content writer vs copywriter
Tips Menulis

Content Writer vs Copywriter: Apa Bedanya? [Infographic]

Kamu pasti pernah dengar tentang content writer dan copywriter. Terlebih lagi jika kamu memang sedang menjelajahi cara mendapatkan penghasilan sendiri dari menulis. Apa sebenarnya perbedaan yang mendasar dari content writer dan copywriter? 

Saya akan membahasnya secara menyeluruh dalam postingan kali ini. 

Definisi Content Writer dan Copywriter

Pada dasarnya, content writer adalah orang yang bekerja untuk menuliskan konten edukatif, informatif dan hiburan bagi pembaca. Sedangkan, copywriter adalah penulis yang bertugas menjual brand, produk dan layanan tertentu melalui tulisannya. 

Copywriting termasuk dalam salah satu jenis content writing. Namun, content writing tidak selalu copywriting. Kedua cabang penulisan ini erat kaitannya dengan dunia digital meskipun keduanya juga tidak selalu terpublikasi secara online. 

content writer vs copywriter

Content Writer

Seorang content writer biasanya menuliskan konten yang berisi informasi yang orang cari. Tulisannya sendiri kebanyakan berupa artikel ataupun konten media sosial. 

Tidak selalu soal menjual brand, content writer juga bisa memproduksi konten hiburan untuk menarik pembaca. Hal yang utama bagi mereka adalah memberi kontribusi jangka panjang bagi pengembangan strategi brand. 

Content writer menulis dengan berbagai macam gaya. Namun, biasanya tulisan yang mereka buat cenderung panjang dan penuh dengan hal-hal penting. 

Untuk menjadi content writer kamu perlu memahami bagaimana cara membuat artikel SEO, script dan skenario serta konten digital lainnya. 

Copywriter 

Copywriter adalah penulis yang bertugas memasarkan atau menjual produk. Karena fokusnya adalah penjualan maka copywriter harus berlatih penulisan persuasif sehingga dapat meyakinkan audiens untuk membeli sebuah produk atau layanan. 

Bentuk tulisan copywriter biasanya berupa iklan, script, caption promo dan landing page. Berbeda dengan content writer yang edukatif, copywriter menitikberatkan pada conversion. Dalam artian, tulisan copy harus dapat mengubah pembaca yang ingin tahu menjadi pembeli. 

Gaya penulisan copywriter biasanya pendek dan singkat. Namun, ada juga yang panjang seperti landing page. Contoh landing page dapat kamu temukan pada tautan berikut ini

Menulis untuk Mendapatkan Penghasilan 

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi copywriter maupun content writer. Caranya adalah dengan menawarkan jasa penulisan artikel dan konten melalui media sosial maupun platform-platform freelance. 

Meskipun demikian kamu harus terlebih dahulu memahami bidang pekerjaan menulis sebelum mulai menawarkan jasamu. Ikuti terus https://tikawidya.com untuk mendapatkan informasi menulis bagi pemula maupun advance. 

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image