cara menulis aksara Jawa
Tips Menulis

Cara Menulis Aksara Jawa Yang Benar dan Mudah

Indonesia memang memiliki berbagai kebudayaan yang patut untuk dilestarikan. Salah satunya adalah tulisan aksara jawa dan artinya. Nah, jika kamu tertarik untuk mempelajarinya, maka berikut kami berikan cara menulis aksara jawa yang benar dan mudah!

Belajar aksara jawa memang salah satu tantangan yang cukup sulit dilakukan oleh generasi muda saat ini. Tetapi, jika kamu sudah bisa menulisnya, maka kamu akan dapat memahami aksara jawa dengan mudah. Selain itu, untuk berlatih, kamu juga dapat menggunakan translate aksara jawa atau membaca contoh tulisan aksara jawa dengan rutin.

Untuk lebih lanjut lagi, berikut kami berikan informasi paling lengkap seputar cara menulis aksara jawa.

Persiapan Menulis Aksara Jawa

Berikut adalah langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengawali menulis aksara jawa.

Pelajari Aksara Carakan

Pertama, sebelum menulis, pastinya kamu harus memahami huruf-huruf yang ada di dalam aksara jawa. Oleh karena itu, kamu harus menguasai aksara carakan terlebih dahulu.

Aksara carakan adalah aksara dasar dari aksara jawa. Dengan kata lain, aksara ini belum memiliki pasangan. Ada 20 aksara carakan yang harus kamu kuasai.

Pasangan Aksara Jawa

Selanjutnya, jika kamu sudah menguasai aksara carakan, maka kamu dapat lanjut ke mempelajar pasangan aksara jawa.

Pasangan ini digunakan untuk mematikan vokal terakhir dari aksara jika berada di tengah-tengah kalimat.

Sama dengan aksara carakan, pasangan aksara jawa juga ada 20 aksara.

Pelajari Aksara Swara

Langkah terakhir dalam belajar dasar adalah dengan menguasai aksara swara. Berbeda dengan dua aksara di atas, aksara swara hanya terdiri atas 5 aksara saja.

Fungsi dari aksara swara adalah untuk mengubah mempertegas bunyi dan memberikan vokal a, i, u, e, dan o pada aksara yang sebelumnya hanya satu vokal.

Cara Menulis Aksara Jawa

Kamu dapat memulainya dengan menggunakan buku tulis garis 3. Benar, buku yang biasanya kamu gunakan untuk belajar menulis tegak bersambung ini ternyata dapat kamu gunakan untuk belajar juga, lho.

Hal ini karena kamu akan membutuhkan 3 garis di dalam buku tersebut untuk meletakkan lekuk juga pasangan dari aksara. Sehingga, tulisan aksara jawa yang kamu buat akan menjadi rapi.

Selanjutnya, untuk menulisnya, kamu dapat menggunakan pensil HB atau 2B. Sehingga, saat ada kesalahan saat menulis, kamu dapat menghapusnya dengan penghapus. Sebaiknya, jangan menekan pensil terlalu keras pada kertas.

Terakhir, rajin-rajinlah berlatih menulis aksara. Kamu dapat menulis benda-benda yang ada di sekitarmu. Kemudian, kamu dapat lanjut mempelajari jenis aksara yang lainnya. Seperti aksara rekan, aksara murda, tanda baca, dan aksara wilangan. Demikianlah cara menulis aksara jawa yang benar dan mudah untuk kamu praktikkan. Selamat mencoba!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image