4 Aplikasi Menulis Skenario Film di Android yang Perlu Kamu Tahu
Review

4 Aplikasi Menulis Skenario Film di Android yang Perlu Kamu Tahu

Zaman sekarang kamu sudah tidak perlu mempelajari mengenai penulisan skenario film secara mendalam di pendidikan formal. Oleh karena sudah banyak aplikasi penulisan naskah film yang bisa kamu akses dimanapun. Berikut ini akan membahas mengenai aplikasi menulis skenario film di android. 

Apa itu skenario film?

Menurut Syd Field, skenario film merupakan sebuah naskah cerita yang berisi rangkaian adegan berurutan, keadaan tempat dan dialog yang tersusun dalam konteks struktur dramatik.

Hal yang utama, penulisan skenario memiliki format tersendiri yang membuatnya berbeda dengan jenis karya sastra lainnya. Di dalamnya sudah terdapat informasi tentang setting latar, waktu, deksripsi aksi, dialog, watak, penokohan, dan lain sebagainya. 

Skenario film juga menggambarkan berapa lama durasi waktu sebuah film. Saat ini sudah banyak aplikasi menulis script film yang bagus dan sesuai standar. Jadi, kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya.

Macam-macam aplikasi penulisan skenario film

Berikut ini adalah beberapa aplikasi menulis skenario film di android yang bisa kamu coba:

  1. WriterDuet 

Aplikasi menulis skenario gratis ini hanya bisa kamu gunakan secara online dan terbatas hanya 3 naskah film. Jika kamu ingin punya fitur lebih, kamu bisa berlangganan terlebih dulu. Hal yang terpenting, kamu bisa berkolaborasi dengan sesama penulis secara real time. 

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki sistem kartu untuk mengatur adegan serta mendukung ekspor-impor berkas dengan bermacam format.

  1. KIT Scenarist 

Walaupun berbayar, aplikasi script writer ini tergolong lengkap. Bahkan sudah terdapat fitur untuk memindah adegan secara dinamis hingga analisa statistik. Aplikasi open-source ini bisa kamu akses di android hingga Windows, MacOS dan Linux. 

  1. Highland 2 
BACA JUGA:   Bikin Undangan Pernikahan Digital Gratis dengan Wedew!

Tidak hanya menulis skenario, aplikasi ini juga memiliki fitur navigasi yang bisa memperlihatkan bagian penting dari tulisanmu, memilih template dan menampilkan aset. Terlebih lagi, aplikasi ini juga mendukung penulisan markdown dan fountain. 

  1. Celtx

Celtx adalah aplikasi penulisan script film, naskah TV, video iklan dan penjadwalan produksi. Sama halnya dengan WriterDuet, pada aplikasi ini kamu juga bisa berkolaborasi dengan teman secara langsung. 

Apakah celtx gratis? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tapi jika kamu ingin fitur tambahan, tentu saja kamu harus memilih Plan yang mereka tawarkan.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai aplikasi menulis skenario film di android. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tentu saja, software-software ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menggeluti penulisan naskah film atau membuat project film.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *