webinar terbit karyawebinar terbit karya

Malang, 25 November 2023 – Webinar “Terbit Karya”, sebuah acara interaktif yang ditujukan bagi para penulis untuk memahami lebih dalam tentang dunia penerbitan, telah sukses diselenggarakan pada Sabtu, 25 November 2023. Acara ini berhasil menarik perhatian 149 penulis dari berbagai latar belakang, yang bergabung melalui aplikasi Zoom pukul 19.00 WIB.

Acara yang dipandu oleh moderator Tika Widya ini menghadirkan Kartina Tri Devaliani sebagai mentor utama. Kartina, yang dikenal dengan karya-karyanya yang inspiratif, membagikan pengalaman dan pengetahuannya mengenai berbagai aspek dalam menerbitkan karya. Webinar ini tak hanya fokus pada cara terbit karya dengan penerbit mayor atau indie, tetapi juga menyelami dunia self-publishing, yang saat ini tengah menjadi tren di kalangan penulis.

Dalam kata pembukanya, Tika Widya menyatakan, “Acara ini dibuat supaya para penulis bisa belajar alur terbit karya di penerbit mayor, indie, maupun self-publish. Tujuannya tentu saja untuk saling mendukung penerbitan karya masing-masing, karena baik saya maupun Kak Tina sebagai mentor adalah penulis yang ingin mendukung penulis lainnya untuk berkarya.” Pesan ini menggambarkan tujuan utama webinar: membentuk komunitas penulis yang saling mendukung.

Kartina Tri Devaliani, dalam sesi interaktifnya, menyampaikan, “Aku yakin kalau penulis-penulis yang punya misi dan hati yang sama bersatu, tidak ada yang tidak mungkin. Kita punya generasi emas, jadi ayo kumpulkan semuanya dan buat perubahan kecil tapi akibatnya besar.” Kata-katanya ini menekankan pentingnya kolaborasi dan dukungan di antara penulis untuk mencapai kesuksesan bersama.

Webinar ini didukung oleh berbagai pihak, termasuk Berimprov, Seruan Kreatif, Knot.by.nad, dan Bengkel Konten. Dukungan ini menunjukkan adanya kebutuhan dan minat yang besar terhadap peningkatan kualitas dan visibilitas karya penulis lokal.

BACA JUGA:   Webinar Menulis Gratis Blogging 101 dari Tika Widya Sukses Tarik Minat 136 Penulis

Sesi tanya jawab menjadi salah satu bagian paling interaktif, di mana para peserta berkesempatan untuk bertanya langsung kepada Kartina dan Tika. Pertanyaan yang diajukan berkisar dari teknis penerbitan hingga bagaimana mengatasi rintangan dalam proses kreatif. Jawaban yang diberikan tidak hanya informatif tetapi juga memotivasi, menegaskan bahwa setiap penulis memiliki potensi unik yang bisa dikembangkan.

Kesimpulannya, webinar “Terbit Karya” berhasil menjadi sebuah platform edukatif dan inspiratif bagi para penulis, terutama dalam menghadapi tantangan penerbitan di era digital. Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan akan lahir lebih banyak karya-karya berkualitas dari penulis lokal yang siap bersaing di panggung literasi nasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *