Tips Copywriting di Instagram
Tips Menulis

Beberapa Tips Copywriting di Instagram yang Ampuh

Saat ini banyak platform sosmed yang digunakan sebagai sarana berjualan. Salah satu platform yang sering pebisnis gunakan adalah instagram. Berikut ini membahas mengenai beberapa tips copywriting di instagram jualanmu. 

Apa itu copywriting instagram? 

Copywriting instagram adalah sebuah teknik penulisan yang digunakan pada platform instagram dengan tujuan untuk memasarkan produk barang atau jasa. Selain itu juga untuk mendorong orang melakukan suatu tindakan. 

Tindakan dalam hal ini termasuk pembelian, berlangganan, mengklik tautan, dan lain sebagainya. Bentuk copywriting iklan instagram ini bisa berupa story, feed atau reel.

Mengapa berjualan di instagram?

Instagram merupakan salah satu platform yang memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia. Menurut survey NapolenCat pengguna instagram terbanyak negara Indonesia per Februari 2022 adalah usia 18-24 tahun. Oleh karena itu, sebaiknya target sasaran penjualanmu adalah rentang usia tersebut.

Lebih daripada itu, berjualan melalui instagram juga sangat representatif. Kamu bisa menampilkan gambar atau video produk dengan detail. Berbeda halnya jika kamu berjualan lewat platform tertulis saja.

Tips Copywriting di Instagram

Berikut ini merupakan beberapa tips copywriting di instagram yaitu antara lain: 

  • Beri caption yang tepat dan relevan

Langkah awal copywriting yang baik yaitu menggunakan kalimat yang efektif dan bisa membujuk pembaca untuk melakukan sebuah aksi. Hal yang terpenting, tetapkan demografi target penjualanmu. 

Buatlah kalimat yang menarik bagi mereka sehingga pembaca mengetahui bahwa postingan itu kamu tujukan untuk mereka.

  • Beri informasi tambahan yang berguna

Walaupun kamu memiliki target penjualan produk barang atau jasamu, sesekali postinglah informasi bermanfaat yang masih relevan dengan bisnismu. 

Mungkin banyak orang akan mengikuti instagrammu karena mereka sedang membutuhkan informasi tersebut. Tentu saja, mereka juga termasuk pelanggan potensial buatmu.

  • Ajak follower ikut bertindak

Selanjutnya, pastikan pembaca mengikuti apa yang kamu arahkan. Barangkali berupa like, follow atau memberi komentar pada postinganmu. Ajak mereka ikut terlibat aktif.

Jika perlu, dorong mereka untuk membagikan postinganmu ke temannya agar lebih banyak orang tahu dan turut berpartisipasi. Yang perlu dicatat, buat instagrammu ramai terlebih dulu. 

  • Gunakan hastag secukupnya

Lakukan riset sebelum menuliskan hastag. Jangan menggunakan hastag secara berlebihan. Gunakan 5-10 hastag yang relevan saja. Sebaiknya kamu tidak menggunakan hastag yang memiliki postingan publik lebih dari 1 juga. 

Oleh sebab, kesempatan postinganmu dilihat banyak orang adalah sangat kecil. Sebaliknya, gunakan hastag yang mempunyai postingan kurang dari 200.000. 

Kesimpulan

C:\Users\LENOVO\Downloads\WhatsApp Image 2022-03-03 at 19.42.38.jpeg

Demikianlah pembahasan tentang beberapa tips copywriting di instagram yang ampuh. Tentu saja agar bisa optimal, selalu lakukan update secara rutin mengenai informasi produkmu. 

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image