Tutorial Menulis

Cara Membuat Script Film Pendek Yang Menarik

Kamu memiliki ketertarikan untuk memulai karir di dunia perfilman? Kamu dapat mencoba untuk menulis script film pendek! Berikut beberapa cara membuat script film pendek!

Naskah atau script merupakan salah satu unsur yang sangat penting di dunia perfilman.

Tanpa naskah, maka film yang diciptakan tidak akan dapat diproses. Naskah, selain sebagai pengatur alur cerita, juga sebagai dasar dari film itu tercipta.

Skenario memiliki setiap adegan-adegan yang berisikan uraian yang detail perihal aksi, dialog, hingga latar

Untuk menulis skenario pun ada aturannya, lho! Kamu dapat melihat model atau bentuk skenario dari contoh script film pendek yang banyak tersebar di internet.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan web atau aplikasi menulis skenario seperti Final Draft, Celtx, dan lain-lain.

Cara Menulis Script Film Pendek

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat script film pendek!

Lakukan Persiapan Menulis

Sebelum menulis script film pendek, ada baiknya kamu melakukan riset atau mempelajari skenario yang menurutmu baik dan menarik. Dengan demikian, kamu akan memiliki bayangan akan bagaimana skenariomu nantinya. Mulai dari jenis cerita, durasi, adegan tertentu yang menurutmu menarik, hingga tokoh-tokoh yang hendak kamu ciptakan.

Tuliskan Ide Yang Kamu Miliki

Berikutnya, setelah kamu menentukan kira-kira akan seperti apa skenariomu, maka kamu dapat menuliskan ide-ide yang kamu miliki. Kamu dapat menulisnya dalam bentuk poin-poin. Tetapi, jangan menulis terlalu banyak poin. Buatlah dengan singkat, padat, dan jelas.

Selain itu, tulislah garis besar dari cerita yang hendak kamu tuangkan ke dalam skenariomu. Ini merupakan salah satu cara membuat skenario lebih terstruktur dan runtut.

Mulailah Membentuk Premis!

cara membuat script film pendek

Pada dasarnya, premis adalah dasar cerita dan masalah yang menjadikan cerita itu berjalan. Premis sangat penting untuk menulis naskah apapun. Dengan adanya premis, maka naskah yang kamu buat akan memiliki landasan atau dasar dalam pengerjaannya. Premis juga mempermudah penulis dalam menuangkan idenya ke dalam bentuk naskah.

Beberapa hal penting yang harus ada di dalam premis adalah:

  • Karakter beserta detailnya
  • Aksi hingga tindakan yang dilakukan
  • Situasi yang terkandung

Contoh premis: seorang anak perempuan yang tersesat di tengah hutan saat hendak membawa buah apel untuk neneknya.

Berikutnya, jika kamu telah menentukan premis, maka kamu dapat langsung mengembangkannya menjadi skenario dengan plot-plotnya. Berikut tipsnya:

  • Jadikan 1 kalimat yang tadi kamu buat (premis) menjadi 3 kalimat penjabaran. Pastikan ketiga kalimat mewakili setiap unsur yang ada, yakni karakter beserta detailnya, aksi hingga tindakan yang dilakukan, dan situasi yang terkandung.
  • Tulis hubungan sebab-akibat yang ada.

Contoh: Suatu hari, Anne hendak membawakan satu keranjang apel segar untuk neneknya di kampung. Di tengah perjalanan, ia lupa arah ke kampung sehingga ia tersesat ke sebuah hutan. Alhasil, ia harus berusaha keluar dari hutan tersebut dengan usahanya sendiri.

Buat Sinopsis Panjang dan Cerpen

cara membuat script film pendek

Setelah kamu melakukan hal di atas, maka kamu dapat lanjut untuk membuat sinopsis panjang atas premismu. 3 kalimat pendek tadi selanjutnya kamu kembangkan menjadi 3 paragraf dengan kalimat utamanya adalah 3 kalimat pendek tadi. Jadi, setiap paragraf memiliki 1 kalimat utama. Kamu harus menuliskannya secara runtut.

Selanjutnya, ubahlah tiga paragraf tadi ke menjadi sebuah cerpen. Jangan lupakan struktur utama ceritamu, sinopsis panjang, dan premis yang kamu buat tadi, ya!

Membuat Skenario

cara membuat script film pendek

Setelah kamu berhasil melakukan langkah sebelumnya, maka kamu sudah bisa menuangkannya ke dalam bentuk skenario. Tipsnya adalah, satu paragraf dituangkan menjadi satu adegan yang berisikan detail latar hingga tindakan tokoh. Lakukan hingga paragraf terakhir dari sinopsismu menjadi adegan (scene) terakhir dalam skenariomu.

Demikianlah cara membuat script film pendek yang dapat kamu coba. Semoga artikel dari tikawidya.com ini bermanfaat, ya!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image