10 Software POS Terbaik untuk Retail dan Restoran di Indonesia
Review

10 Software POS Terbaik untuk Retail dan Restoran di Indonesia

Keberadaan software Point of Sales (POS) menjadi kunci penting dalam memaksimalkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis, terutama di sektor ritel dan jasa. Yang dimaksud dengan software POS adalah sebuah sistem yang berguna untuk membantu bisnis dalam mengelola transaksi penjualan dan operasional sehari-hari. 

Menariknya, penggunaan software POS tidak lagi terbatas pada usaha kecil dan menengah saja. Lebih dari 1750 perusahaan, termasuk institusi finansial besar seperti bank dan BUMN, telah mengadopsi sistem ini dalam operasional mereka. 

Implementasi software POS di lembaga-lembaga besar ini membuktikan betapa pentingnya teknologi ini dalam mendukung transaksi yang efisien dan mengelola data penjualan dengan lebih akurat.

Artikel ini akan mengulas beberapa software POS terbaik yang telah mendukung ribuan perusahaan dalam mengoptimalkan operasional mereka. Mari kita telusuri bersama!

1. Koneksi

POS Software Koneksi adalah salah satu pilihan aplikasi POS terbaik di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan transaksi bisnis. Dengan fitur pemrosesan pembayaran yang canggih, Koneksi memungkinkanmu untuk mengelola berbagai jenis pembayaran secara cepat dan efisien sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempercepat proses checkout.

Kemampuan pelacakan stok yang akurat memastikan kamu selalu mengetahui status persediaan barang dan meminimalisir risiko kekurangan atau kelebihan stok. Laporan penjualan yang terperinci dan terstruktur juga memberikan insight mendalam terhadap tren penjualan. Jadi, Koneksi bisa membantu kamu dalam membuat keputusan bisnis yang lebih faktual.

Lebih dari sekadar aplikasi POS, Koneksi juga menyertakan solusi terintegrasi lainnya seperti ERP, HRM, penjualan, akuntansi, inventaris, pengadaan, manajemen rantai pasok, hingga manufaktur. Semua fitur ini terhubung dalam satu ekosistem demi integrasi yang mulus antar proses bisnis.

Aplikasi POS Software Koneksi sangat fleksibel, cocok untuk berbagai jenis usaha mulai dari ritel, rental, perdagangan, real estate, keuangan, logistik, manufaktur, hingga layanan profesional. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari solusi POS komprehensif dengan dukungan ekstensif.

2. EQUIP

Equip POS menghadirkan sistem Point of Sales berbasis web yang berguna untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis ritel. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, sistem ini memungkinkan akses dari berbagai perangkat yang terhubung internet, sehingga transaksi dapat dikelola dari mana saja dan kapan saja. 

Fitur manajemen loyalitas & promosi yang canggih memudahkan pembuatan program promosi yang terpersonalisasi, meningkatkan retensi pelanggan dengan menawarkan promosi berdasarkan preferensi atau riwayat pembelian mereka.

BACA JUGA:   5 Langkah Cuci Sepatu Sneakers yang Benar Sesuai Rekomendasi Ahli

Fitur-fitur Equip POS meliputi manajemen harga multi-outlet, pencatatan riwayat penjualan untuk analisis tren, penanganan pengembalian atau pembatalan penjualan dengan lancar, serta pelacakan produk yang efisien untuk mempercepat proses checkout. 

Sistem ini juga terintegrasi dengan sistem manajemen pembelian, inventaris, akuntansi, otomatisasi pemasaran, dan manajemen keanggotaan, menjadikannya alat yang komprehensif untuk pengelolaan bisnis ritel. 

3. Moka POS

Dengan teknologi berbasis cloud, Moka POS menyediakan solusi lengkap bagi pelaku bisnis yang ingin mengelola transaksi penjualan dan proses operasional dengan lebih efisien. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam menjalankan penjualan baik secara online maupun offline. Lebih dari itu, Moka POS memungkinkan pengelolaan produk di berbagai kanal dalam satu aplikasi yang praktis.

Dengan fitur Moka Point of Sale, pengguna dapat memperoleh data transaksi yang mendetail. Fitur Moka Order mempercepat pengelolaan pesanan dengan sistem Contactless Order, meminimalkan kesalahan saat pengambilan order. Moka Connect juga membuka peluang integrasi dengan berbagai layanan lain, meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen bisnis.

4. Ireap POS

iREAP POS menawarkan solusi manajemen kasir yang efisien dengan aplikasi berbasis Android. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pengelolaan dan operasional toko. Dengan kemampuan untuk melakukan transaksi baik offline maupun online, iREAP POS memastikan bahwa semua transaksi, penerimaan barang, penjualan eceran, dan pengeluaran barang tetap tercatat dengan baik. 

Transaksi yang terjadi saat offline akan disimpan sementara dan otomatis disinkronisasi ke cloud saat koneksi internet tersedia, memastikan data selalu terupdate dan aman.

Fitur utama lainnya termasuk sinkronisasi data master yang memudahkan pengelolaan data toko, produk, dan pelanggan secara real-time antara dashboard web dan aplikasi mobile. iREAP POS juga mendukung metode pembayaran lengkap dengan QRIS, memungkinkan transaksi e-money dan otomatisasi rekonsiliasi. 

Manajemen penyimpanan data di cloud memberikan fleksibilitas untuk mengatur toko dari mana saja dan kapan saja. Otorisasi penggunanya juga memastikan setiap anggota tim mendapatkan akses yang tepat sesuai perannya, dari Admin hingga Kasir. Makanya, software ini jadi salah satu POS terbaik untuk restoran. 

5. Majoo

Majoo POS, dengan pendekatannya yang berbasis cloud, dirancang untuk memfasilitasi pelaku bisnis dalam mengelola transaksi penjualan dan operasional bisnis secara efektif. 

Aplikasi ini menawarkan solusi all-in-one yang mencakup fitur-fitur untuk penjualan, promosi, inventori, karyawan, dan akuntansi, semuanya dalam satu platform yang mudah digunakan. 

Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menjalankan semua aspek operasional mereka dari satu aplikasi, mengoptimalkan efisiensi dan mengurangi kebutuhan akan sistem tambahan.

Dengan kemampuan untuk menjual produk secara online dan offline, Majoo POS memastikan bahwa bisnis dapat menjangkau pelanggan di berbagai kanal tanpa kesulitan. 

BACA JUGA:   Eyebost: Obat Mata Herbal Paling Ampuh Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Fitur contactless order mempercepat dan mempermudah pengelolaan pesanan, sementara solusi berbasis API, Majoo Connect, menawarkan integrasi yang luas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen bisnis. 

Majoo Capital, sebagai bagian dari ekosistem Majoo, menyediakan akses ke pendanaan yang mudah dan aman untuk mendukung pengembangan bisnis lebih lanjut.

6. Jubelio

Jubelio POS berguna untuk mempermudah pengelolaan transaksi dan inventarisasi bisnis kamu secara lebih efisien. Aplikasi ini menawarkan fitur sinkronisasi stok offline-online yang otomatis, memastikan data inventarismu selalu akurat dan terkini, baik dijual secara offline maupun online.

Fitur multi payment QRIS memperluas opsi pembayaran yang dapat kamu tawarkan kepada pelanggan, termasuk kemudahan pembayaran uang muka. Jubelio juga memudahkan kamu dalam menangani retur dan refund secara langsung untuk pelanggan online, serta menyediakan struk elektronik yang ramah lingkungan. 

Dengan dukungan integrasi printer, kamu bisa mencetak struk penjualan dengan berbagai jenis printer sesuai kebutuhan.

Selain itu, Jubelio menawarkan fulfillment point yang memungkinkan pelanggan online untuk mengambil produknya langsung, serta fitur click & collect yang memfasilitasi pembelian online dengan pengambilan di toko. Kamu juga dapat mengelola buku harga yang berbeda untuk berbagai outlet dan mudah mengupload promo untuk diterapkan dalam penjualan.

7. Oktopus

Oktopus POS menawarkan solusi kasir berbasis cloud yang ideal untuk bisnis kecil dan menengah, memberikan kemudahan dalam mengakses dan mengelola data bisnis dari mana saja dan kapan saja. 

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mendukung transaksi baik online maupun offline, sehingga kamu bisa tetap beroperasi tanpa hambatan, meskipun dalam kondisi tanpa koneksi internet.

Fitur manajemen stok dari Oktopus memungkinkanmu untuk melacak dan mengelola stok barang secara real-time, memberikan kejelasan tentang persediaan dan membantu dalam perencanaan pembelian. 

Selain itu, Oktopus menyediakan analisis penjualan yang mendalam, membantumu mengambil keputusan bisnis yang lebih informasi berdasarkan data penjualan yang akurat.

Kemudahan penggunaan Oktopus POS ditingkatkan dengan kompatibilitasnya di berbagai perangkat, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone, memberikan fleksibilitas maksimal dalam pengelolaan bisnis. 

8. Olsera POS

Olsera POS menawarkan solusi lengkap untuk kebutuhan kasir bisnismu, baik itu untuk transaksi online maupun offline. Dengan kemampuan untuk menerima berbagai jenis pembayaran mulai dari cash, debit, kartu kredit, hingga pembayaran digital seperti EDC Cashlez dan OVO, 

Olsera memastikan usahamu tidak ketinggalan dalam era digital ini. Fitur manajemen pelanggan (CRM), promosi, dan program loyalty yang terintegrasi membantumu dalam menyimpan data pelanggan dan menyediakan penawaran yang sesuai, meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap usahamu.

Olsera tidak hanya fokus pada transaksi, tetapi juga pada manajemen karyawan dengan kelola data karyawan yang akurat dan mendetail, serta laporan PRO yang menyediakan lebih dari 70 jenis laporan untuk analisa maksimal bisnismu. 

BACA JUGA:   Khitan Gresik: Manfaat Sunat untuk Pria

9. Pawoon

Pawoon POS, aplikasi kasir berbasis cloud, dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis usaha dengan kemampuan transaksi online dan offline yang lengkap. 

Aplikasi ini mendukung berbagai metode pembayaran termasuk cash, debit, kartu kredit, cash on delivery, hutang, cicilan, serta pembayaran digital via EDC Cashlez dan OVO, memberikan fleksibilitas dalam setiap transaksi.

Manajemen Pelanggan (CRM), promosi, dan program loyalty yang terintegrasi memudahkan kamu dalam menyimpan data pelanggan dan memberikan penawaran yang tepat sasaran, meningkatkan kesetiaan pelanggan. Dengan manajemen karyawan PRO, kamu bisa mengelola data karyawan secara lebih akurat dan mendetail.

Pawoon juga menawarkan laporan PRO yang lengkap, dengan lebih dari 70 jenis laporan terperinci untuk analisis maksimal. Fitur Akuntansi PRO memberikan gambaran holistik tentang performa usaha, membantu dalam pengambilan keputusan strategis. Integrasi seamless dari offline hingga online, termasuk dengan marketplaces, membuat pengelolaan pesanan dan stok menjadi lebih efektif.

10. Jurnal POS

Jurnal POS menawarkan aplikasi Point of Sales (POS) berbasis cloud yang memudahkan akses dan pengelolaan data bisnis dari mana saja dan kapan saja. 

Aplikasi ini dirancang untuk bekerja baik secara online maupun offline, memberikan fleksibilitas operasional maksimal untuk menjaga bisnismu tetap berjalan lancar di segala kondisi.

Dengan fitur manajemen stok real-time, kamu dapat dengan mudah melacak dan mengelola inventaris. Analisis penjualan yang tersedia membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang strategis. 

Jurnal POS kompatibel dengan berbagai perangkat, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone, memastikan kemudahan penggunaan dan aksesibilitas.

Aplikasi ini melengkapi pengelolaan transaksi penjualan dan keuangan dengan fitur manajemen inventaris yang akurat. Di era pertumbuhan usaha ritel yang pesat, Jurnal POS menjadi solusi penting untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis yang lebih mudah dan efektif, mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Penutup

Setelah melihat berbagai pilihan software POS yang bisa meningkatkan kerja bisnismu, kamu mungkin penasaran dengan informasi lebih lanjut tentang software ERP.

Software Enterprise Resource Planning (ERP) bisa memberi dampak lebih luas lagi untuk pertumbuhan bisnismu. ERP itu sendiri adalah solusi terintegrasi yang mengatur segala aspek operasional bisnis, mulai dari produksi hingga layanan pelanggan, memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang lebih berdasarkan data dan strategis.

Dengan memadukan software POS terbaik dan ERP, bisnismu tidak hanya akan berjalan lebih mulus, tapi juga siap untuk bertumbuh dan berkembang di waktu yang akan datang.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *