4 Kelas Menulis Skenario Online Terbaik yang Wajib Dicoba4 Kelas Menulis Skenario Online Terbaik yang Wajib Dicoba

Sedang ingin belajar atau mengasah kemampuan menulis skenario? Hal itu bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengikuti kelas menulis skenario. Jika kamu ingin mengikuti kelas dengan waktu dan tempat yang bisa diatur secara fleksibel, maka sebaiknya kamu mengikuti kursus online

Manfaat ikut kelas menulis online

Industri kreatif saat ini semakin berkembang. Contohnya adalah dunia perfilman yang selalu ada peminatnya dari berbagai genre. Oleh karena itu, pekerjaan di bidang kreatif yang terkait, yaitu penulis skenario pun menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Bagi kamu yang menyukai dunia menulis kreatif, penulisan skenario adalah bidang yang cocok untuk kamu coba. Untuk memulai langkah menekuni dunia penulisan, salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas menulis skenario. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kemampuan menulis skenario melalui materi maupun asesmen yang tersedia.

Daftar rekomendasi kelas menulis skenario online  

Ada berbagai pilihan kursus online yang bisa kamu coba melalui internet. Berikut adalah daftar rekomendasinya.

1. Kelas menulis skenario online Cambridge University 

Kursus menulis online yang disediakan oleh Cambridge University ini akan membantumu memperkuat keterampilan sebagai penulis skenario. Pembahasan atau topik yang akan kamu pelajari lengkap, mulai dari sejarah hingga bagaimana praktiknya saat ini.

Selain pembahasan yang komprehensif, kamu juga bisa mendaftar kelas ini secara gratis. Jika kamu memang tertarik untuk mempelajari penulisan skenario terutama untuk script film dan TV, kelas ini wajib untuk kamu coba.   

BACA JUGA:   Natur E White Review: Menutrisi dan Mencerahkan Kulit

2. Belajar screenwriting online untuk pemula Skill Share

Kursus ini cocok untuk pemula yang ingin mengenalkan diri pada bidang menulis skenario. Dengan durasi setiap video yang tidak terlalu lama, tetapi isi yang padat, kamu tidak akan bosan ketika mengikutinya. 

Pada kelas ini, kamu akan mempelajari dasar-dasar menulis skenario. Mulai dari cara menulis karakter, latar tempat, ekspresi, dan sebagainya. 

3. Kelas menulis script film Skill Academy

Rekomendasi selanjutnya adalah kelas menulis skenario online berbahasa Indonesia. Perlu dicatat, kelas ini tidaklah gratis. Namun, kamu akan bisa berlatih untuk menyelesaikan tugas script writer melalui kelas ini. Kamu akan mendapatkan pengetahuan dan latihan mengenai teknik menulis naskah film yang menarik.

Adapun berbagai ujian yang bisa kamu coba untuk menguji kemampuanmu. Selain itu, materi tidak disampaikan dalam bentuk video saja, tetapi juga dalam bentuk dokumen. 

4. Mendalami screenwriting di Alison

Kursus menulis ini cocok untukmu yang ingin mengeksplor lebih jauh genre dan format pada penulisan skenario. Tidak hanya mempelajari teknik menulis dan mengembangkan naskah skenariomu, kelas ini juga akan membantumu untuk belajar cara menyampaikan gagasan agar bisa menjual. 

Rekomendasi-rekomendasi kelas menulis skenario di atas bisa kamu pilih dengan menyesuaikan pada kebutuhan maupun kemampuanmu. Ada banyak pilihan untukmu, maka jangan ragu untuk memperbanyak ilmu untuk bisa menempuh karier penulis skenario yang kamu inginkan. 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

3 thoughts on “4 Kelas Menulis Skenario Online Terbaik yang Wajib Dicoba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *