materi pelatihan jurnalistik
Tutorial Menulis

7 Materi dalam Pelatihan Jurnalistik

Hal yang utama, melalui bahasa jurnalistik, diharapkan sebuah informasi dapat lebih mudah masyarakat pahami. Ada banyak pelatihan jurnalistik online yang bisa kamu ikuti bahkan dengan budget minim. Adapun materi-materi yang akan kamu dapatkan antara lain:

1. Dasar-dasar Jurnalistik

Pengenalan mengenai pengertian, pemahaman bahasa jurnalistik dan hal-hal mendasar tentang dunia jurnalistik. Selain itu, pengetahuan mengenai sejarah dan teori-teori jurnalistik juga akan kamu peroleh.

2. Kode Etik Jurnalistik

Sama halnya dengan dokter dan pengacara, wartawan juga memiliki kode etik yang harus mereka ikuti. Sikap seorang jurnalis ini telah Pemerintah dalam UU tentang Pers. Beberapa poin pentingnya antara lain menghormati privasi, tidak mencampur fakta dan opini, tidak menerima suap, dll. 

3. Manajemen Keredaksian dalam Pelatihan Jurnalistik

Merupakan penerapan dari fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan dalam mengelola materi pemberitaan. Tingkatan manajemen dalam dunia redaksi yaitu pimpinan redaksi, wakil pimpinan atau redaktur pelaksana dan manajemen operasional.

4. Proses Bisnis Media Surat Kabar

pelatihan jurnalistik

Proses komunikasi dan informasi surat kabar pada era modern ini mengalami transformasi dari media cetak menjadi online. Masih ada bentuk print tapi jumlahnya berkurang banyak. 

Hal ini membuat media cetak mencari cara baru dalam menghadapi persaingan bisnis. Kamu juga akan mempelajari proses bisnis ini dalam materi pelatihan jurnalistik.

5. Teknik Reportase dan Wawancara 

Teknik reportase adalah suatu cara bagaimana seorang jurnalis mencari berita. Ada 3 cara dalam teknik reportase yaitu observasi, interview dan riset data.

Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung di lokasi peristiwa. Sedangkan wawancara adalah mencari informasi dengan cara bertanya pada narasumber. Selanjutnya, riset data bisa kamu lakukan dengan cara mengumpulkan dokumen sebagai data pendukung.

6. Teknik Penulisan

Saat menulis berita, kamu baiknya memperhatikan kaidah penulisan yang benar dan menggunakan kalimat efektif. Pada pelatihan jurnalistik kamu akan mendapatkan pembahasan secara umum tentang news writing, feature writing, menulis press release dan penyuntingan artikel

7. Fotografi Jurnalistik

pelatihan jurnalistik

Dalam fotografi jurnalistik, wartawan menggunakan bahasa visual untuk menyampaikan pesan ke masyarakat. Tentu saja dengan tetap memperhatikan kode etik jurnalistik yang ada. 

Kesimpulan

Begitulah kira-kira contoh pelatihan jurnalistik. Saat ini kamu bahkan bisa menemukan banyak pelatihan sejenis yang diadakan secara online. Jika kamu ingin menekuni bidang ini, maka baiknya kamu menguasai hal-hal di atas. 

Lebih daripada itu, melalui program pelatihan jurnalistik yang terstruktur, proses pembelajaranmu bisa lebih optimal. Demikian pula, kemampuanmu dalam menyampaikan berita akan meningkat. Jadi, pastikan kamu mengikuti program pelatihan yang kredibel dengan materi-materi yang jelas.

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image