10 Manfaat Latihan Menembak dan Rekomendasi Klub Terbaik10 Manfaat Latihan Menembak dan Rekomendasi Klub Terbaik

Apakah kamu sedang mencari hobi baru? Nah, pergi ke lapangan tembak bisa menjadi petualangan yang menghilangkan stres. Percaya atau tidak, mengikuti latihan menembak itu dapat meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental. Kedengaran seru, kan?

Jadi, apa saja manfaat latihan tembak dan di mana kamu bisa ikut kursus menembak? Baca sampai akhir untuk tahu kenapa kamu harus nyobain olahraga yang satu ini! 

1. Menemukan Kekuatan Inti

Latihan menembak dapat membantumu menemukan pusat tubuh, menyesuaikan berat badan dengan bola kaki, sambil tetap diam dalam posisi menembak. Tentu saja, ini adalah latihan yang bagus untuk core muscle, sehingga dapat mendukung postur tubuh yang tepat. 

Saat otot perut lemah, punggung bagian bawah menahan tekanan dan beban tambahan dari tugas sehari-hari yang sederhana seperti berjalan. Oleh karena itu, memperkuat otot perut memungkinkan beban tubuh bagian atas terdistribusi secara merata dari depan hingga belakang sekaligus meningkatkan keseimbangan.

2. Melatih Kekuatan Lengan

latihan menembak

Menembak senjata membutuhkan lengan dan tangan yang kuat dan kokoh. Untuk membidik dan menembak target, kamu harus menjaga tubuh bagian atas tetap stabil. Namun, seringkali penembak tidak menyadari bahwa mereka perlu otot lengan untuk menahan senjata dalam posisi yang tepat agar dapat menembak dengan akurat. 

Oleh karena itu, pemula biasanya membutuhkan kursus menembak dengan penembak berpengalaman yang punya program, seperti Push-Up Challenge untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas untuk olahraga menembak.

BACA JUGA:   Menjelajahi Pulau Belitung: Hemat bersama Visit Belitung Tour

3. Melancarkan Proses Berpikir

Pemecahan masalah yang efisien adalah komponen utama latihan menembak. Ini mencakup logika (cara terbaik untuk melakukan tembakan), matematika (jarak target dan cara menyesuaikan titik bidik.

Pepatah lama mengatakan bahwa menembak adalah 90% mental dan 10% kemampuan. Untuk menjadi sukses dalam olahraga menembak, seorang atlet harus dapat mengatasi tugas-tugas mental terlebih dahulu, dan kemudian melakukan keterampilan fisik.

4. Memacu Adrenalin 

Memegang senjata api, apalagi menembakkannya, bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan, loh. Adrenalin tidak hanya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan sementara, tetapi juga memberi sinyal pada tubuh kamu untuk memecah glikogen, sumber utama bahan bakar dalam tubuh. Bermanfaat bukan?

Selain itu, adrenalin juga bisa membuat otot di paru-paru kamu jadi rileks. Dengan demikian, kamu bisa dapat melancarkan pernapasan dan memperbanyak masuknya oksigen ke dalam tubuh. 

5. Memperbaiki Fokus

Kamu butuh banyak konsentrasi untuk menjaga agar mata tetap fokus, terutama saat memandang ke depan. Latihan menembak menuntutmu untuk melakukan hal ini. Terlebih lagi, menembak memang mengharuskanmu untuk menjaga pandangan sekaligus menarik pelatuk yang ada di jemarimu. Jadi, latihan menembak tentu saja akan memperbaiki kemampuan fokus terhadap sesuatu. 

6. Stamina

latihan menembak

Atlet yang berkompetisi dalam olahraga menembak “lari dan tembak” berlatih dengan latihan keras. Kamu tidak hanya bersiap untuk bersaing dengan alat berat. Namun, kamu juga harus menavigasi medan yang tidak rata dan alat peraga yang menantang. Latihan menembak pastinya membuat kamu jadi bugar, berstamina, dan kendalikan dapat mengendalikan diri dengan mudah.

7. Menghilangkan Stress

Menembak memungkinkanmu melepaskan diri dari kekhawatiran hari itu. Kamu bisa  mengesampingkan pikiran lain saat memegang senjata dan berkonsentrasi pada keselamatan, proses mental, dan keterampilan fisik. Oleh karena itu, latihan menembak juga dapat menekan tombol reset untuk mengelola stres.

BACA JUGA:   Kursus Online Arkademi: Wujudkan Impian dengan Lifelong Learning!

8. Memperbaiki Penglihatan

Melatih mata sangatlah penting. Faktanya, penglihatan adalah keterampilan motorik halus yang bisa hilang jika tidak sering kamu latih. Jadi, istirahatkan mata Anda dari stres menatap layar komputer dan ponsel sepanjang hari, dengan melakukan latihan menembak secara berkala untuk memfokuskan mata pada objek yang dekat dan jauh.

9. Melatih Pola Pikir

latihan menembak

Menembak bisa terasa sangat menakutkan dan berbahaya bagi sebagian orang. Namun, begitu kamu meluangkan waktu dan berlatih dengan benar, maka kekuatanmu meningkat dan rasa takut berkurang. 

Kamu akan mengendalikan senjata, dan senjata tidak mengendalikanmu. Oleh karena itu, belajar menembak adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan diri dan keberanian. Singkatnya begini, jika kamu dapat menyelesaikan latihan menembak, maka kamu akan merasa dapat melakukan apa saja!

10. Disiplin

Berperilaku bertanggung jawab adalah hal yang terpenting dari kepemilikan senjata. Lebih daripada itu, menjadi pemilik senjata juga menumbuhkan pola pikir perlindungan pribadi dan tanggung jawab moral/hukum yang menyertainya. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya menganggap latihan menembak sebagai gaya hidup.

Di Mana Kamu Bisa Kursus Menembak?

Kamu bisa mengambil kursus menembak di Setia Waspada Shooting Club (SWSC). Setia Waspada juga sudah punya lapangan tembak sendiri yang bisa kamu gunakan untuk latihan menembak. Dan yang lebih penting, klub menembak ini sudah berada di bawah naungan Perbakin. 

Tertarik untuk mendaftar? Kamu bisa jadi member di SWSC setelah memenuhi persyaratan ini: 

  • Pertama, kamu harus punya kewarganegaraan Indonesia. 
  • Usia  minimal 19 Tahun dan membuktikannya dengan Kartu Identitas serta Kartu Keluarga.
  • Selanjutnya, kamu juga harus punya SKCK
  • Punya Surat Dokter yang menyatakan bahwa kamu benar-benar sehat.
  • Dan, sudah pernah ikut 3 kali Latihan serta lulus screening. 
BACA JUGA:   3 Gitaris Perempuan Yang Melegenda Dengan Kepiawaiannya.

Kenapa persyaratannya harus lengkap? Itu karena SWSC percaya bahwa perlindungan pribadi adalah tanggung jawab individu. Oleh karena itu, keputusan untuk berlatih menembak tentu saja memerlukan akuntabilitas individu. Dengan demikian, mereka pun membuat kurikulum dan fasilitas pelatihan yang benar-benar tak tertandingi.

Nama Club Setia Waspada Shooting Club
LokasiJl Tanah Abang II, Jakpus
Jam Operasional 12.00 – 17.00 WIB, Selasa – Minggu
Biaya Kursus dan LatihanRp 3.500.000 per bulan
Biaya Sewa Lapangan Mulai dari Rp 850.000
ReservasiSehari sebelumnya
Nomor Telepon+6281284105509

Nah, ingin tahu lebih banyak soal SWSC? Yuk, dapatkan informasi lebih lengkap soal latihan menembak dengan mengikuti Instagram Setia Waspada Shooting Club atau kunjungi langsung website resmi mereka!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *