Cara Menulis Kuitansi yang Benar
Tips Menulis

Cara Menulis Kuitansi yang Benar

Tahukah kamu, apa itu kuitansi dan bagaimana cara menulis kuitansi? Kwitansi merupakan salah satu bukti transaksi yang sah berbentuk kertas. Fungsi kuitansi sendiri sama seperti nota pembelian. Yaitu sebagai bukti pembayaran dan peminjaman uang. 

Banyak orang yang masih bingung mengenai penulisan kuitansi atau kuitansi. Sesuai dengan KBBI, penulisan yang benar adalah kuitansi. Jadi, jangan sampai keliru lagi, ya!

Nah, untuk mengetahui cara menulis kuitansi pinjaman uang dan pembelian barang berikut, simak penjelasan berikut, ya!

Isi Nomor Kwitansi

Pertama-tama, langkah awal yang harus kamu lakukan dalam penulisan kuitansi adalah mengisi nomor kuitansi. Nomor kuitansi ini adalah urutan kuitansi yang telah kamu gunakan. Kamu bisa menentukan penulisan nomor kuitansi sendiri.

Tulis Nama Lengkap Pemberi Uang

Langkah kedua adalah menulis nama lengkap orang yang menyerahkan uang. Tulis nama lengkap ini setelah tulisan “telah diterima dari …” pada kuitansi.

Penulisan nama ini harus kamu lakukan dengan tulisan yang jelas agar dapat terbaca dengan mudah. Hindari menuliskan nama dengan huruf yang terlalu kecil dan dempet.

Tulis Nominal Uang dalam Kalimat

Setelah penulisan nama lengkap penyerah uang, tulislah nominal uang dalam bentuk kalimat. Bagian ini berada tepat di bawah nama penyerah uang.

Contoh penulisan bilangan nominal uang yang benar yaitu seperti berikut.

Lima Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah

Tulis Tujuan Pemberian Uang

Selanjutnya, sertakan juga maksud dan tujuan dari penyerahan uang pada bagian “untuk pembayaran …”, di bawah bilangan nominal uang.

Contoh tujuan pemberian uang di antara lain yaitu peminjaman uang, pembelian suatu barang, aset, dan tanah.

contoh kuitansi jadi
Contoh Kuitansi

Tulis Nominal Uang dalam Rupiah

Selain menuliskan nominal dalam bilangan, pada kuitansi, kamu juga harus menuliskan nominal dalam rupiah. Bagian ini terletak di bawah kiri kuitansi.

Penulisan nominal uang dalam rupiah yang benar adalah seperti contoh berikut.

Rp. 5.175.000,- 

Tulis Tempat dan Tanggal Pemberian Uang

Ketika semua informasi pemberi uang, nominal uang, serta tujuan pemberian uang telah kamu tulis dengan benar, tulislah tempat dan tanggal pemberian uang.

Tempat dan tanggal pemberian uang terletak di bawah kanan tujuan pemberian uang.

Contoh penulisan tempat dan tanggal pemberian uang yang benar yaitu:

Jakarta, 15 Februari 2021

Sertakan Tanda Tangan dan Nama Lengkap Penerima Uang

Dan pada langkah terakhir, sertakan tanda tangan dan nama lengkap penerima uang. Untuk membuat kuitansi lebih sah dan resmi, kamu juga bisa menambahkan materai, stempe, dan cap.Itulah cara menulis kuitansi yang baik dan benar dari tikawidya.com. Jadi, jangan sampai salah dan keliru lagi dalam penulisan kuitansi!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image