10 Cara Menjaga Kesehatan Mental10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan sesuatu yang harus dipahami bersama, dan belakangan ini menjadi isu yang mencuri perhatian.  Ternyata gangguan fisik yang dialami manusia tak luput dari kondisi mentalnya. Seseorang yang memiliki kondisi mental sehat, juga akan berbadan sehat. Kok bisa?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan mental dan bagaimana tips menjaganya, simak ulasan berikut ini. 

Apa Itu Kesehatan Mental?

apa itu kesehatan mental

Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi kesejahteraan seseorang. Mental sendiri berarti sesuatu yang berkaitan dengan batin serta watak seseorang. Apabila kondisi batin dalam keadaan baik, tenang, dan damai maka dapat dikatakan memiliki kesehatan mental yang baik. 

Center of Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikis serta sosial pada manusia. Apabila terjadi gangguan mental seseorang maka akan berdampak pada emosi, pikiran serta perilaku. 

Penyebab Gangguan Mental

Gangguan mental yang umum terjadi disebabkan oleh faktor biologis dan psikologis. Faktor biologis atau gangguan mental organik penyebabnya antara lain :

  • Kelainan bawaan atau cedera otak
  • Kekurangan oksigen pada otak saat proses persalinan   
  • Riwayat gangguan mental dari orang tua atau sanak keluarga lain
  • Penyalahgunaan NAPZA
  • Kekurangan nutrisi

Sementara faktor psikologis disebabkan oleh peristiwa traumatik hingga perasaan rendah diri, marah atau kesepian. Menurut WHO, stress juga bisa menjadi penyebab gangguan mental. 

Gejala Gangguan Mental

Gejala gangguan mental yang umum dapat kamu ketahui, seperti:

  • Meyakini adanya sesuatu yang tidak nyata
  • Berhalusinasi
  • Suasana hati yang berubah-ubah
  • Perasaan sedih yang berlangsung terus menerus
  • Mengalami gangguan makan
  • Perubahan pola tidur
  • Sering marah
  • Melakukan perilaku yang tidak wajar
BACA JUGA:   Ini 4 Zat yang Menyebabkan Efek Rumah Kaca

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

kesehatan mental itu penting

Kesehatan mental menjadi komponen penting untuk pada kehidupan manusia, mulai anak-anak hingga dewasa. Beberapa kasus gangguan mental yang ditemukan, penyebabnya adalah gangguan traumatik di masa kecil yang berpengaruh pada perkembangan jiwanya di masa dewasa. Oleh karena itulah, penting sekali bagi seseorang itu mempunyai kondisi mental yang sehat sejak kecil. 

Mempunyai kesehatan mental yang baik, maka dapat mencegah risiko berbagai penyakit fisik. Nah, untuk mengetahui bagaimana kondisimu, kamu bisa melakukan kesehatan mental test. Saat ini beberapa tes kesehatan mental mudah kamu temui di internet. 

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Melihat pentingnya menjaga kondisi mental tetap baik, maka berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mental.

Tidur Tepat Waktu

Ketahuilah bahwa tidur memberikan dampak yang besar pada suasana hati seseorang. Kurang tidur dapat berdampak pada gangguan emosi. 

Cobalah untuk menjaga kualitas tidur dengan tidur tepat waktu. Hindari penggunaan gadget atau aktivitas yang dapat mengganggu jam tidur. Cara lain adalah tidak mengonsumsi kafein berlebihan di siang hari atau sebelum jam tidur. Dan jangan lupa, matikan lampu kamar sesaat sebelum tidur. 

Baca Juga: 6 Manfaat Latihan Menulis Jurnal untuk Self Healing

Mengonsumsi Makanan Yang  Bergizi

Terdapat hormon yang mempunyai peran membawa pesan ke dalam sel otak, yaitu serotonin. Hormon ini berfungsi memperbaiki suasana hati dan perasaan bahagia.  Seseorang yang kekurangan hormon ini akan mempunyai mood yang buruk, lama-kelamaan akan membuat mental terganggu. 

Salah satu cara untuk meningkatkan hormon serotonin adalah dengan mengonsumsi makanan kaya triptofan, misalnya, salmon, telur atau keju. Namun hati-hati saat mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan dan berdampak buruk pada kesehatan fisik. 

Bermain Game

Bermain game merupakan hobi yang bersifat adiktif, namun ternyata bermanfaat positif bagi tubuh. Hal ini dikarenakan dengan bermain game, tubuh memproduksi hormon dopamine. 

BACA JUGA:   Money Parenting: Mengajarkan Anak Berinvestasi Sejak Dini

Hormon dopamine mempunyai fungsi mengendalikan emosi manusia. Ketika tubuh melepaskan hormon dopamin, maka akan merasa lebih bahagia dan senang. Sebaliknya, saat kekurangan hormon dopamin, maka suasana hati akan buruk dan meningkatkan risiko depresi. 

Olahraga

Pada saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini akan membantu menyingkirkan stress dan meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap hari atau berenang di akhir pekan. 

Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri
Menghargai diri sendiri

Tips menjaga kesehatan mental yang selanjutnya adalah menghargai diri sendiri. Seringkali, manusia melihat hal-hal yang buruk tanpa menyadari ada hal baik dalam diri. Oleh karena itu, mulaikan menghargai setiap usaha yang kamu lakukan, apapun hasilnya. 

Pujilah setiap aktivitas yang kamu lakukan hari ini. Jika perlu, luangkan waktu untuk “me time”, sebagai bentuk bersyukur atas waktu hidup yang Tuhan berikan hari ini. Bersyukur pada Tuhan adalah salah satu menghargai diri sendiri. Jika perlu, hindari hal-hal yang memicu rasa rendah hati. 

Mengelola Stres Dengan Baik

Tidak dapat menampik, stres merupakan bagian dari kehidupan yang melekat sepanjang hidup. kamu tidak dapat menghindari stres, tapi dapat mengelolanya dengan baik. 

Caranya dengan menonton film, mendengarkan musik, menulis cerpen atau melakukan hal-hal yang kamu sukai. Lakukan beberapa hal yang membuat kamu merasa lebih baik, dan carilah solusi yang positif untuk meredakan stres. 

Membantu Orang Lain

Sebuah penelitian menemukan bahwa tips menjaga kesehatan mental adalah dengan membantu orang lain. Membantu orang lain dapat memunculkan perasaan positif. Selain itu, kamu juga akan lebih menghargai diri sendiri karena telah berbuat sesuatu hal yang baik.

Tak hanya itu, membantu orang lain dapat menjaga kamu terus terkoneksi dengan orang lain. Sehingga dapat mengurangi rasa kesepian. 

Mengikuti Kursus 

Tips menjaga kesehatan mental yang lain adalah mengikuti kursus untuk menambah keterampilan baru. Mempelajari sesuatu yang baru dapat meningkatkan kesejahteraan mental, serta harga diri seseorang. 

BACA JUGA:   PIP UMi: Superhero yang Berhasil Bangkitkan UMKM Indonesia

Selain itu, mengikuti kursus juga membuka peluang untuk bertemu dengan banyak orang, untuk saling berbagi dan bercerita. Ketika kamu terhubung dengan orang lain, maka dapat membuka peluang untuk saling memberikan dukungan emosional. Alih-alih menyendiri, kamu bisa berkumpul dengan keluarga atau teman-teman baru di tempat kursus. 

Terlebih lagi, kemajuan teknologi memudahkan kamu mengikuti banyak kegiatan dan bertemu orang baru di media sosial. 

Baca Juga: 4 Kursus Menulis Online yang Wajib Kamu Ambil

Mengakui Adanya Perasaan Negatif

Tips lain untuk menjaga mental tetap sehat adalah mengakui adanya emosi yang negatif di dalam diri. Tidak perlu menahan rasa sedih, marah atau kecewa. Karena perasaan negatif tersebut normal dialami setiap manusia. 

Kamu hanya perlu mengakui perasaan tersebut dan meredakannya dengan cara yang baik. Misalnya bermeditasi atau bercerita dengan orang lain. Dengan begitu, perasaan negatif di dalam diri tidak terus tertahan berlarut-larut dan menyebabkan gangguan mental  maupun fisik. 

Meminta Bantuan Tenaga Ahli

Tips terakhir untuk menjaga kestabilan mental adalah berkonsultasi dengan tenaga ahli, seperti psikolog. Terlebih jika kamu merasakan gejala kesehatan mental yang terus menerus tak kunjung membaik, hingga berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Psikolog akan membantu kamu dan menjadi mediator untuk menggali hal-hal positif di dalam diri. Jangan ragu untuk datang dan berkonsultasi dengan psikolog. 

Tenang, kini hadirnya teknologi memudahkan langkahmu. Kamu bisa mudah berkonsultasi dengan psikolog hanya dari genggaman gadget saja, loh. Jadi, kamu tidak perlu lagi susah payah ke luar rumah hanya untuk mendapatkan layanan kesehatan mental. 

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mental yang bisa kamu coba terapkan dalam sehari-hari. Tanamkan hal-hal positif, untuk mendapatkan jiwa yang sehat. Sudahkah kamu melakukannya?

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *