penulisan rupiah yang benar
Tips Menulis

Ketentuan Penulisan Rupiah yang Benar

Kamu tahu tidak sih, kalau masih banyak orang yang keliru dalam menulis harga dengan rupiah. Padahal penulisan rupiah yang benar merupakan hal yang harus kita lakukan, agar tidak memberikan informasi yang salah seputar harga.

Untuk menulis rupiah dengan benar, terdapat ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan PUEBI. Berikut ini beberapa ketentuan penulisan mata uang asli negara kita. Yuk, simak dengan baik!

Menulis Simbol Rupiah dengan Benar

Dalam menulis harga dengan mata uang, hal pertama yang perlu kita lakukan tentunya adalah mencantumkan simbol mata uang tersebut. Begitu juga dengan rupiah.

Pada rupiah, penulisan yang benar adalah dengan menggunakan simbol (Rp). Perhatikan huruf kapital dan huruf kecil dari simbol tersebut ya, teman-teman, dan jangan sampai salah menulis singkatan ini.

Kamu harus memahami bahwa Rp merupakan simbol mata uang, bukan singkatan dari rupiah. Sama halnya dengan simbol dollar ($) dan yen (¥). Jadi, tidak boleh kamu ikuti dengan tanda titik (.).

Menulis Nominal

Setelah menulis simbol Rp, langkah selanjutnya adalah menulis nominal. Pada penulisan rupiah, kamu tidak perlu memberikan spasi antara simbol dan nominal. 

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tanda titik (.) untuk membatasi tiap 3 digit angka. Kamu juga harus menambahkan dua pecahan desimal setelah nominal utama yang dibatasi dengan tanda koma (,).

Meskipun Indonesia tidak memiliki pecahan sen, hal ini tetap perlu kamu lakukan untuk mengikuti ketentuan nilai tukar mata uang.

Contohnya yaitu sebagai berikut.

  • Rp100.000,00
  • Rp45.500,00

Menulis Juta, Miliar, dan Triliun

Penulisan juta rupiah yang benar yaitu memiliki 6 digit angka setelahnya. Contohnya seperti Rp4.500.000,00.

Sedangkan untuk penulisan miliar rupiah yang benar yaitu memiliki 9 digit angka pengikut. Contohnya yaitu Rp12.000.000.000.

Dan penulisan triliun rupiah yang benar yaitu memiliki 12 digit angka pengikut. Contohnya seperti Rp2.000.000.000.000.

Baca juga : Berbagai Tips Menulis oleh Tika Widya

Menulis Keterangan Harga

Dan yang terakhir, pada penulisan harga biasanya juga diikuti dengan keterangannya. Contohnya seperti harga per lembar dan harga per gram. Untuk melakukan penulisan per yang benar ini, kamu harus menggunakan tanda garis miring (/) sebagai pemisah. Yaitu seperti:

  • Rp12.500,00/100 gram
  • Rp500,00/lembar

Nah, itu dia ketentuan penulisan rupiah yang benar. Jangan lupa untuk menerapkannya agar tidak salah lagi ya, teman-teman!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image