webinar menulis gratis tika widyawebinar menulis gratis tika widya
webinar menulis gratis tika widya
webinar menulis gratis tika widya

Kelas Webinar Menulis Gratis Tika Widya digelar kembali melalui platform Zoom pada Selasa, 30 mei 2023 kemarin. Dari bulan ke bulan, kelas webinar Tika memang selalu dibanjiri oleh penulis-penulis yang haus ilmu. Terlebih lagi, dia selalu mengusung tema-tema kepenulisan yang menarik dan out of the box. Nah, event kemarin menyuguhkan materi bertajuk “Genre & Style” dalam penulisan fiksi. 

Mengajak Mengenal Lebih Banyak Genre Fiksi

Menurut hasil survey, terdapat 48% buku fiksi terjual selama 2022 menjadi kalimat pamungkas untuk membuka webinar malam itu. Tika menerangkan, jika buku fiksi sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Literary Fiction dan Popular Fiction (yang lebih dikenal dengan sebutan Pop-lit). 

Pada kesempatan tersebut, Tika memberikan banyak wawasan baru kalau genre fiksi sendiri banyak dipilih penulis karena target audiens lebih luas. Berbeda dengan Literary Fiction yang banyak dijumpai di barisan rak karya sastra, biasanya pembacanya dari kalangan sastrawan. 

“Tapi, dua-duanya mempunyai kesamaan seperti ada tokoh yang menarik serta mengandung elemen fiksi yang tidak berbeda,” terang Tika.  Menurut Tika, ada banyak genre fiction dan subgenre yang bisa audiens pahami. Pada kelas kemarin, Tika pun menyebutkan beberapa genre  bisa menjadi referensi penulis, antara lain genre Fiksi ilmiah, Fantasi, Horor, Romance, Thriller, Crime atau Misteri. 

Mengapa Genre Itu Penting?

Webinar Menulis Gratis Tika Widya Mei
Webinar Menulis Gratis Tika Widya Mei

Menurut Tika, menentukan genre itu sangat penting karena dalam membantu penulis mengenali pasar serta target audiens. Tentu saja, cara ini dapat meningkatkan peluang untuk sukses menjadi penulis. 

Di samping itu, Tika juga menyampaikan bahwa genre bisa menjadi batas agar cerita tidak melebar kemana- mana. 

Acara malam itu berjalan lancar, audiens sangat menikmati setiap penjelasan Tika yang “berdaging”, dan lugas. Seperti biasanya, acara gratis ini berjalan lancar atas dukungan para pihak sponsor, yaitu Saungwriter, Detak Pustaka, Seruan Kreatif dan Knot by Nad. Malika Muchtar sebagai Host juga membawakan acara dengan menyenangkan. Sehingga acara yang berlangsung 1 jam lebih pun tak terasa membosankan. Sesi diakhiri dengan swafoto bersama. Tika berharap dapat terus membagikan kelas gratis di momen-momen selanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *