domba dorper
Review

Cara Perawatan dan Harga Domba Dorper 2022

Dorper adalah varian domba ternak yang berguna karena dagingnya. Perawatannya yang mudah membuat domba Dorper menjadi hewan ternak populer di berbagai negara. 

Domba Dorper berasal dari Afrika Selatan. Namun, kini kamu dapat menemukannya di mana saja termasuk di Indonesia. 

Beberapa keuntungan memelihara domba Dorper adalah: 

  • Jenis domba ini sangat kuat menghadapi segala jenis cuaca.
  • Domba Dorper tidak membutuhkan pencukuran bulu. 
  • Lebih daripada itu, domba Dorper jarang sakit.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara beternak domba Dorper di Indonesia. 

Fakta Penting Ternak Domba Dorper

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai domba Dorper yang harus kamu catat!

Nama spesiesDomba Dorper
FamilyBovidae
PerawatanMinim
IklimBisa di segala jenis iklim
TemperamenRamah
Warna Putih dengan kepala hitam
UmurKurang lebih 7 tahun
UkuranBesar
Makanan Rumput dan semak-semak

Berapa Harga Domba Dorper?

Domba Dorper
Domba Dorper

Domba Dorper memiliki harga beli yang cukup tinggi. Pasalnya, domba yang satu ini memang berasal dari luar negeri. 

Lebih daripada itu, domba jenis ini juga menduduki peringkat sebagai domba pedaging di Indonesia. 

Karena pertumbuhannya yang cepat, permintaan domba Dorper di pasar hewan menjadi tinggi. Dengan demikian, harga domba Dorper pun menjadi relatif mahal daripada jenis domba yang lain. 

Tabel Harga Domba Dorper

Jenis Domba DorperHarga Domba Dorper
Domba Dorper FullbloodKurang lebih Rp 32.000.000
Domba Dorper F1/Cross DorperKurang lebih Rp 10.000.000

Perlu kamu ketahui, domba dorper fullblood memang memiliki harga yang jauh lebih tinggi. Pasalnya, domba fullblood tidak mengalami percampuran dengan domba lokal. Oleh karena itu, hasil ternak akan menjadi lebih berkualitas. 

Sebaliknya, Cross Dorper lebih ekonomis. Namun, Cross Dorper adalah domba hasil persilangan antara Dorper dan domba Garut Indonesia. Kendati bukan jenis asli, Cross Dorper juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain: 

  • Daya tahan tubuh yang tinggi.
  • Kuat dan dapat menjadi domba aduan.
  • Punya karakteristik yang tangkas.

Memilih Domba Dorper yang Tepat 

Sebelum kamu membeli domba Dorper, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal berikut: 

  • Rencana anggaran yang telah kamu persiapkan.
  • Tujuan beternak.
  • Lokasi peternakan.
  • Sumber makanan hewan ternak.

Jika kamu memiliki budget yang terbatas, ada baiknya memilih Cross Dorper karena harganya lebih murah. Namun, jika kamu hendak mengembangkan kawanan dan menjual hasilnya, belilah domba Dorper Fullblood. 

Harga domba Dorper bisa bervariasi tergantung ketersediaannya. Oleh karena itu, pastikan kamu membeli saat harganya turun dan menjualnya lagi ketika harganya naik.

Cara Merawat Domba Dorper

Domba Dorper

Perawatan domba Dorper sangatlah mudah. Terlebih lagi, mereka hanya membutuhkan interaksi dan kerja yang minimal. Namun, jangan khawatir! Kamu tetap akan mendapatkan jumlah daging yang baik per karkas.

Penggembalaan Non-Selektif

Dorper dianggap sebagai ternak non-selektif. Artinya, mereka tidak diberi pilihan apa yang akan dimakan, atau bagian tanaman mana, dan diharapkan memakan rumput dan tanaman di sekitarnya. Mereka bahkan dapat digabungkan dengan Merino dalam satu kawanan. 

Merino dianggap pemakan yang baik yang akan memakan apa saja, dan Dorper bahkan tidak terlalu pilih-pilih. Mereka dapat digembalakan di padang rumput yang seharusnya tidak digunakan, yang berarti bahwa mereka dapat mengubah aset yang buruk menjadi ladang yang menguntungkan.

Iklim Dan Kondisi

Mereka adalah hewan yang tangguh. Meskipun Dorper telah dibesarkan dalam kondisi semi-kering, mereka akan beradaptasi dengan kehidupan di iklim kering dan keras. 

Mereka juga telah menyebar ke daerah basah dan subur di Selandia Baru, di mana mereka juga tumbuh subur. Meskipun mereka kuat dan dapat bertahan dalam kondisi yang sulit, mereka juga melakukannya dengan baik di padang rumput hijau.

Kondisi Kandang

Cobalah untuk memastikan beberapa naungan untuk domba selama bulan-bulan musim panas, dan perlindungan dari hujan selama musim dingin. Perlindungan ini dapat berupa pohon dan kanopi alami atau kandang yang lebih stabil. 

Makanan Domba Dorper

Dorper adalah penggembala non-selektif. Pada dasarnya, mereka akan memakan rumput, jerami, tanaman, dan semak apa pun yang ada di ladang mereka. 

Ini bisa bermanfaat dan bahkan menawarkan cara untuk mengubah ladang yang tidak digunakan menjadi padang rumput yang menguntungkan. Ini juga berarti bahwa kamu dapat menggabungkan Dorper dengan breed lain yang lebih selektif, membiarkan Dorper memakan apa yang tersisa.

Selain itu, ingatlah bahwa domba Dorper membutuhkan hingga 5 galon air tawar per hari. Kamu dapat menyediakannya dalam ember, bak, tangki stok, atau penyiram otomatis.

Menjaga Kesehatan Dorper

Salah satu alasan mengapa Dorper adalah jenis yang populer adalah karena mereka hewan yang kuat dan sehat. Namun, mereka membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang sama seperti jenis domba lainnya, untuk memastikan mereka bebas dari penyakit.

Dorper lebih toleran terhadap parasit daripada ras lain, dan juga tidak rentan terhadap serangan lalat. Itu memang membutuhkan kontrol cacing secara teratur, tetapi breed ini adalah pilihan yang baik jika Anda memelihara daging organik.

Pembiakan

Dorper termasuk salah satu yang paling subur dari semua jenis domba. Dorper dapat beranak dengan interval hanya 8 bulan. 

Domba Dorper betina adalah ibu yang baik yang melindungi domba-dombanya dan kelahiran ganda cukup umum di breed ini. Produksi susu yang berlebihan dari domba betina membantu memastikan pertumbuhan awal domba anakan. 

Lebih daripada itu, seekor domba jantan muda dapat melayani sekitar 25 ekor domba betina sementara seekor domba jantan dewasa dapat memelihara sebanyak 50 ekor anak dalam 55 hari.

Cara Membeli Domba Dorper

Domba Dorper Gibas Barokah
Domba Dorper Gibas Barokah

Kamu dapat membeli domba dorper di penyedia terpercaya. Jadi, pastikan kamu hanya melakukan pembelian di gibasbarokah.com. 

Layanan jual beli berpengalaman ini akan mengantarkan domba yang kamu beli segera setelah transaksi dilakukan. Lebih daripada itu mereka juga menyediakan pembelian melalui toko online sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengecek domba sendiri.Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Gibas Barokah dengan klik di sini!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image