Domba dorper fullblood
Review

Beternak Domba Dorper Fullblood Bersertifikat Bersama GB Farm

Jika kamu berpikir untuk memelihara domba, mungkin kamu harus menjawab pertanyaan penting ini. Domba jenis apa yang akan kamu pelihara? Nah, jangan sampai salah pilih! Mulailah ternak dari domba Dorper Fullblood saja! 

Mengapa domba Dorper? Yuk, simak artikel ini untuk mencari tahu jawabannya! 

Apa itu Domba Dorper?

Domba Dorper adalah ras Afrika Selatan yang merupakan hasil kombinasi dari Blackhead Persia dan Dorset Horn.

Tidak seperti banyak breed domba lainnya, Dorper termasuk salah satu upaya Departemen Pertanian Afrika Selatan untuk menciptakan breed domba pedaging yang lebih mudah beradaptasi terhadap iklim kering.

Dorper pertama kali dibuat pada 1930-an. Jenis domba ini dengan cepat menjadi populer. Sehingga, pada tahun 1950 pemerintah Afrika Selatan pun mendirikan Dorper Sheep Breeders Society

Meski jadi salah satu ras domba paling populer di Afrika Selatan, kamu sekarang bisa membesarkan domba Dorper di mana saja termasuk di Indonesia. Domba yang tumbuh cepat ini, perawatannya sangat mudah dan memiliki bulu campuran yang tipis serta wol yang rontok di awal musim panas.

Mengapa Kamu Harus Beternak Domba Dorper?

Domba Dorper mendatangkan banyak sekali keuntungan untuk peternak. Terlebih lagi, jika peternak ingin menjual daging domba.

1. Produksi Daging Domba

Kegunaan utama domba Dorper adalah untuk pemanfaatan dagingnya. Karena mereka memiliki musim kawin yang panjang, peternak pemula pun seringkali dapat memiliki beberapa putaran beranak setiap tahun. Ini membuat breed Dorper menjadi salah satu yang paling ekonomis dalam hal produksi daging.

Tidak hanya itu, domba-domba ini menambah berat badan dengan kecepatan yang mengesankan. Mereka bisa menambah hingga seperempat pon berat per hari.

Mereka bukan domba terbesar yang bisa kamu pelihara, tetapi rasanya enak. Kamu akan mendapatkan hasil terbaik saat membesarkan Dorper terutama di rumput. Hal ini tidak hanya membuat daging lebih beraroma dan empuk, tetapi juga bagus untuk tujuan pengelolaan.

Kamu tidak perlu memberi makan biji-bijian kepada Dorper. Tidak hanya akan menyebabkan mereka menjadi terlalu gemuk, biji-bijian juga tidak ekonomis.

Domba Dorper tumbuh dengan cepat, mencapai bobot sapih yang tinggi dengan mudah. Biasanya, beratnya sekitar 36 kg pada saat mereka mencapai usia 4 bulan.

2. Musim Berbiak Panjang

Ada beberapa breed domba, seperti Islandia, yang pola berkembang biaknya terbatas secara musiman. Ini berarti mereka hanya dapat berkembang biak selama bulan-bulan tertentu dalam setahun. Untungnya, tidak demikian halnya dengan domba Dorper.

Domba dorper, sebaliknya, dapat beranak hingga 3 kali setiap 2 tahun, dengan setiap interval beranak berlangsung sekitar 8 bulan. Oleh karena itu Dorper terkenal karena kesuburan dan naluri keibuannya yang baik.

3. Pematangan Awal

Domba Dorper mencapai kedewasaan dengan cepat, biasanya domba ini siap memasuki pasar pada usia sekitar 4 bulan (walaupun banyak produsen akan menunggu lebih lama agar mereka dapat mengakses daging berkualitas kambing itu).

Mereka tidak hanya menambah berat badan lebih cepat, tetapi domba Dorper juga lebih efisien. Dorpers lebih suka dibesarkan di padang rumput daripada biji-bijian dan juga dapat merumput pada usia yang sangat dini.

Mereka adalah investasi paling berharga bagi para peternak. Pasalnya, domba Dorper menyapih diri lebih awal, jadi pengeluaran peternak pun akan berkurang. Selain itu, domba jantan mencapai kematangan seksual dengan cepat dan biasanya siap berkembang biak sekitar 5 bulan.

4. Tahan Banting

Domba Dorper dapat beradaptasi dengan semua jenis kondisi dan iklim penggembalaan. Meskipun awalnya dikembangkan untuk daerah yang panas dan kering, domba-domba ini sekarang dipelihara di seluruh dunia. Mereka dapat menemukan makanan dan berkembang dalam semua jenis iklim dan kondisi makan.

Mereka tidak hanya memiliki kombinasi bulu dan wol yang mudah dirawat di bulan-bulan musim panas, tetapi juga kulit yang sangat tebal. Kulit ini membantu melindungi domba Dorper dari kondisi iklim yang ekstrem (baik hangat maupun dingin). Faktanya, kulit Dorper adalah salah satu kulit domba yang paling banyak dicari di dunia.

Kamu dapat memelihara domba Dorper di padang rumput, tetapi mereka juga dapat makan jelajah, tidak seperti kambing. Ini berarti mereka dapat dibesarkan di lahan yang kurang ideal di mana breed domba lain mungkin muncul.

5. Kebutuhan Minimal

Karena domba Dorper memiliki kombinasi bulu dan wol, maka tidak sulit untuk merawat jenis ini. Kamu dapat mencukurnya jika kamu mau, tetapi jika kamu memilih untuk tidak melakukannya, rambut dan wol dapat rontok sendiri.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua domba Dorper bisa melakukan ini kecuali jika ia adalah keturunan asli. Jadi, kamu mungkin harus melakukan penelitian untuk memastikan bahwa itu domba yang kamu beli ini adalah Dorper Fullblood. Beberapa generasi dan populasi merontokkan lebih baik daripada yang lain, tetapi hampir semua domba Dorper akan merontokkan bulu di sekitar kepala, kaki, perut, dan area berkebutuhan tinggi lainnya.

Di Mana Membeli Domba Dorper Fullblood? 

Mendapatkan domba Dorper fullblood jantan yang asli tentu tidak mudah. Terlebih lagi, ada beberapa breeder yang biasanya tidak menyediakan sertifikat. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya bertransaksi di Gibasbarokah.com untuk membeli domba Dorper Fullblood dengan sertifikat asli dari Australia! 

Domba Dorper Fullblood ini punya banyak keunggulan daripada Dorper biasa. Apa saja itu? 

  • Daging berkualitas karena sudah tersertifikasi asli secara genetis. 
  • Pertumbuhan sangat cepat. 
  • Investasi yang baik karena akan memberi pengaruh kualitas tinggi pada keturunan domba Dorper selanjutnya. 
  • Cepat berkembang biak. 
  • Mudah perawatannya. 

Mengapa Harus Beli di Gibas Barokah? 

Seperti yang sudah sempat saya singgung tadi, GB Farm atau Gibas Barokah Farm adalah peternakan berpengalaman yang sudah melakukan distribusi domba Dorper Fullblood Jantan dengan sertifikat asli ke seluruh Indonesia. 

GB Farm hanya menjual: 

  • Domba yang sehat tanpa cacat.
  • Menjual domba berkualitas. 
  • Domba Fullblood Jantan/Betina bersertifikat asli Australia. 
  • Memberikan pelayanan terbaik dan jasa pengiriman profesional. 
  • GB Farm juga menawarkan diskon serta bonus bagi pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar. 
  • Dapat melakukan proses pemesanan via online, cocok untuk kamu yang punya banyak kesibukan. 
  • Trusted seller – sudah melayani ratusan peternak di seluruh pelosok Indonesia

Beli Dorper-mu Sekarang Juga!

GB Farm menyediakan banyak pilihan ternak bagi bara peternak yang ingin menjaga kualitas ternaknya. Tidak hanya domba dorper saja, GB farm juga menjual hasil olahan kambing dan domba terbaik!Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi! Gibas Barokah hanya menyediakan yang terbaik! Langsung saja beli domba Dorper Fullblood!

Leave feedback about this

  • Rating
Choose Image