5 manfaat menulis yang tidak kamu tahu
Tips Menulis

5 Manfaat Menulis Yang Tidak Kamu Ketahui

Pernahkah kamu mencoba menulis setiap hari entah dalam jurnal, blog, atau caption media sosial? Jika pernah maka kamu pasti tahu bahwa menulis itu susah-susah gampang. Terlebih lagi, saat kamu melakukannya tanpa mengerti apa manfaat menulis. 

Jadi apa yang harus kamu lakukan? Banyak orang telah menemukan manfaat dari aktivitas menulis setiap hari. Oleh karena itu, mereka tidak segan meluangkan sedikit waktu untuk melakukannya setiap hari. 

Mungkin kamu belum tahu, tetapi sekarang selalu menjadi waktu yang tepat untuk belajar. 

Sebelum kamu mulai membuka jurnal, buku harian, maupun blog, kamu harus sudah memastikan bahwa kamu punya tujuan dan mendapat benefit dari kegiatan menulismu. 

Artikel ini akan menjelaskan 5 manfaat menulis yang belum kamu ketahui agar kamu bisa memilih sendiri media yang nantinya akan kamu gunakan. Ini akan membuatmu meraih benefit maksimal dari menulis. 

Manfaat Menulis #1: Memperdalam Pengetahuanmu 

Tahukah kamu bahwa 93% penulis dapat mengingat lebih baik daripada orang yang tidak pernah menulis sama sekali? 

Membaca maupun menonton memang efektif untuk mengetahui informasi baru. Namun, menuliskannya akan membuat kamu lebih mudah mengingatnya. 

Menulis mencegah lupa dan seringnya menuntut kamu meriset pengetahuan baru lebih dalam lagi. Jadi, kamu dapat secara efektif memperdalam knowledge hanya dengan aktivitas menulis. 

Manfaat menulis #2: Memperluas Pola Pikir 

Menulis tentu tidak dapat lepas dari membaca, mengobservasi, mengenal lalu memahami. Inilah mengapa menulis dapat memperluas pola pikirmu. 

Ketika kamu terpaksa memahami suatu materi karena keharusan menulis. Maka kamu akan sejenak menempatkan diri dalam posisi bebas nilai. 

Oleh karena itu, pola pikirmu jadi lebih luas dan jauh dari kata sempit. Kamu bisa jadi orang yang lebih terbuka dan open minded dalam menghadapi segala masalah hidup. 

Manfaat menulis #3: Mengasah Kreativitas 

Menulis adalah terapan dari kemampuan kreatifmu. Melakukan kegiatan menulis dalam jangka waktu lama akan menambah kreativitas dalam meramu kata-kata. 

Dalam 30 hari saja, kamu akan melihat bahwa skill kreatifmu bertambah. Kamu akan lebih cepat menyelesaikan tugas dan tulisan bahkan menjadi semakin lihai dalam berkomunikasi menggunakan bahasamu sendiri. 

Manfaat menulis #4: Menjaga Kesehatan Mental 

Apakah kamu sedang mengalami fase quarter-life crisis? Ada banyak risiko gangguan mental ketika kita sampai pada usia tertentu. 

Menulis membuat pikiranmu terstruktur dan fokus. Inilah sebabnya mengapa menulis dalam jurnal menjadi salah satu cara populer untuk terapi psikologis. 

Jadi, jangan mau kalah dengan anxiety atau depresi! Bukalah jurnalmu sekarang juga dan curahkan isi hatimu lewat bahasa tulis. 

Pastikan bahwa tidak ada yang bisa mengakses tulisanmu agar kamu dapat berkata-kata secara bebas tanpa perlu mengkhawatirkan pendapat orang lain. 

Manfaat Menulis #5: Dapat Tambahan Uang 

Mengembangkan skill menulis dapat mendatangkan uang dengan berbagai cara. Kamu bisa mulai dengan membuat novelmu sendiri maupun bekerja sama dengan orang lain yang membutuhkan jasa penulisan. 

Freelance writer ternyata bisa mendatangkan tambahan uang yang tidak sedikit. Banyak yang akhirnya meninggalkan pekerjaan tetap karena penulis lepas memang punya gaji yang menawan hati. 

Tak masalah juga jika kamu lebih tertarik menulis fiksi. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat karya berjenis novel, short story, atau bahkan puisi. 

Karya jenis ini bisa kamu jadikan buku cetak atau buku digital dan kemudian kamu jual sehingga mendapatkan keuntungan. 

Manfaat menulis antara lain bikin kamu tambah pintar, tambah sehat, tambah kaya! Yuk, bebaskan hidup dan pikiranmu dengan menulis!

  • It yet did not get.

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image