Tutorial Menulis

7 Cara Membuat Script Video yang Memikat Penonton

Hal yang utama, bisa menulis script video adalah modal utama kesuksesan seorang influencer. Sebab dengan adanya keberadaan script, videomu akan menarik, jelas, tidak belibet kesana-kemari, padat dan teratur. Berikut ini adalah cara membuat script video youtube yang bisa kamu pelajari.

1. Memulai dengan brief yang apik

Ada beberapa pertanyaan kunci yang bisa kamu gunakan untuk menulis brief yang efektif. Pertama adalah apa tujuan dari videonya, lalu siapa penontonnya, apa topiknya. 

Selanjutnya apa yang penonton pelajari dari videomu, apa yang kita inginkan kepada penonton setelah video selesai. Selain itu, brief akan memudahkan kamu dan tim proyekmu mengerjakan video bersama.  

2. Menulis outline

Setelah menuliskan brief, kembangkan menjadi garis besar atau outline. Lakukan ini sebelum kamu menulis sebuah naskah penuh. Kamu bisa membagi videomu ke dalam beberapa subtopik dan pastikan bagaimana pastinya dialog atau monologmu kamu sampaikan.

3. Menyusun dialog

membuat script video vog

Selanjutnya adalah membuat naskah video dengan cara menyusun dialog sederhana dari outline yang sudah kamu buat. Gunakan bahasa yang mudah penonton mengerti.

4. Membuat pancingan (hook)

Tujuannya adalah agar video yang kamu buat mendapatkan perhatian penonton dengan cepat. Ibarat seperti ikan yang tersangkut kail (hook). 

Terdapat 2 jenis hook, yaitu: 

  • straight hook 
  • in-media res hook

Straight hook membuat penonton bisa segera mengetahui apa yang akan mereka dapatkan dari melihat videonya. Sedangkan in medias res hook menampilkan cerita pada bagian awal dan hook-nya ada pada akhir video.

5. Bagian isi script video

Bagian ini merupakan bagian inti dan hal terpenting yang harus kamu susun dengan rapi. Tentu saja, kamu bisa menambahkan konteks lain seperti data sederhana untuk membuatnya lebih menarik. 

6. Midpoint engagement

cara membuat script video

Setelah mencapai isi video, mungkin penonton akan merasa bosan. Cara membuat script video yang bagus adalah tarik perhatiannya kembali. Kamu bisa meanmbahkan sebuah pertanyaan. Tujuan dari ini adalah agar mereka merasa terlibat.

7. Menutup dengan kalimat CTA (Call to Action)

Tarik perhatian penonton untuk tetap mengikuti kanalmu. Pada bagian ini kamu bisa mengaitkannya dengan bagian midpoint engagement dan isi agar naskah videomu menjadi satu kesatuan. 

Contoh membuat script bagian ini adalah: 

Itulah review mengenai penggunaan aplikasi canva. Semoga bisa menambah pengetahuan, jangan lupa like, kasi comment dan berlangganan ya. Jadilah orang pertama pertama yang mendapat informasi dariku dengan menekan tombol lonceng. 

Kesimpulan

Demikian gambaran cara membuat script video youtube. Tetap ikuti panduan di tikawidya.com untuk mendapatkan video YouTube yang bagus agar kamu bisa memancing penonton untuk menekan tombol subscribe. Sekian artikel cara membuat script video yang bisa memikat penonton. Semoga bermanfaat.

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image