cara menjadi penulis novel
Tutorial Menulis

Cara Untuk Menjadi Penulis Novel

Kamu tertarik untuk menjadi seorang penulis, khususnya penulis novel? Maka, kamu wajib menyimak cara untuk menjadi penulis novel berikut!

Tetapi, sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, ada baiknya kamu tahu apa sih novel itu sebenarnya.

Pada dasarnya, novel adalah salah satu karya sastra yang memiliki bentuk prosa. Novel merupakan karya fiksi yang menceritakan tentang seseorang, suatu kejadian, atau sebuah situasi.

Saat ini, ada banyak jenis novel dengan berbagai genre yang dapat kamu nikmati. Selain bentuk fisik, penulis novel terkenal maupun pemula kini mulai mempublikasikan karyanya melalui media online. Salah satu aplikasi untuk penulis dan pembaca novel yang terkenal adalah Wattpad.

Cara Untuk Menjadi Penulis Novel

Nah, jika kamu tertarik untuk memulai karir sebagai penulis, maka berikut cara-cara untuk menjadi penulis novel yang dapat kamu ikuti!

Mulailah Menulis Novel

Tentu saja, cara pertama untuk menjadi seorang penulis novel adalah dengan mulai menulis. Kamu dapat memulainya dengan menulis cerita pendek, yang kemudian kamu coba kembangkan menjadi cerita bersambung. Hingga akhirnya, kamu dapat mencoba untuk menjadikan karyamu ke sebuah naskah novel.

Biasanya, penulis pemula akan bingung dalam mengembangkan alur dari ceritanya. Hal ini karena novel memiliki alur yang mengalir dan saling berhubungan antara satu bab dengan bab lainnya. 

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengembangkan alur ceritamu adalah dengan rajin mencatat poin cerita, banyak mencari referensi, lakukan eksperimen terhadap alur dan karaktermu, hingga menuliskan ide atau kerangka yang kamu miliki. Dengan demikian, cerita yang kamu tulis tidak akan keluar dari alur cerita.

Membaca Dengan Rutin

menjadi penulis novel

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis adalah dengan rajin membaca. Dengan membaca, kamu dapat menemukan ide dan berbagai sudut pandang baru yang dapat kamu jadikan referensi untuk tulisanmu. Selain itu, kamu juga dapat melihat gaya menulis dari setiap karya penulis novel yang kamu baca. Ini juga akan membantumu untuk menemukan gaya menulismu.

Kamu tidak harus membaca semua genre, kok. Kamu dapat mengambil fokus di salah satu genre yang kamu minati. Tetapi, jika kamu ingin mencoba untuk bereksperimen dengan ide-idemu, maka tidak ada salahnya untuk mulai membaca buku dengan genre yang berbeda dari apa yang biasanya kamu baca.

Ayo, Mulai Nikmati Prosesnya!

cara menjadi penulis novel

Banyak penulis pemula yang menyerah di tengah proses menulis karyanya karena merasa bosan, ingin memulai ide baru, atau kehabisan ide. Hal inilah yang sebenarnya berbahaya untuk seorang penulis. Proses menulis naskah novel merupakan salah satu hal yang harus dinikmati jika kamu ingin menjadi seorang penulis novel.

Jika kamu merasa bosan di tengah prosesmu, maka cobalah untuk mengambil waktu istirahat selama beberapa hari. Tetapi, jangan sampai kamu melupakan apa yang telah kamu kerjakan, ya? Buatlah reminder untuk melanjutkan tulisanmu.

Berikutnya, kamu dapat membuat struktur atau kerangka cerita yang berisikan ide serta poin-poin yang ingin kamu kembangkan. Dengan demikian, saat kamu merasa kehabisan ide di tengah jalan, kamu dapat memeriksa catatan kamu kembali dan mengembangkan setiap ide dan poin yang kamu tulis sebelumnya.

Pelajari Ketentuan Dari Penerbit

cara menjadi penulis novel

Langkah berikutnya adalah dengan mempelajari mekanisme atau aturan-aturan penerbit novel. Setiap penerbit tentunya memiliki ketentuan yang berbeda untuk naskah novel yang dapat diterima. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui ketentuan umum yang setiap penerbit miliki.

Selain menyasar penerbit, sebagai langkah awal untuk mengembangkan kemampuan menulis dan kualitas tulisanmu, kamu dapat mulai mempublikasikan karyamu di platform menulis dan membaca. Seperti, Blog, Wattpad, dan lain-lain. Dengan demikian, kamu sudah membuka peluang agar karyamu dibaca oleh orang lain, lho!

Demikianlah beberapa cara untuk menjadi penulis novel dari tikawidya.com. Ingat, jangan takut untuk mulai menulis dan bereksperimen!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image