kalimat efektif pengantar penulisan tujuan karya ilmiah
Tips Menulis

Beberapa Contoh Kalimat Efektif untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Ilmiah

Kalimat efektif adalah kalimat yang lugas, jelas dan dapat mengungkapkan gagasan penulis secara tepat. Penting bagi kita untuk memahami penggunaan kalimat efektif di berbagai penulisan. Salah satunya adalah penerapan kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya ilmiah.

Apakah tujuan penulisan karya tulis ilmiah?

Hal yang utama, tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah yaitu memberikan ilmu pengetahuan baru kepada masyarakat. Lebih daripada itu, fungsi lainnya adalah sebagai sarana bagi penulis untuk melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian. 

Selanjutnya penulis juga bisa belajar mengungkapkan ide dan berpikir kritis melalui karya ilmiah. Karya ilmiah ini bisa berupa artikel, makalah, skripsi, work paper dan lain sebagainya. Penulisnya bisa individu atau bahkan berkelompok.

Pentingnya kalimat efektif pada bagian pengantar karya ilmiah

Bagian pengantar dalam karya ilmiah berisi tentang pengenalan mengenai topik yang penulis bahas. Mengapa penggunaan kalimat efektif dalam kata pengantar karya ilmiah sangat penting? 

Oleh karena tulisan harus bisa dimengerti oleh masyarakat awam, maka dalam penulisannya harus menggunakan kalimat efektif. Jika tidak, maka pembaca akan bigung dan bisa salah mengartikan. 

Apabila dalam transfer ilmu pengetahuan terdapat salah persepsi, maka pengetahuan yang tersebar ke masyarakat luas juga akan salah. Bahaya, bukan?

Contoh kalimat efektif pada kata pengantar karya ilmiah

Kata pengantar dalam karya ilmiah terdiri dari 3 bagian, yaitu pembuka, isi dan penutup. Berikut ini adalah contoh kalimat efektif yang bisa kamu tuliskan dalam pengantar karya ilmiah antara lain:

  1. Pada bagian pembuka : “Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas anugerah-Nya karya ilmiah ini dapat terselesaikan”.
  2. Bagian isi : “Dalam karya ilmiah ini penulis akan menjelaskan tentang potensi pencemaran dari sampah makanan dan upaya pengolahannya”.
  3. Penutup : “Penulis mengharapkan adanya masukan ide dari teman-teman peneliti guna meningkatkan kualitas penulisan ke depannya”.

Kesimpulan

Demikian beberapa contoh kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya ilmiah dari tikawidya.com. Kamu bisa menggunakan kalimat efektif lainnya. Tentu saja susunlah kalimat tersebut dengan lugas, jelas, dan padat. Jangan lupa untuk memberikan unsur subjek dan predikat di dalamnya.

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image