5 Langkah Cuci Sepatu Sneakers yang Benar Sesuai Rekomendasi Ahli Sepatu
Image owned by Tika Widya

Cuci sepatu memang sering jadi masalah yang susah-susah gampang diselesaikan. Kendati pun kita sudah meluangkan waktu untuk menyelesaikannya, tidak semua noda bisa kita hilangkan begitu saja. Sebenarnya, bagaimana cara cuci sepatu yang benar? Mari kita dengar pendapat dari para ahli sepatu sekaligus tips melakukannya! 

Mengapa Cuci Sepatu Itu Sulit? Ini Pendapat Ahli! 

Sepatu kita bisa terlihat lusuh dan kotor karena banyak hal, termasuk lumpur, jalanan yang kotor dan bahkan rerumputan yang dari jauh tampak bersih. Menurut Rob Stewart, co-founder dari SneakersER, sepatu yang paling sulit dibersihkan adalah sepatu berbahan canvas dan suede. Dengan kata lain, sneakers-mu bisa jadi sumber masalah utamamu. 

“Kita bisa melindungi sepatu kulit dengan cara mengaplikasikan krim khusus, ini akan membuatnya bersih lebih lama sekaligus tahan lama. Namun, kita tidak bisa melakukan hal yang sama dengan sneakers,” jelas Carolyn Forte, executive director dari majalah Good Housekeeping. 

Ini tentu saja membuat benak kita semakin bertanya-tanya. Lalu, bagaimana cara cuci sepatu sneakers yang benar? Baca terus artikel ini sampai selesai. 

5 Langkah Cuci Sepatu Sneakers yang Benar

The image depicts the steps of washing sneakers. Firstly, a pair of sneakers with the laces removed. Next, the sneakers are shown inside a bucket filled with warm water. A bottle of special sneaker cleaner is added to the water. The sneakers are then left to soak in the water, without scrubbing. Finally, the sneakers are gently cleaned with hands and a microfiber cloth, focusing on any stubborn stains. The background is simple, emphasizing the cleaning process, and the image should have a bright and clean atmosphere.
Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Ternyata, ada satu cara dari para ahli yang paling efektif untuk menghilangkan semua noda dari sepatu berbahan kanvas seperti sneakers. Ini langkah-langkah cuci sepatunya: 

  1. Pertama-tama, kamu harus melepaskan tali sepatu sebelum membersihkan. 
  2. Kemudian, masukkan sepatu ke dalam ember berisi air hangat. Pastikan suhu air berkisar antara 35-40 derajat celcius. 
  3. Selanjutnya, kamu bisa mulai mencampurkan cairan pembersih sepatu ke dalam air. Usahakan untuk menggunakan cairan khusus bukan deterjen yang biasa kamu gunakan untuk mencuci pakaian. 
  4. Biarkan sepatu terendam dalam air selama kurang lebih 20-30 menit. Kamu tidak perlu menggosoknya dengan sikat karena tindakan ini bisa ternyata bisa membuat sepatumu jadi lebih kusam secara merata. 
  5. Setelah selesai merendamnya, keluarkan sepatumu dari air dan gosok dengan lembut menggunakan tanganmu. Kamu juga bisa menggunakan kain microfiber saat melakukan ini tetapi pastikan kainnya bersih. Jika ada noda yang membandel, kamu bisa mengambil air pembersih dengan lap microfiber kemudian menggosok sepatumu lebih lanjut. 
BACA JUGA:   Tampil Gemilang, Beckley Widian Menyabet Emas Di Kejuaraan Menembak Piala Danpaspampres 2023

Meskipun terlihat sederhana, langkah-langkah ini sebenarnya sulit kamu terapkan sendiri. Terlebih lagi, jika kamu tidak benar-benar punya kesabaran atau waktu lebih untuk melakukannya. 

Nah, jika ini yang ada di benakmu, maka kamu bisa memilih opsi terakhir yaitu menggunakan jasa cuci sepatu. Layanan seperti ini bisa membantumu membersihkan sepatu dengan cepat dan tanpa ribet. 

Jasa Cuci Sepatu Terdekat untuk Wilayah Jakarta-Tangerang 

Untuk para milenial sibuk yang tinggal di area Jakarta dan Tangerang, saya ingin merekomendasikan sebuah tempat cuci sepatu yang bisa jadi solusi praktis untukmu. Baru-baru ini, saya mencoba layanan cuci sepatu dari laundry terdekat yaitu Getwash Laundry. Tentu saja, menurut saya ini adalah pengalamannya luar biasa! 

Sebagai seseorang yang memiliki jadwal yang padat, menemukan waktu untuk merawat sepatu saya seringkali sulit. Getwash Laundry benar-benar menjadi penyelamat dengan layanan antar jemput mereka yang super praktis.

Saya terkesan dengan perhatian mereka terhadap detail. Tim Getwash mengambil sepatu saya tepat waktu, dan mereka sangat profesional dan ramah. Saya memiliki beberapa pasang sneakers dan sepatu kulit yang memerlukan perawatan khusus, dan mereka menanganinya dengan sempurna. Ketika sepatu saya dikembalikan, saya terkejut melihat bahwa sepatu saya jadi bersih seperti baru!

Hal terbaik dari layanan ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Saya merasa mendapatkan value yang luar biasa untuk layanan yang saya terima. Jadi, saya pasti akan menggunakan layanan Getwash Laundry lagi dan merekomendasikannya kepada siapa saja yang mencari solusi mudah untuk perawatan sepatu. 

Berikan Penampilan Terbaik dengan Sepatu Sneakersmu!

Sneakers selalu jadi pilihan pertama semua orang untuk menghadiri banyak acara. Bahkan penyanyi dan penulis lagu Avril Lavigne seringkali menggunakan sepatu jenis ini di acara-acara red carpet. Apakah kamu termasuk orang sepertinya? Jika iya, kebersihan sepatu sneakers adalah yang utama. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan langkah-langkah pembersihan yang benar atau gunakan jasa cuci sepatu dari Getwash Laundry

BACA JUGA:   3 Gitaris Perempuan Yang Melegenda Dengan Kepiawaiannya.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *