pekerjaan penulis novel
Tips Menulis

Pekerjaan Penulis Novel di Indonesia

Tahukah kamu kalau dari sekian banyak pekerjaan yang ada di Indonesia, pekerjaan penulis novel jadi salah satu yang menjanjikan? Hal ini karena penulis novel mendapatkan pemasukan dari royalti dan jumlah buku yang terjual. Apalagi kalau novel yang kamu tulis ternyata terkenal dan booming.

Sumber Penghasilan Pekerjaan Penulis Novel

Penghasilan penulis novel tidak lepas dari royalti penjualan buku atau jumlah pembaca. Kedua sumber penghasilan penulis novel ini tentunya tergantung dari platform yang digunakan untuk publikasi. Secara lengkap, berikut adalah kisaran gaji pebbbbbbbbbnulis novel berdasarkan masing-masing platform.

1. Novel Online

Sumber gaji penulis novel pertama adalah melalui publikasi novel secara online. Contohnya melalui platform menulis dan membaca online seperti Storial.co, Wattpad, Novelme, dan lainnya. Cara mendapatkan gaji penulis novel melalui platform ini tentunya berbeda-beda.

Misalnya penulis Storial.co mendapatkan gaji dari Storial Coin yang pembaca bayarkan. Semakin banyak Storial Coin yang kamu dapatkan maka semakin besar gajinya. Misalnya 100 orang pembaca akan menghasilkan 100 ribu rupiah untuk setiap novel yang kamu tulis.

2. Novel Cetak

Sumber gaji penulis novel yang paling familiar bagi orang awam adalah melalui novel cetak. Novel yang kamu cetak menjadi sebuah buku akan melalui proses penyaringan dan penerbitan oleh penerbit buku terlebih dahulu. Selanjutnya, penghasilan akan kamu dapatkan dari royalti buku novel yang telah terjual.

Royalti ini umumnya berjumlah 10% hingga 15% dari total penjualan novel di pasaran. Persentese ini ditentukan dari besar atau tidaknya namamu sebagai seorang penulis novel. Jadi semakin terkenal kamu maka semakin besar persentase royalti yang bisa kamu dapatkan.

3. Novel Digital

Selain melalui dua cara di atas, kamu juga bisa mendapatkan gaji penulis novel dari menerbitkan novel digital. Novel digital berbeda dengan novel online karena umumnya berbentuk buku elektronik atau e-book. Penjualan e-book dari novel tulisanmu inilah yang nantinya menjadi sumber penghasilan.

Selain tidak perlu melalui penerbit, semua hasil penjualan e-book bisa kamu nikmati tanpa potongan. Kamu juga bisa menentukan harga jual dari e-book ini. Hanya saja semua hal mulai dari penulisan, desain cover, hingga pemasaran harus kamu urus secara pribadi.Dengan informasi tentang pekerjaan penulis novel di atas, kamu pasti jadi tertarik untuk jadi penulis novel bukan? Atau bahkan kamu jadi tidak ragu lagi untuk mulai mempublikasikan novelmu. Tentunya dengan penerbit yang sudah terkenal dan tidak diragukan kredibilitasnya.

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image