cara membuat artikel SEO
Tips Menulis

Cara Membuat Artikel SEO dengan 3 Langkah Mudah

Ketika membuat artikel, tentunya kamu ingin artikelmu berada di urutan teratas pencarian dan dilihat oleh banyak orang, bukan? Kalau begitu, kamu perlu menerapkan beberapa cara membuat artikel SEO.

Apa itu artikel SEO? Artikel SEO adalah pembuatan artikel dengan mengikuti algoritma google agar dapat muncul di peringkat pertama pada situs pencarian dengan kata kunci tertentu.

Lalu, bagaimana sih cara membuat artikel SEO itu? Yuk, simak beberapa langkah berikut ini agar kamu semakin paham dengan artikel SEO!

Membuat Artikel yang SEO-friendly

Selain membuat keyword, kamu juga harus membuat artikel SEO-friendly. Apa sih artikel SEO-friendly itu? Artikel SEO-friendly adalah artikel yang disenangi mesin telusur, sehingga dapat menempati peringkat atas. Kamu dapat menerapkan 5 cara membuat artikel SEO (Internal Link menuju keyword 13) agar mesin telusur menyukai artikel buatanmu.

Melakukan Riset Keyword

Ketika kamu membuat tulisan, kamu harus tau keyword apa saja yang relevan dengan topik artikelmu. Bagaimana sih cara riset keyword?

Sebelum membuat daftar keyword, kamu harus mengetahui betul apa topik dari kontenmu. 

Misal, konten yang kamu buat berisi tentang perawatan wajah. Kamu bisa membuat daftar keyword seperti:

  • Perawatan wajah alami
  • Skin care untuk wanita
  • Perawatan wajah untuk pria

Dalam membuat daftar keyword, kamu bisa menggunakan keyword tools seperti Google keyword planner, Google Search Console, Ahrefs, LSI Keyword, dan lain-lain. 

Menyertakan Keyword

Setelah melakukan riset keyword, langkah selanjutnya adalah menyertakan keyword tersebut. Penyertaan keyword bertujuan agar mesin telusur dapat mengetahui apa bahasan pada artikelmu. Dalam menyertakan keyword, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut.

  • Menyertakan keyword pada paragraf pertama
  • Menghindari penggunaan keyword yang sama pada artikelmu yang lain, untuk mencegah artikelmu bersaing satu sama lain
  • Menggunakan sinonim untuk mencegah pengulangan kata
  • Menyertakan LSI keyword. Yaitu memasukkan istilah yang bermakna sama dengan keyword. Misal, kamu menggunakan keyword “skincare for men” kamu juga bisa menambahkan istilah “perawatan wajah untuk pria”. 

Cara membuat artikel SEO tersebut dapat kamu lakukan agar jumlah orang yang membaca semakin banyak. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung terapkan ke dalam penulisan artikelmu!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image