Tempat Kursus Menulis Online
Uncategorized

4 Kursus Menulis Online Yang Wajib Kamu Ambil!

Untuk kamu yang memiliki hobi atau ketertarikan di bidang tulis-menulis, pastinya kamu pernah memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuanmu. Selain dengan terus berlatih, ternyata saat ini terdapat banyak kursus menulis online yang dapat kamu ikuti, lho! Jadi, kamu dapat mengetahui berbagai seluk-beluk tentang dunia kepenulisan dari rumah!

Dengan mengikuti kursus menulis online, maka kamu akan menghemat waktu yang kamu miliki karena dapat mengikuti kursus dari rumah.

Selain itu, ada banyak platform yang kini menawarkan kursus menulis online gratis yang tentu kualitas ilmunya tidak kalah dengan yang berbayar. Mulai dari kelas menulis online untuk pemula, hingga untuk yang sudah berpengalaman, semuanya telah banyak ditawarkan oleh platform-platform tersebut.

Oleh karena itu, berikut kami rekomendasikan 4 kursus menulis online versi tikawidya.com yang wajib kamu ikuti!

4 Kursus Menulis Online Yang Wajib Kamu Ambil

Udemy

Udemy bisa kursus menulis online

Platform belajar menulis online pertama yang dapat kamu ikuti adalah Udemy. Ada banyak pilihan yang dapat kamu temukan di Udemy. Mulai dari belajar menulis cerpen, belajar menulis artikel opini, esai, opini, hingga belajar menulis novel. Selain itu, di Udemy juga tersedia kursus online tentang cara untuk menuangkan ide dan teknik menulis bebas. 

Kursus menulis di Udemy ini juga menyediakan sertifikat kelulusan yang dapat kamu unduh. Sayangnya, tidak semua sertifikat kursus menulis dapat kamu unduh secara gratis. Tetapi, kamu tidak usah khawatir, karena Udemy memiliki banyak penawaran menarik dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan, lho!

Klik di sini untuk melihat kursus di Udemy

Skill Academy

kursus online skill academy

Nama platform kursus menulis online ini sempat melejit saat pelaksanaan Kartu Prakerja marak di Indonesia. Benar, Skill Academy adalah platform yang telah pemerintah pilih sebagai tempat untuk peserta pelatihan prakerja untuk belajar dan meningkatkan skill yang mereka miliki.

Ternyata, untuk kamu yang bukan peserta pelatihan prakerja juga dapat mengikuti berbagai kursus di Skill Academy, lho! Salah satunya adalah kursus menulis online!

Di Skill Academy, kamu dapat menemukan kursus dari kelas jurnalistik hingga kursus menulis untuk aplikasi. Selain itu, pemateri yang mengisi kelas pun berasal dari orang-orang yang memiliki pengalaman dan profesional di bidang kepenulisan. Oleh karena itu, Skill Academy dapat kamu jadikan pilihan untuk mulai belajar menulis secara online!

Klik di sini untuk melihat kursus di Skill Academi

Coursera: Kursus Online dari Universitas Ternama

kursus menulis online coursera

Berikutnya adalah Coursera, yakni platform belajar online yang berbasis di Amerika Serikat. Di Coursera, selain kursus dalam bahasa Indonesia, kamu juga dapat menemukan kursus dalam bahasa asing lainnya. Jadi, pemateri di Coursera juga ada yang berasal dari luar negeri.

Coursera juga memiliki sistem evaluasi berkala, sehingga kamu akan mendapatkan ujian pemahaman dari materi dan kelas yang telah kamu ikuti.

Selain kursus, Coursera juga menyediakan kelas online untuk gelar dan sertifikat dari berbagai universitas ternama di seluruh dunia. Oleh karena itu, kamu sangat wajib untuk mengambil kelas menulis di Coursera!

Klik di sini untuk melihat kursus di Coursera

Alison

kursus online alison

Platform terakhir yang dapat kamu pilih sebagai tempatmu belajar menulis adalah Alison. Namun, saat ini Alison hanya menyediakan pembelajaran dalam bahasa Inggris.

Alison juga menyediakan fitur catatan dan evaluasi berkala, baik untuk kursus, gelar diploma, maupun pelatihan biasa. Dengan banyak kelas menulis gratis, baik untuk pemula atau profesional, maka Alison dapat menjadi salah satu platform internasional untuk meningkatkan kemampuan menulismu.

Klik di sini untuk melihat kursus di Alison


Itulah empat platform yang menyediakan kursus menulis online yang wajib kamu ikuti. Selain untuk mendapatkan sertifikasi, kursus online juga dapat membantumu untuk membentuk karir di bidang kepenulisan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image