Hubungan Menyimak, Berbicara, Membaca, dan MenulisHubungan Menyimak, Berbicara, Membaca, dan Menulis

Tahukah kamu apa hubungan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis? Meskipun berbeda, keempat keterampilan berbahasa ini saling berkaitan satu sama lain.

Keterampilan berbahasa adalah kegiatan penggunaan bahasa yang bertujuan untuk menerima dan menyampaikan informasi dengan baik. Keterampilan ini terbagi menjadi empat, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Penasaran dengan hubungan antar keterampilan berbahasa tersebut? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Hubungan Menyimak dan Berbicara

Yang pertama adalah hubungan antara menyimak dan berbicara. Kedua keterampilan ini sangat bergantung kepada satu sama lain.

Menyimak dan berbicara sama-sama merupakan keterampilan berbahasa lisan atau oral. Menyimak merupakan kegiatan menerima pesan atau informasi melalui lisan, berupa ucapan. Sebaliknya, berbicara merupakan kegiatan menyampaikan pesan atau informasi melalui ucapan.

Setiap orang harus dapat menguasai kedua keterampilan ini agar sebuah percakapan dapat berjalan dengan baik.

Hubungan Menyimak dan Membaca

Yang kedua adalah hubungan menyimak dan membaca. Baik menyimak maupun membaca, keduanya merupakan keterampilan untuk memperoleh informasi atau pesan. Namun, media penyampaiannya berbeda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menyimak termasuk kegiatan lisan, sehingga media penyampaiannya berupa ucapan. Sedangkan membaca adalah kegiatan tulis yang media penyampaian pesannya berupa teks.

Kedua keterampilan ini termasuk kegiatan pasif karena tidak memproduksi pesan atau informasi.

Hubungan Membaca dan Menulis

Selanjutnya adalah hubungan antara keterampilan membaca dan menulis. Membaca dan menulis merupakan keterampilan tulis.

Membaca adalah kegiatan menerima informasi melalui tulisan sedangkan menulis adalah kegiatan menyampaikan pesan melalui tulisan.

Kedua keterampilan ini saling melengkapi. Sehingga, agar penerimaan informasi dapat berlangsung dengan baik, seseorang harus bisa membaca dan menulis.

BACA JUGA:   Teka-Teki Tono Si Pumba, yang Baru Selesai 16 Tahun Kemudian

Hubungan Berbicara dan Menulis

Dan yang terakhir adalah hubungan antara berbicara dan menulis. Berbicara dan menulis ini merupakan keterampilan aktif, di mana keduanya sama-sama memproduksi pesan atau informasi yang akan disampaikan.

Perbedaan dalam kedua keterampilan ini adalah media penyampaian pesannya. Berbicara menyampaikan pesan melalui lisan, yaitu ucapan, sedangkan menulis melalui tulisan.

Nah, itu dia hubungan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang penting untuk kamu ketahui. Keempat keterampilan berbahasa ini harus semua orang kuasai sejak dini agar komunikasinya dapat berjalan dengan baik.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *