang, Beckley Widian Menyabet Emas Di Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres 2023Tampil Gemilang, Beckley Widian Menyabet Emas Di Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres 2023

Merayakan Hari Bhakti Paspampres yang ke-77. Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres kembali digelar pada pertengahan Maret ini, tepatnya dari tanggal 16 sampai 19 Maret 2023, . 

Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres ini telah diselenggarakan sebanyak 19 kali, walaupun sebelumnya sempat dihentikan sementara karena pandemi.  Tidak hanya untuk TNI/Polri saja, kejuaraan menembak ini juga membuka kategori sipil yang bisa diikuti oleh atlet menembak umum. 

kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2023
kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2023

Ajang menembak tahunan ini mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Bamsoet, yang juga merupakan Penasehat Pengurus Besar Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin), hadir dalam pelaksanaan Piala Danpaspampres 2023 kemarin.

Selain menjadi sarana menyaring atlet-atlet nasional, Bamsoet berharap ajang perlombaan ini juga dapat meningkatkan kemampuan menembak prajurit TNI dan Polri.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres 2023 yang diadakan di Lapangan Tembak Perbakin, Senayan, Jakarta ini juga menggelar berbagai nomor kejuaraan. 

Beberapa nomor kejuaraan yang dilombakan ini di antaranya yaitu tembak Eksekutif, tembak Air Pistol, tembak Air Rifle, tembak Paspampres Style, tembak IPSC Level II, tembak Rresisi 25 m, tembak PCP Benchrest, dan tembak Airsoft.

Di tahun 2023 ini, tercatat ada 400 pendaftar yang berpartisipasi dalam kompetisi menembak Piala Danpaspampres. Setia Waspada Shooting Club (SWSC) mendominasi perolehan Emas di kejuaraan Piala. 

Club menembak yang berada di bawah naungan Paspampres Republik Indonesia ini mengirim 26 atlet, baik kategori TNI/Polri maupun sipil, pada beberapa nomor lomba.

Dari 26 atlet SWSC ini, ada 11 atlet yang berhasil meraih gelar juara Danpaspampres 2023. Salah satunya adalah Beckely Widian. 

Beckley Widian merupakan salah satu anggota club SWSC yang berhasil menyabet banyak medali dalam kejuaraan Piala Danpaspampres 2023.  Widian adalah atlet menembak SWSC dari kategori sipil. 

BACA JUGA:   Rekomendasi Office Look Populer 2023: Baju Kantor ala Tika Widya!

Pada kesehariannya, pria 28 tahun ini berprofesi sebagai wiraswasta. Menembak telah menjadi hobi yang ia tekuni sejak lama.

Beckley Widian memenangkan beberapa nomor kejuaraan yang ada pada Piala Danpaspampres 2023. Total juara yang berhasil Widian raih ada 5, dengan tiga medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu.

Yang pertama adalah juara satu dalam nomor kejuaraan Tembak Paspampres Style dengan skor 1.306. Yang kedua yaitu juara satu nomor kejuaraan Tembak Eksekutif Putra kategori sipil dengan skor 191,1. 

Medali emas selanjutnya ia dapatkan dalam nomor kejuaraan Tembak Eksekutif Beregu Putra, bersama rekannya Bambang dan Adnan yang juga merupakan anggota SWSC. Mereka bertiga berhasil meraih juara satu dengan skor yang tinggi, yaitu 530,4.

kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2023

Kemudian, Beckley Widian juga meraih medali perak dalam nomor kejuaraan Tembak Presisi 25 m kategori sipil dan medali perunggu dalam Tembak Presisi Beregu Sipil.

Selain medali, Widian dan para atlet menembak lainnya yang memenangkan juara juga mendapatkan uang tunai dengan total hadiah sebesar 284 juta rupiah. 

Dengan diselenggarakannya ajang kejuaraan ini, Pengurus Besar Perbakin, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, memiliki harapan agar banyak atlet menembak yang termotivasi untuk terus berkompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Tidak hanya itu, Joni Supriyanto juga berambisi untuk mengubah mindset masyarakat awam bahwa olahraga menembak bukanlah kegiatan berbahaya dan justru memiliki banyak manfaat. Namun, kegiatan menembak ini tentunya tetap harus berada dalam instruksi yang benar dan didampingi oleh ahlinya.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *