masakan korea

Belakangan ini, kuliner khas Korea semakin digemari masyarakat Indonesia. Fenomena ini wajar saja terjadi mengingat cita rasa unik dan lezat dari masakan Korea. Jika Anda termasuk salah satu orang yang belum pernah merasakannya, Anda wajib mencoba 10 masakan Korea paling populer berikut ini. 

1. Bibimbap

Hidangan bibimbap terdiri dari nasi putih dengan beragam topping sayuran dan daging sapi. Dilengkapi dengan saus cabai gochujang yang pedas dan gurih. Perpaduan sempurna antara nasi, sayur, daging, dan sausnya membuat rasa bibimbap luar biasa enak.

2. Bulgogi 

Bulgogi adalah irisan tipis daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu manis dan gurih, kemudian dipanggang. Teksturnya yang lembut dipadukan rasa manis gurih bumbu marinasi membuat bulgogi sangat menggugah selera.

3. Kimchi

Kimchi merupakan salah satu ikon kuliner Korea, yaitu sayuran fermentasi dengan bahan utama lobak atau kubis. Rasa kimchi yang asam segar karena fermentasi dan pedas karena cabai, sangat unik dan menggoda lidah. 

4. Tteokbokki

Camilan pedas Korea yang tengah naik daun, tteokbokki, terdiri dari kue beras yang dimasak dengan saus cabai gochujang ditambah telur, seafood, dan sayuran. Tekstur kenyal tteok dipadukan rasa pedas gurih saus sangat membuat ketagihan.

5. Samgyeopsal

Samgyeopsal adalah daging babi bagian perut yang dipanggang dengan sayuran segar dan bumbu. Bagi yang tidak bisa makan daging babi, ada versi samgyeopsal dari daging sapi atau ayam.

6. Japchae

Japchae terbuat dari mi Korea yang dimasak dengan beragam sayuran segar. Beberapa versi menambahkan irisan daging sapi atau udang. Tekstur kenyal japchae dan rasa gurih manisnya sangat nikmat saat pertama kali dicicipi. 

BACA JUGA:   3 Aplikasi Menulis Skenario Film di Android, Pilih Mana?

7. Jajangmyeon 

Jajangmyeon adalah mi Korea khas dengan saus kacang kedelai tebal dan gurih, dilengkapi irisan daging, sayur, jamur, dan lainnya. Ciri khas jajangmyeon terletak pada kuahnya yang pekat, manis, dan lengket di mulut.

8. Galbi

Galbi merujuk pada iga sapi panggang yang dibumbui. Daging iganya sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna. Bisa dinikmati polos dengan nasi atau dicocol saus.

9. Hotteok

Hotteok adalah pancake tebal khas Korea dengan isian kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang tanah dan wijen. Tekstur lembut dan rasa manis hotteok sangat cocok menemani waktu bersantai.

10. Gimbap

Gimbap mirip dengan sushi Jepang, yaitu nasi gulung dengan isian sayuran dan daging. Bentuknya bulat tebal dan besar. Karena bentuknya, gimbap sangat praktis dijadikan bekal atau camilan. Isinya yang bervariasi juga tidak membosankan.

Setelah kenyang menyantap sepuluh makanan Korea, bagaimana kalau Anda mengubah foto selfie menjadi foto studio ala Korea?

Dengan K-Beauty dari Rupa.AI, Anda dapat mengubah penampilan foto Anda menjadi lebih cerah dan bersinar ala Korea hanya dalam waktu satu jam! Anda cukup mengunggah beberapa selfie, kemudian AI milik K-Beauty akan membuat lebih dari 50 hasil foto dengan beragam gaya makeup dan rambut Korea. 

Produk ini sangat praktis, nyaman, dan terjangkau. Segera kunjungi situs K-Beauty di Rupa.AI dan mulailah transformasi gaya Korea Anda hari ini juga.
Artikel ini disadur dari blog K-Beauty dengan judul asli “10 Makanan Korea yang Paling Enak dan Populer, Wajib Dicicipi!“.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *