apa beda penulis naskah drama dengan novel?
Tips Menulis

Apa Beda Penulis Naskah Drama dengan Novel?

Profesi kepenulisan banyak sekali macamnya. Mulai dari blogger, jurnalis, penulis novel, penulis naskah drama, copywriter, dan lain sebagainya. Jika kamu suka menulis fiksi, maka menjadi penulis novel atau naskah drama adalah pilihan tepat. Lalu, apa beda penulis naskah drama dengan novel? 

Persamaan naskah drama dengan novel 

Persamaan novel dengan drama antara lain yaitu :

  • Sama-sama memiliki bagian dialog

Dalam naskah drama, sebagian besar penulis sajikan dalam bentuk percakapan. Sama halnya dengan novel yang juga memiliki bagian dialog. Walaupun, porsi percakapan pada naskah drama lebih banyak daripada novel.

  • Memiliki unsur intrinsik yang sama

Baik naskah drama atau novel, keduanya memiliki unsur intrinsik yang sama yaitu karakter, alur, tema dan sudut pandang. Lebih daripada itu, kedua karya sastra tersebut juga mengandung amanat.

  • Memiliki sudut pandang yang sama

Sama halnya dengan novel, sudut pandang teks drama adalah orang pertama atau ketiga serta pengamat serba tahu. 

Perbedaan naskah drama dengan novel

Sebaliknya, perbedaan novel dan teks drama antara lain adalah:

  • Tujuannya

Novel memiliki tujuan untuk dibaca. Sedangkan pada naskah drama, tujuan penulisannya adalah untuk dilakukan atau diperankan. 

  • Target sasarannya

Novel penulis tujukan untuk pembaca yang membutuhkan hiburan. Sedangkan naskah drama penulis tujukan untuk sutradara atau produser dan aktor serta aktris yang terlibat.

  • Penggambaran karakter

Dalam novel juga menggambarkan deskripsi bagaimana karakter per tokoh, peristiwa yang terjadi dan pemikiran penulis secara detail. Sebaliknya, pada naskah drama hanya menunjukkan karakter melalui percakapan antar tokohnya.

  • Deskripsi alur, latar dan peristiwa

Jika dibandingkan dengan novel, penulis naskah drama memiliki keterbatasan dalam mendeskripsikan peristiwa dan alurnya. Semuanya masih tetap merujuk pada interaksi kalimat antar tokoh saja. Tetapi, naskah drama memberikan visual latar yang lebih akurat sebagai elemen menceritakan kisahnya.

  • Fungsi narator

Narator sangat berperan aktif dalam naskah drama sebab ia menggambarkan perpindahan peristiwa atau setting. Sedangkan pada novel, mungkin penulis juga menghadirkan narator namun  dengan porsi yang cukup sedikit. 

Kesimpulan

Banyak sekali persamaan dan perbedaan novel dengan drama. Jadi kamu sudah tidak bingung lagi bukan tentang pertanyaan apa beda penulis naskah drama dengan novel. Oleh karena semuanya sudah terjawab melalui penjabaran di atas. 

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image