Cara Menulis Sinopsis Novel Secara Mudah
Tips Menulis

Cara Menulis Sinopsis Novel Secara Mudah

Menulis sinopsis novel sangat di perlukan, saat akan menerbitkan sebuah novel. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca atau penerbit dalam memahami novel secara garis besar. Penulisan sinopsis novel harus singkat dan jelas dalam menceritakan alur novel.

Menulis sinopsis harus singkat, jelas dan menggambarkan semua isi cerita secara keseluruhan. Maka dari itu, kamu harus memahami tata cara penulisannya agar novelmu menarik perhatian penerbit. Penerbit akan menerbitkan novelmu jika ceritanya menarik.

Apa itu  Menulis Sinopsis ?

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita pada novel dalam bentuk yang lebih singkat dan rinci sehingga dapat lebih mudah dipahami pihak penerbit.

Jumlah kata untuk sinopsis biasanya tidak lebih dari 400 kata atau maksimal 12 halaman. Batasan penulisan ini dapat menjadi patokan untuk menulis sinopsis novel karena dengan begitu akan lebih singkat, pada dan jelas dalam menggambarkan isi novel.

Cara Menulis Sinopsis

Cara menulis sinopsis novel cukuplah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Agar sinopsis novelmu lebih menarik kamu bisa mengikuti beberapa cara menulis sinopsis berikut ini.

  • Rangkum Isi Cerita 

Pertama, rangkum isi cerita novel dari awal hingga akhir. Dengan begitu, kamu bisa menggambarkan isi novel secara lebih jelas dan rinci. Tujuannya adalah untuk membuat cerita novel tergambarkan secara rinci dan runtut.

  • Gunakan Bahasa yang Menarik

Kedua, pilih pengggunaan bahasa yang menarik, lugas dan singkat. Tujuannya adalah agar pembaca tidak bosan pada saat membaca sinopsis. Selain itu, pembaca dapat menangkap garis cerita novel dengan baik.

  • Ceritakan karakter Novel

Ketiga, ceritakan karakter yang dimiliki oleh novel. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah untuk mengetahui jumlah karakter dan perannya masing-masing. Kamu bisa membuat poin-poin penting untuk karakter novelnya.

  • Berikan Keunggulan Novel

Keempat, berikan keunggulan novel daripada novel lain. Kamu bisa menambahkan cerita atau alur yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa memberikan tambahan keunggulan yang lain agar lebih menarik.

Menulis sinopsis cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaanya. Kamu perlu menulis sinopsis novel dengan menarik agar penerbit berminat untuk menerbitkan novelmu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti beberapa cara di atas.

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image